Tips Menjaga Keuangan Agar Tetap Aman saat Pandemik Covid-19

Blog

Urbanwomen. Penyebaran wabah covid-19 yang semakin meluas membuat pemerintah harus memberikan himbauan bekerja dari rumah. Namun, ada pula perusahaan yang terpaksa harus melakukan PHK hingga pemotongan gaji pegawai. Apakah anda termasuk yang mengalami kesulitan keuangan di tengah wabah pandemik ini? Jika iya, mungkin dari sekarang anda harus mulai memperbaiki dan membereskan keuangan pribadi. Apa saja yang bisa anda lakukan agar kondisi keuangan tetap aman? Beberapa tips menjaga keuangan ini mungkin bisa menjadi pilihan.

Baca Juga: Memperbaiki Pola Hidup Sehat Selama WFH

 1.Memprioritaskan tagihan

Alt: Tips menjaga keuangan

Coba lihat semua tagihan anda dan identifikasi mana yang penting dan mana yang mungkin tidak perlu dibayar segera. Meksi ada kebijakan pemerintah mengenai keringanan cicilan, tapi anda tetap harus memprioritaskan semua tagihan agar tidak ada tunggakan di bulan berikutnya. Langkah ini juga sekaligus meringankan pengeluaran anda dikala seperti sekarang ini. Paling tidak, anda masih bisa membagi uang dengan kebutuhan yang lebih penting.

 2.Mengurangi pengeluaran

Alt: Tips menjaga keuangan

Cobalah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Karena kita tidak tahu keadaan seperti ini akan berlangsung. Urbanese bisa mengurangi pengeluaran yang sifatnya tidak mendesak atau harus, seperti hiburan, belanja online, order makanan melalui aplikasi dan sebagainya. Sebaliknya, manfaatkan pengeluaran untuk jangka panjang, misalnya membeli bahan pokok dan kebutuhan lainnya yang bersifat lebih penting.

 Karena saat ini prioritasnya bukan lagi keinginan versus kebutuhan, tetapi bergeser menjadi kebutuhan mendesak. Oleh karena itu buatlah daftar kebutuhan yang bersifat mendesak. Jika ada satu-dua kebutuhan yang selama ini dipenuhi tapi begitu mendesak saat ini, lebih baik ditunda terlebih dahulu.

3.No panic buying

Alt: Tips menjaga keuangan

Melakukan belanja berlebihan justru akan memperburuk keadaan saat pandemik. Karena stok toko bisa habis, padahal pergerakan produksi juga sedang menurun. Efeknya tentu akan sangat terasa dan tidak bagus juga untuk Negara. Oleh karena itu, tetaplah tenang dan percayalah pasti akan ada jalan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari.

 4.Tunda keinginan tersier

Alt: Tips menjaga keuangan

Tips menjaga keuangan berikutnya adalah tunda keinginan tersier seperti membeli baju atau gadget baru, sebaiknya hal ini ditunda dulu. Setidaknya agar kondisi benar-benar kondusif. Keinginan tersier biasanya muncul karena kita ingin memberi reward pada diri sendiri. Sebaiknya berikan reward cuma-cuma kepada diri sendiri misalnya dengan melakukan maskeran atau luluran sendiri.

 5.Tetap menabung

Alt: Tips menjaga keuangan

Meski pemasukan berkurang, cobalah untuk selalu menyisihkan pendapatan untuk ditabung. Karena kita tidak pernah tahu kapan dan untuk apa kita akan membutuhkan banyak uang. Paling tidak, dengan adanya tabungan kita bisa gunakan untuk cadangan apabila tidak ada pemasukan lagi atau tidak bekerja. Tabungan juga bisa menjadi pegangan anda tatkala ada sahabat atau keluarga yang membutuhkan untuk kebutuhan yang penting. Jadi, tetaplah bijak menggunakan uang dan sisihkan sebagian untuk tabungan anda yah Urbanese.

 

Baca Juga: Saatnya Mengurangi Rasa Cemas Akibat Virus Corona

 

Jadi, pada intinya bijaklah menggunakan uang dalam kondisi krisis yah Urbanese. Selain itu, jangan lupa untuk tetap melakukan bagian kita dalam menghentikan penyebaran virus corona ini. Seperti biasa, pastikan anda rutin mencuci tangan, menjaga kesehatan badan dan mental dengan mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, jaga jarak dari orang yang sakit dan jangan keluar rumah terutama jika anda tidak enak badan. Seperti yang telah dihimbau oleh pemerintah kita juga harus rutin menggunakan masker kain saat keluar rumah meskipun tidak sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu