Meningkatkan Kedisiplinan Dalam Menghadapi Pandemik Virus Corona di Rumah

Blog

Urbanwomen. Menyebarnya wabah virus corona atau covid-19 ini membuat kita semua menjadi lebih harus waspada, bahkan pemerintah menghimbau agar senantiasa di rumah guna memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Sebagai wanita, terutama para orang tua, hal ini tentu saja menjadi masalah yang cukup kritis mengingat banyaknya rutinitas yang harus dilakukan serta harus menjaga kesehatan diri dan keluarganya. Yah, para orang tua memiliki peranan yang sangat penting terhadap anak-anak. Selain harus mengatur jadwal sekolah dan mengawasinya selama di rumah, mereka juga harus tetap bekerja. Tentunya ada banyak sekali permasalahan yang dihadapi. Namun, Urbanese tak perlu khawatir dan risau karena di setiap cobaan pasti akan ada hikmahnya. Nah, berikut ini tanggungjawab tambahan wanita dalam menghadapi virus corona untuk keluarga dan orang sekelilingnya.

 

Baca Juga: Menjaga Hubungan dengan Sahabat Saat Selft Quarantine di Rumah

 1.Menjaga kebersihan disekitar rumah

Alt: Solusi permasalahan wanita

Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk senantiasa menjaga kebersihan disekitar rumah. Mungkin jika sebelumnya hanya mengikuti jadwal dalam membersihkan rumah, kali ini Urbanese harus membuat peraturan yang baru, atau menambahkan aktivitas lain seperti mencuci tangan, membersihkan perlengkapan gadget, elektronik seperti laptop dan handphone, serta mengenakan masker. Yah, selain menjaga kebersihan rumah, menambahkan aktivitas tersebut juga bisa menjadi solusi agar keluarga terhindar dari virus ini.

 2.Menyediakan waktu singkat untuk anak

Alt: Solusi permasalahan wanita

Urbanese mungkin punya waktu sekitar 8-9 jam untuk bekerja di kantor. Akan tetapi, ketika di rumah percayalah bahwa anda akan mempunyai waktu kerja lebih sebanyak seperti di kantor. Bagaimana tidak, anda harus tetap melayani anak-anak yang meminta perhatian. Menurut Dr. Jessica Myszak seorang psikolog anak di Illinois, Amerika Serikat, menyatakan bahwa sulit bagi anak untuk berada di dekat orang tuanya tetapi tidak mendapatkan perhatian yang penuh. Oleh karenanya, ia menyarankan untuk menyediakan waktu singkat guna memberikan perhatian penuh dari pada tidak sama sekali. Karena perhatian yang cukup akan membuat mereka lebih kooperatif.

 3.Rutin menyajikan menu sehat setiap hari

Alt: Solusi permasalahan wanita

Solusi permasalahan wanita lainnya yang harus dilakukan adalah membuat menu sehat setiap saat. Yah, bagi para ibu rumah tangga hal ini bisa diterapkan tatkala menghadapi wabah virus. Banyak para ahli kesehatan yang mengatakan bahwa menjaga imunitas dan mengonsumsi vitamin C sangatlah penting untuk tubuh. Sebagai solusinya, mungkin para Urbanese bisa membuat aneka resep lezat yang bergizi seperti ramuan minuman jahe, kunyit, memasak sayur hijau dari brokoli, atau bayam. Bisa juga membuat jus jeruk atau lemon untuk disajikan saat makan siang. Cobalah untuk rutin melakukan aktivitas tersebut agar keluarga tetap terjaga kesehatannya.

 4.Membuat ruang kantor sendiri

Alt: Solusi permasalahan wanita

Yah, membuat kantor sendiri saat WFH sangatlah penting karena anda akan bekerja dari rumah dengan anak-anak. Idealnya, ruang kantor harus menjadi ruangan yang terpisah dan anak-anak tidak akan terus menerus keluar masuk saat anda sedang bekerja. Cara ini bisa Urbanese lakukan, namun yang tak kalah penting adalah, buatlah ruang kerja senyaman mungkin agar suasana kerja pun jadi lebih produktif.

 5.Manfaatkan waktu tidur siang anak

Alt: Solusi permasalahan wanita

Selain bangun lebih pagi, anda juga bisa memanfaatkan waktu ketika si kecil tidur. Biasanya anak kecil akan tidur siang satu hingga dua jam lamanya. Selain bisa dimanfaatkan untuk bekerja, tidur siang juga terbukti baik untuk kesehatan dan perkembangan anak. Manfaatkan waktu saat dia tidur untuk menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas. Yah, solusi ini juga bisa Urbanese terapkan setiap hari, dengan begitu kesehatan dan produktivitas tetap terjaga.

 

Baca Juga: Terapkan Kebiasaan Sehat Selama Social Ditancing

 

Berbagai solusi permasalahan wanita di atas mungkin sudah umum terjadi, hanya saja saat ini Urbanese harus lebih disiplin. Pasalnya, selain untuk mendukung pencegahan penyebaran virus. Kita juga harus benar-benar menjaga kondisi tubuh agar senantiasa fit. Semoga informasi ini bermanfaat untuk diri kita dan orang lain.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu