Menabung setelah menikah

Mudahnya Menabung Setelah Menikah, Bagaimana caranya?

Blog

Urbanwomen – Biasanya setelah menikah hanya sedikit orang yang bisa memiliki tabungan bersama. Jika baru menikah sebaiknya jangan sampai terpaku dengan kemewahan yang ada di pernikahan kamu, karena masih banyak pekerjaan dan kebutuhan rumah nan sulit menanti di depan. Salah melangkah bisa susah akibatnya. Mengelola keuangan saat sebelum dan sesudah menikah tentu saja berbeda, akan banyak perubahan pola pikir keuangan yang dilakukan. Kebiasaan yang kamu dan pasangan lakukan sejak awal membina rumah tangga akan menentukan kehidupan pernikahan kamu di masa depan. Salah satu penyebab perceraian terjadi adalah karena masalah keuangan, karenanya keberhasilan pernikahan kamu juga ditentukan oleh kebiasaan keuangan yang baik. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu dan pasangan lakukan setelah menikah agar lebih gampang menabung dan menyimpan uang.

Saling memberi semangat untuk menabung bersama pasangan

Cobalah untuk selalu memberi dorongan dan semangat bersama pasangan. Hal-hal kecil seperti kegiatan mencuci bersama, daripada harus membawa cucian ke laundry akan lebih baik dicuci sendiri atau dengan mesin cuci. Atau belanja dan masak bareng daripada jajan di luar yang lebih boros, karena lebih hemat, uangnya justru bisa ditabung. Kegiatan yang dilakukan bersama terkesan sederhana tapi itu justru membuat kamu semakin dekat. Untuk hal ini kuncinya adalah saling mendukung dan punya tujuan sama, yakni menabung untuk tujuan yang lebih baik.

Berpikir menabung bukan untuk diri sendiri, tapi bersama

Ketika sudah menikah, itu artinya kamu sudah tidak hidup sendiri, tapi sudah menjadi tim dengan pasanganmu. Saat kamu berpikir menabung bukan hanya untuk diri sendiri, tapi untuk keluarga juga, hal ini akan lebih mudah untuk kamu bisa menyimpan uang berlebih. Namun, jika pikiran menabung hanya untuk diri sendiri, maka jumlahnya juga pasti akan lebih sedikit. Berpikir menabung untuk banyak orang maka tabungan kamu pun biasanya akan lebih banyak. Hasilnya akan sangat menyenangkan waktu tahu kamu dapat berkontribusi melakukan kegiatan bersama pasangan dengan menggunakan uang tabungan bersama.

Selalu berpikir tentang masa depan anak

Dengan membayangkan memiliki anak dan memikirkan masa depannya biasanya akan membuat kamu lebih semangat untuk menabung. Meskipun gaji kamu hanya sedikit, tapi kamu bekerja mempunya tujuan, sehingga kamu akan selalu terdorong untuk giat bekerja, yang tujuannya bisa menabung demi keluarga dan untuk hidup yang lebih baik di masa depan.

Mulailah dari nol

Setelah menikah, sebaiknya buatlah tabungan bersama dan dimulai dari nol. Meskipun sebelumnya kamu sudah mempunyai tabungan sendiri, jangan sampai tabungan kamu jadi milik bersama. Hal ini agar kamu dan pasangan bisa mengatur stabilitas keuangan dalam rumah tangga. Meskipun keuangan sedang sulit, usahakan untuk selalu menabung dan tetap berpikir realistis bagaimana kamu berdua bisa bertahan.

Setelah menikah pastinya akan banyak sekali perbedaan pendapat yang terjadi, tapi jika saling menguatkan terutama ketika keadaan keuangan sedang sulit, hal ini akan jadi penguat mahligai pernikahanmu. Setidaknya kamu dan pasangan akan berpikir bagaimana cara mengatasi kesulitan yang terjadi.

Baca Juga: Tips Menjaga Keuangan Agar Tetap Aman saat Pandemik Covid-19

Pernikahan bukan hanya sekedar tentang uang, tapi juga tentang menguji fisik, mental dan emosional seseorang dengan pasangannya. Jika kamu bisa melewatinya, yakinlah dengan keuangan dan kehidupan pernikahan yang lebih baik bisa kamu gapai. Karena menabung dalam keluarga bukan semata-mata untuk materi, tapi untuk masa depan yang baik.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu