Terapkan Kebiasaan Sehat Selama Social Distancing

Blog

Apa Itu Social Distancing? Baru-baru ini istilah social distancing kin populer di berbagai Negara, termasuk Indonesia sendiri kini pemerintah menghimbau seluruh warga agar melakukan social distancing. Tapi, tahukah kamu maksud dari social distancing tersebut? Yah, social distancing merupakan strategi kesehatan public yang direkomendasikan untuk mencegah, melacak dan menghambat penyebaran virus. Langkah-langkah social distancing sendiri adalah dengan menjaga jarak dari mereka yang sedang sakit, termasuk tidak menghadiri pertemuan dengan jumlah orang banyak seperti festival, konser, konferensi dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar virus tersebut tidak tertular ke orang lain yang masih sehat.

 

Mengingat kondisi di Indonesia yang saat ini sedang dilanda virus corona atau covid-19. Seluruh masyarakat pun wajib melakukan kegiatan social distancing. Bahkan setiap orang sepertinya memiliki cara-cara tersendiri dalam mempraktikkan social distancing. Nah, untuk mu yang sedang dalam masa social distancing, berikut ini beberapa kebiasaan sehat yang bisa kamu lakukan. Yuk, praktikkan sekarang juga.

 

1.Menjaga kebersihan pribadi dengan rajin mencuci tangan

Yaps, mencuci tangan secara regular memang sangat krusial saat ini. Namun, jangan sampai melupakan aspek kebersihan yang lain, jadi pastikan tetap mandi, menyikat gigi dan flossing untuk kebersihan diri.

 

2.Berpakaian bersih layaknya kamu akan ke kantor

Mungkin kedengarannya sedikit aneh, namun paling tidak dengan pemikiran demikian kamu akan selalu waspada terhadap kebersihan. Yah, memakai pakaian bersih ala ke kantor bisa menjadi salah satu cara yang ampuh dalam menjaga diri agar selalu bersih setiap saat. Hal ini juga dapat membantu mood kamu agar tetap positif.

 

3.Mengonsumsi makanan sehat

Tak hanya saat social distancing saja, bila perlu setiap hari pun kamu harus mengonsumsi makanan sehat. Jangan tinggalkan sayuran dan buah-buahan di setiap menu makananmu. Bila memungkinkan, masaklah sendiri menu makan di rumah untuk memastikan proses pembuatannya bersih dan aman disantap. Selain itu, kurangi konsumsi makanan dan minuman manis serta bersoda.

 

4.Jaga komunikasi dengan orang tercinta

Sebagian orang mungkin tinggal jauh dari keluarga atau pasangan. Sehingga social distancing membuatmu merasa kesepian. Oleh karenanya tetaplah jalin komunikasi virtual melalui telepon dan pesan-pesan singkat. Manfaatkan aplikasi chatting dan media sosial untuk mendukung aktivitas positif.

 

5.Manjakan diri dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan

Kamu bisa memanjakan diri selama social distancing agar tidak mudah stress. Hal ini bisa dilakukan dengan menonton acara televisi, mewarnai kuku yang selama ini ingin kamu lakukan tapi ragu karena harus pergi keluar, mendengarkan musik favorit, atau bisa dengan meditasi sendiri. Berbagai aktivitas tersebut tentu akan memberikan ketenangan dalam hati sehingga kamu bisa selalu berpikir positif.

 

6.Tetap berolahraga seperti biasa

Meski terbatas untuk keluar rumah, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan aktivitas sehat. Yah, dalam masa social distancing kamu masih bisa mencari keringat agar tubuh tetap segar bugar. Kamu bisa memanfaatkan ruang kecil di rumah untuk melakukan sit up, push up, dan gerakan olahraga lain yang tak harus keluar rumah. Kamu juga bisa mengandalkan Youtube sebagai sarana untuk mencari video-video tentang olahraga di rumah.

 

7.Berih-bersih

Godaan untuk bermalas malasan saat social distancing memang luar biasa. Akan tetapi, kamu harus tetap menjaga kebersihan rumah terutama ruang-ruang di dalam rumah yang harus selalu terjaga kebersihannya. Selain itu, kamu juga melakukan kegiatan bersih-bersih lainnya seperti mencuci baju, piring dan perabot rumah lainnya. Jangan biarkan rumah berantakan. Karena ruangan yang berantakan bisa membuatmu stres dan tidak nyaman.

 

Berbagai kegiatan ini tidak hanya dilakukan selama social distancing, bila perlu harus kamu lakukan setiap hari agar terhindar dari pandemi virus corona serta membantu penyebarannya. Pepatah bilang “kesehatan adalah aset paling berharga dalam hidup” so, kapan lagi memulai hidup sehat setiap hari untuk diri kita dan orang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu