Solusi permasalahan wanita menabung dengan gaji kecil

Solusi Permasalahan Wanita dalam Menabung dengan Gaji Kecil

Blog

Urbanwomen – Apakah kamu punya rencana untuk menabung, tapi gaji yang kamu dapatkan kecil? Sebenarnya gaji bukanlah alasan untuk tidak rajin dalam menabung, tapi bagaimana kita bisa mengelola keuangan dengan baik dan benar? Yah, bagi seorang perempuan mungkin hal tersebut bukanlah persoalan mudah, mengingat perempuan mempunyai segudang kebutuhan yang wajib dipenuhi setiap bulannya. Namun, sesulit apapun kamu yang bergaji kecil dan ingin menabung semua pasti ada jalan keluarnya. Nah, berikut ini solusi permasalahan wanita dalam urusan menabung meski dengan gaji kecil. Karena besar kecilnya gaji bukan problem utama lho.

1. Selalu mengutamakan kebutuhan daripada keinginan

Kenapa kalian bisa gagal dalam menabung? Salah satu alasannya karena kita selalu mengikuti keinginan daripada kebutuhan ketika berbelanja. Urbanese harus tahu bahwa belanja yang efisien adalah belanja sesuai dengan kebutuhan, apa yang kalian butuhkan harus dijadikan prioritas utama sehingga pengeluaran bisa terkontrol dengan baik. Sehingga uang sisa dari belanja kebutuhan bisa kalian tabung sedikit demi sedikit. Meskipun dengan gaji kecil, solusi ini bisa sangat berhasil karena uang yang kalian punya digunakan dengan baik.

2. Tidak terjebak dengan kalimat promo

Bila kalian menjadi salah satu dari tipe orang yang suka tergiur dengan diskon dan sejenisnya, gaji sebesar apapun akan sulit sekali menyisihkan uang untuk menabung. Membeli sesuatu dengan embel-embel diskon sama saja seperti membuang buang uang, karena barang yang kita beli belum tentu benar-benar kita butuhkan. Jadi, sebaiknya jika kalian memiliki gaji yang kecil, jangan terlalu fokus dengan diskon, voucher, ataupun jenis promo lainnya. Bisa jadi bukan untung yang kalian dapatkan, tapi malah rugi karena barang tersebut tidak pernah digunakan sama sekali.

3. Bijak menggunakan uang dan selalu mencatat pengeluaran

Siapa pun, setiap orang pasti bisa sangat boros dalam menggunakan uang ketika dia tidak tahu berapa banyak yang sudah dikeluarkan, makanya mencatat setiap pengeluaran adalah cara terbaik untuk tetap berhemat. Jika kalian mempunyai gaji kecil dan tetap ingin menabung, catat setiap pemasukan dan juga pengeluaran untuk membatasi diri dalam menggunakan uang. Dengan langkah ini setidaknya kalian bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan uang, apalagi kalian tahu fakta bahwa gaji yang kalian dapatkan saat ini masih kecil.

4. Hindari menyimpan uang di dompet digital yang memudahkan kita dalam berbelanja

Sudah menjadi fakta bahwa dompet digital dapat memudahkan kita dalam berbelanja, namun sadar atau tidak hal tersebut dapat membuat rencana menabung kalian berantakan seketika. Karena kemudahan dalam berbelanja akan membuat kalian tidak terkontrol sehingga mudah terjebak dalam lingkaran godaan berbelanja, apalagi bila sudah disugukan dengan berbagai penawaran promo. Bagi kalian yang mempunyai gaji kecil sebenarnya sangat mudah untuk menabung solusinya adalah tidak menyimpan uang di dompet digital manapun.

5. Gunakan dua rekening terpisah antara keperluan dan tabungan

Perlu diketahui bahwa salah satu kesalahan dalam menabung adalah mencampurkan uang untuk keperluan dan juga tabungan di rekening yang sama, sehingga kita tidak akan tahu pengeluaran yang kita gunakan sudah melebihi batas atau tidak. Jika hal tersebut terjadi, rencana kalian untuk menabung akan gagal, sehingga sangat dianjurkan untuk menggunakan dua rekening yang berbeda antara keperluan dan juga tabungan. Dengan begitu, meskipun kalian memiliki gaji kecil akan tetap mudah dalam mengatur keuangan.

Baca Juga: Menabung Asik Tidak Membuatmu Tertekan

Itu dia beberapa solusi permasalahan wanita dalam menabung, meski dengan gaji yang kecil. Semua pasti bisa dilakukan asalkan ada kemauan, dan yang lebih penting ladi adalah “konsisten” jika kalian bisa menanamkan hal ini, sudah pasti sekecil apapun gaji yang kalian dapatkan tetap bisa menabung. Apakah Sudah siap menabung? Tunggu apalagi.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu