Tetap Fokus dan Produktif! Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan saat Work From Home

Blog

Tips Kerja di rumah. Baru-baru ini Indonesia mulai gencar menerapkan program Kerja dari Rumah. Istilah (WFH) atau work from home ini mungkin bukan lah hal baru. Cara ini sudah ada sejak lama dan banyak di implementasi oleh banyak perusahaan. Hal ini pula diberlakukan bagi masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di kota-kota besar untuk mengantisipasi penularan yang lebih luas terhadap wabah pandemi virus corona atau covid-19. Yah, himbauan dari pemerintah agar perusahaan di Indonesia membuat kebijakan WFH untuk para pekerjanya pun menjadi populer hingga muncul tagar #dirumahaja.

 

Tantangan Kerja dari Rumah

Bagi kamu yang terkena imbas kebijakan WFH dari kantor selama beberapa minggu, mungkin boleh saja sesaat kamu merasa senang dan merdeka karena tidak ada bos yang mengawasi. Tapi, jangan terlena dulu! WFH memang memberikan kebebasan, seperti mengatur waktu, pakaian dan tempat kerja. Bahkan kamu bisa bekerja senyaman mungkin misalnya, berpakaian ala kadarnya tanpa harus pakaian kantor yang menuntut tampil rapi, kamu juga bisa kerja sambil rebahan di Kasur tanpa ada orang tahu. Namun, tantangan WFH bisa dibilang cukup besar. Bayangkan saja, suasana rumah atau kosan kamu yang sangat santai tentu sangat berbeda dengan suasana kantor yang identik dengan aktifitas di setiap sudutnya. Belum lagi godaan diri malas di Kasur atau sofa atau godaan untuk terus online di sosial media. Tentu saja hal-hal ini justru akan membuatmu tidak produktif. Jadi, bagaimana cara agar tetap fokus saat kerja dari rumah? Nah, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan saat kerja di rumah

 

1.Tetap Disiplin dan Batasi Bermain Sosmed

Cobalah untuk belajar disiplin ketika kamu kerja di rumah. Meski tidak ada bos yang mengawasi, kamu harus bisa mengatur jam kerja sendiri. Selain itu, hindari bermain sosial media dan batasi waktu online kamu di sosmed. Jika perlu fokus saja untuk membuka file yang terkait dengan pekerjaan. Tantangan terbesar saat bekerja di rumah adalah kebebasan waktu. Dimana situasinya, sangat mungkin bermalas – malasan hingga kehilangan banyak waktumu yang berharga. Untuk itu, tentukan jam kerja seperti biasanya. Pastikan kamu lebih tegas dan disiplin pada dirimu sendiri sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

 

2. Membuat Jadwal Prioritas Tugas

Bukan hanya tugas kantor, berbagai pekerjaan rumah tentu masih menjadi tanggung jawabmu dan harus diselesaikan dengan baik. Tapi ingat, sebaiknya jangan mencampur adukan pekerjaan rumah ini dengan pekerjaan yang kamu tangani, sebab hal ini bisa membuat semuanya menjadi berantakan. Nah, agar semua pekerjaan tidak berantakan cobalah untuk membuat jadwal yang jelas untuk pekerjaan rumah dan pekerjaan sehari-hari di kantor, kemudian selesaikan dengan baik semuanya. Misalnya, kamu kerja seperti biasa di jam kantor 9 pagi hingga jam 5 sore. Maka, saat jam istirahat yakni jam 12 siang hingga pukul 1 siang, kamu bisa beristirahat, membeli makanan atau memasak dengan versi cepat untuk makan siang.

 

3. Terapkan Hidup Sehat dan Jaga Kebersihan

 

Utamakan kesehatan di musim wabah seperti sekarang ini. Kamu bisa memanfaatkan momen WFH dengan rajin berolahraga di rumah dan membuat menu sarapan dan makan siang yang sehat. Hindari bangun siang dan melewatkan sarapan karena bisa membuat semua jadwal kamu berantakan. Biasakan bangun pagi seperti biasa, dan memanfaatkan waktu ini untuk mencari keringat dengan olahraga ringan sehingga kamu bisa mendapatkan energi yang cukup untuk bekerja. Terapkan pola hidup sehat di dalam rutinitasmu selama masa WFH.

 

4. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

 

Memiliki ruang kerja khusus di rumah tentu akan sangat menyenangkan, kamu bisa lebih fokus dengan pekerjaanmu tanpa terganggu dengan berbagai hal lainnya. Kamu bisa menata ruangan dengan tepat, sesuai keinginanmu. Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan ruang kerjamu sehingga kamu bisa bekerja dengan nyaman. Jangan lupa tambahkan juga pewangi ruangan supaya nuansa positif senantiasa terjaga.

 

5.Hindari Menunda Pekerjaan

Hal penting lainnya yang wajib diperhatikan ketika kerja di rumah adalah hindari menunda-nunda pekerjaan. Meskipun kamu memiliki waktu yang panjang dan sangat leluasa untuk bekerja, bukan berarti kamu bisa menunda pekerjaanmu. Tetaplah bekerja dengan disiplin sepanjang waktu agar semua pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu. Agar lebih produktif, pastikan kamu sudah membuat prioritas apa saja yang perlu dikerjakan hari itu juga. Buatlah daftar semua hal yang perlu dikerjakan, kemudian kasih tanda mana yang prioritas penting dan mana yang opsional. Semuanya tergantung dari sistem kamu dalam membagi-bagi pekerjaan.

 

6.Ciptakan Mood Pagi yang Positif

Hal penting berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah bangun pagi dan memulai hari dengan rutinitas yang sehat. Meski bekerja dari rumah, tetap saja kamu harus mandi dan menggunakan pakaian bersih yang nyaman, lalu bersiap untuk memulai pekerjaan. Semakin pagi mulai bekerja, maka akan semakin cepat pekerjaanmu bisa selesai. Mulailah harimu dengan membaca quotes motivasi atau mendengarkan music favorit sembari menikmati teh atau kopi. Ciptakan mood positif di pagi hari, syukuri keadaanmu, kesehatanmu, pekerjaan yang kamu miliki dan sebisa mungkin untuk menghindari bermalas-malasan atau rebahan terlalu lama.

 

Demikian beberapa langkah agar tetap fokus dan produktif saat bekerja dari rumah. Yah, WFH bisa menjadi pilihan yang tepat disaat genting seperti situasi virus corona sekarang ini. Yuk, lakukan yang terbaik saat bekerja di rumah, dengan tidak melupakan kewajiban tugas dan senantiasa menjaga kesehatan agar semua berjalan lancar dan bisa kembali normal.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu