Menabung untuk masa depan

Selamatkan Pengeluaranmu Agar Bisa Menabung untuk Masa depan

Blog

Urbanwomen – Untuk menghemat pengeluaran harian, mingguan, bahkan bulanan, apa saja sih yang bisa dilakukan? Sebagai wanita segala kebutuhan pastinya jauh lebih besar ketimbang pria, tak heran bila mereka dituntut harus bisa menabung demi masa depannya. Lalu, bagaimana cara menyelamatkan pengeluaran agar bisa menabung? Sebenarnya ada berbagai cara dan tips yang bisa kamu terapkan. Tapi, rasa malas untuk mengaplikasikannya lebih besar. Nah untuk itu, lakukan lima hal kecil ini yang berdampak besar bagi penghematan pengeluaran kamu. Sehingga kamu bisa menabung untuk masa depan. Apa Sajakah itu? Yuk simak ulasan selengkapnya.

1.Kurangi membeli makanan siap saji

Seperti yang kita tahu memang harga makanan insyan dan makanan ringan ini lebih murah daripada makanan segar. Oleh karena itu, tak heran bila kita membeli makanan instan sebagai makanan cadangan di rumah dalam jumlah yang beragam dan banyak. Yah, membeli makanan instan bisa menjadi solusi ketika keuangan menipis. Tapi, apakah kamu sadar bahwa dana yang kamu keluarkan bisa kamu pakai untuk membeli dan mengelola makanan yang lebih sehat. Selain mendukung kesehatan tubuhmu, hal ini juga tidak membuat uangmu keluar dengan sia-sia. Paling tidak dengan membeli makanan sehat, kamu sudah menabung untuk kesehatanmu, benarkan?

2.Membawa bekal makan siang

Sebenarnya kamu tahu ko, mana makanan yang sehat dan kurang sehat. Hanya saja kamu malas mempersiapkan dengan alasan terlalu sibuk. Daripada kamu melakukan hal yang kurang berguna di pagi hari, tak ada salahnya untuk mempersiapkan bekal makan siang. Selain lebih hemat, tentu lebih sehat. Bagi kamu yang suka mengonsumsi buah segar, tak ada salahnya kalau membeli buah sesuai dengan musim karena harganya lebih murah dan pastinya kamu bisa mendapatkan nutrisi sehat setiap hari. Hal kecil ini tak hanya menghemat pengeluaran dan menjadikanmu mudah untuk menabung, tapi juga melatih dirimu untuk tetap hidup sehat.

3.Kurangi beli baju dan makeup

Dua hal ini mungkin tidak bisa kamu tahan saat baru menerima gaji ataupun bonus, kamu pun berpikir, bukan hanya keterampilan wajib ditingkatkan tetapi penampilan juga. Punya pemikiran seperti itu memang wajar, yang menjadi kurang bijak adalah kamu membeli dua hal ini terlalu sering. Tak ada salahnya kamu mengurangi ritme berbelanja dan menyisihkan pendapatan kalau kamu ingin membeli baju dan makeup yang tidak mahal. Setidaknya agar kamu bisa menghemat pengeluaran dan menyisihkannya untuk menabung. Pastinya kamu ingin mencapai masa depan yang lebih baik bukan.

4.Hemat energi

Suhu yang semakin panas membuat kamu semakin sering menyalakan AC. Tak ada salahnya kalau di pagi hari, membuka jendela ruangan agar sirkulasi udara lancar, dan lepaskan kabel elektronik yang tak terpakai. Agar lebih menghemat pemakaian air, usahakan jangan terlalu lama mandi sebagai alasan untuk refleksi. Untuk bepergian jarak dekat kami boleh coba untuk memakai sepeda dan angkutan. Rutinitas menghemat pengeluaran dan energi ini tentu akan menyenangkan jika dilakukan dengan tepat, kamu pun bisa menabung penghasilanmu untuk masa depan.

5.Hindari berlangganan yang kurang perlu

Kamu memang membutuhkan informasi yang bisa kamu akses setiap hari, begitu juga hiburan. Walaupun kerja di industri kreatif sekalipun, sepertinya kurang efisien kalau kamu terlalu banyak berlangganan koran atau majalah. Saat ini banyak kok media digital yang menyediakan informasi dan inspirasi yang bagus. Begitu juga media hiburan yang bisa dinikmati kamu streaming. Tak ada salahnya kan kamu memanfaatkan yang gratis. Lebih hemat dan kamu tetap bisa menikmati hidup ini.

Baca Juga: 8 Hal yang Dirasakan Milenial Ketika Berusaha Menabung untuk Masa Depan. Apakah Kamu Termasuk?

Nah, itulah beberapa hal kecil yang bisa kamu lakukan sehari-hari untuk menghemat pengeluaran, sehingga kamu bisa menabung dengan maksimal. Bukannya melarang menikmati hidup, tapi ini demi keselamatan pengeluaran setiap bulan. Karena berhemat bukan hanya untuk finansial saja, tapi juga untuk menyehatkan diri agar lebih terkontrol dalam mengatur keuangan dan mengelola keuangan secara bijak. Sehingga dengan begitu kita bisa menabung untuk masa dan hidup pun bisa menjadi lebih berkualitas.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu