Solusi Permasalahan Wanita dalam Berinvestasi di Era Masa Kini

Blog

Urbanwomen – Menghabiskan uang untuk bersenang – senang merupakan salah satu ciri khas yang melekat pada generasi milenial. Mereka umumnya lebih memperhatikan lifestyle dengan tingkat konsumsi yang tinggi, ketimbang memikirkan kebutuhan untuk masa depannya. Yah, meski tidak semua wanita, namun hal ini sudah menjadi hal lumrah di era modern seperti sekarang. Mereka berusaha memenuhi tuntutan fashion yang belakangan ini semakin berkembang dengan cepat. Gaya hidup seperti itu, memang tidak ada yang salah. Namun, sayangnya, bisa berdampak pada arus keuangan. Pertanyaannya, bagaimana solusi permasalahan wanita agar sukses menabung atau berinvestasi di zaman sekarang?

Bagaimana investasi untuk wanita masa kini

Bagi sebagian orang beranggapan bahwa menabung di bank, sebenarnya kurang menguntungkan lantaran tingkat bunganya yang kecil, namun pajaknya yang besar dan biaya admin yang juga tinggi. Tentu saja itu semua tidak seimbang dengan tingkat inflasi yang akan ada. Bahkan dalam jangka waktu yang lama, menabung di bank bukannya membuat kita makin beruntung, tapi justru semakin buntung. Hal itu dikarenakan tingkat inflasi yang lebih besar, dari bunga bersih yang didapatkan.

Oleh sebab itu, tidak heran bila dalam beberapa tahun terakhir, muncul anggapan bahwa lebih baik berinvestasi. Karena dinilai lebih menguntungkan daripada menabung. Benarkah demikian? Bagi para wanita milenial dua-duanya memang penting namun akan jauh lebih baik lagi jika dalam hidup kita memiliki investasi yang berharga, yang tak hanya dapat digunakan sebagai dana darurat tapi juga bisa menjadi dana untuk kebutuhan masa depan, misalnya biaya menikah bagi yang masih single, biaya pendidikan anak bagi yang sudah berkeluarga, atau membuka usaha ketika menjalani masa pensiun. Jika dibayangkan memang sangat mudah bagi wanita ketika akan berinvestasi, akan tetapi banyak hal yang harus diperhatikan. Dan hal ini sudah kami rangkum menjadi solusi permasalahan wanita ketika akan berinvestasi. Apa saja kah itu? Yuk simak ulasan selengkapnya.

1. Berinvestasi mulai dari jumlah yang kecil merupakan solusi paling tepat

Jika anda baru pertama kali berinvestasi, sebaiknya cobalah untuk investasi dari modal yang kecil. Apalagi saat ini, sudah banyak investasi yang dimulai dari nilai yang kecil. Misalnya saja berinvestasi saham di sebuah situs online. Di era modern seperti sekarang sudah banyak situs saham terpercaya yang bisa kita pilih. Atau jika anda ragu, anda bisa mulai investasi dengan perhiasan dengan nilai paling sedikit misalnya. membeli perhiasan liontin, cincin atau anting. Berinvestasi dengan nilai kecil bisa menjadi solusi yang baik, ketimbang harus berinvestasi dengan jumlah yang besar. pasalnya anda juga harus mengatur keuangan untuk kebutuhan lain, sehingga diharapkan tidak mengganggu keuangan anda.

2. Banyak belajar, dan konsisten menambah investasi

Jika anda masih ragu untuk berinvestasi, tapi sudah ada niatan untuk berinvestasi sebaiknya anda harus meyakinkan diri sendiri. Sebagai solusi anda juga bisa mengikut berbagai workshop investasi saham. Karena workshop berperan penting dalam meningkatkan kemampuan investasi kita. Terlebih lagi jika anda sebagai ibu rumah tangga. Tujuannya agar tidak salah langkah dalam menentukan investasi. Solusi lainnya adalah banyak belajar terkait investasi. Karena investor harus tahu dan berusaha memahami informasi, seperti ritme pergerakan saham, laporan keuangan emiten, kegiatan bisnis yang dilakukan emiten dan aksi korporasi lainnya.

3. Memisahkan tabungan dan investasi

Solusi lainnya dalam berinvestasi adalah memisahkan tabungan dan investasi. Perlu diketahui jika tabungan dan investasi merupakan dua hal yang berbeda. Uang yang ditabung tidak akan menghasilkan apapun selain nominal yang disetorkan ke Bank ditambah dengan sedikit bunga. Sedangkan investasi bisa memberikan keuntungan yang cukup tinggi dan biasanya berjenis investasi jangka panjang

4. Selesaikan hutang dengan bunga tinggi

Jika anda memang memiliki pinjaman atau hutang kartu kredit dengan bunga tinggi yakni di atas 10%, maka sebaiknya jangan investasikan uang yang sudah anda dapatkan dengan bekerja keras. Bunga apapun yang anda dapatkan lewat investasi yang biasanya kurang dari 10% tidak akan membuat banyak perbedaan sebab anda akan menghabiskan uang yang lebih banyak untuk melunasi hutang anda.

5. Tentukan tujuan investasi

Tak sedikit orang yang berinvestasi namun tidak menghasilkan apa-apa. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh tujuan investasi itu sendiri yang kurang jelas dan matang dalam perencanaannya. Oleh karena itu, solusi permasalahan tersebut bisa anda atasi dengan menentukan terlebih dahulu tujuan investasi, apakah untuk masa depan anak, sebagai dana darurat, atau untuk hari tua nanti. Sehingga apapun yang anda investasikan akan berbuah di kemudian hari sesuai dengan tujuannya.

Baca Juga: Tabungan sebagai Investasi?

Sudah siap untuk berinvestasi di era masa kini? Berbagai solusi permasalahan wanita dalam berinvestasi di atas bisa anda lalui dengan baik apalagi anda yakin dan konsisten dalam mengambil sikap. Jika sudah demikian, investasi pun akan berjalan mudah, dan anda bisa menikmati hidup bahagia dengan hasil investasi di kemudian hari. Semoga informasi ini bisa menambah semangat anda.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu