Bukan Tanpa Alasan Tinggal di Lingkungan yang Tenang Memang Idaman

Bukan Tanpa Alasan Tinggal di Lingkungan yang Tenang Memang Idaman

Blog

Urbanwomen – Sebagai manusia meskipun kita mempunyai kemampuan menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan dimana kita berada, namun tetap saja kita memiliki kriteria lingkungan idaman, benar kan? Terlebih lagi untuk lingkungan tempat tinggal. Setiap hari kita akan di sana sehingga suasana yang tenang dan menyenangkan akan membuat kita merasa lebih nyaman.

Tenang dalam hal ini bukan berarti sepi. Namun paling tidak minim dari kebisingan. Baik karena suara kendaraan, suara percakapan tetangga maupun suara lagu yang sedang disetel keras-keras. Meskipun saat ini kamu masih terasa jauh dan kamu masih harus tinggal di lingkungan padat penduduk atau kos-kosan yang selalu ramai, tentu wajar saja bila kamu berharap suatu saat nanti bisa tinggal di lingkungan yang lebih tenang. 

Tentu bukan tanpa alasan karena lingkungan yang tenang dan nyaman banyak memberikan manfaat dan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, berikut ini beberapa alasan tinggal di lingkungan yang tenang memang menjadi dambaan setiap orang. Terutama untuk kaum perempuan yang sering kali banyak melakukan kesibukan di rumah dan berinteraksi dengan tetangga.

1.Teruntuk kamu yang introvert, segala bentuk keramaian menguras energi

Jangankan seorang introvert, mereka yang ekstrovert pun tetap tak akan tahan bila selalu berada di tengah keramaian. Setelah lelah beraktivitas, mereka butuh ketenangan agar rasa lelah terobati. Apalagi jika kami introvert. Belum memulai kegiatan apa-apa, kamu bisa merasa kelelahan hanya karena pergerakan orang-orang di sekitarmu dan suara mereka.

2.Bikin kualitas istirahatmu maksimal

Mau introver atau ekstrover, tentunya tidak enak kan, jika ada gangguan – gangguan selama kamu tidur? Kamu jadi berkali-kali terbangun karena kaget. Jangankan saat tidur, menonton televisi saja  kamu jadi tidak bisa menikmatinya karena lingkungan yang terlalu berisik. Hal ini tentu akan membuatmu merasa tegang dan tidak bisa rileks. Padahal keesokannya kamu harus kembali beraktivitas. Bayangkan bila ini terjadi setiap hari. Rasa lelahmu akan semakin menumpuk.

3.Jadi lebih bersemangat memulai hari

Suasana hati bisa saja memburuk hanya lantaran pagimu tidak kondusif. Hal ini bisa saja dipicu karena tetanggamu yang mungkin membuat keributan dan membuatmu bangun sebelum waktunya. Terus seperti itu sampai berjam-jam kemudian saat tiba waktunya kamu berangkat kerja. Tak jarang kamu memilih meninggalkan rumah lebih pagi daripada harus terus mendengarkan kekisruhan itu. Sementara bila lingkungan tempat tinggalmu tenang, kamu bisa memulai hari dengan berbagai rutinitas pagi seperti berolahraga di dalam rimah serta sarapan dan menikmati secangkir teh hangat. Pastinya damai sekali bukan?

4.Mau belajar atau bekerja dari rumah pun suasananya mendukung untuk selalu fokus

Salah satu hambatan terbesar ketika kamu harus belajar atau bekerja dari ruma memang lingkungan yang tak mendukung. Keramaian tiada henti membuatmu sukar berkonsentrasi pada tugas yang harus segera diselesaikan. Ketika mengikuti kelas atau rapat virtual dan kamu harus berbicara, semua orang di sekitarmu juga ikut masuk. Pastinya sangat mengganggu.

5.Ide-ide mengalir lebih lancar

Meskipun kita butuh stimulus dari lingkungan untuk bisa menumbuhkan ide-ide. Seperti suara pertengkaran tetangga yang bisa menginspirasimu untuk menulis cerita. Namun terlalu banyak stimulus yang tidak perlu hanya akan membuat kita stres. Oleh karenanya lingkungan yang tenang lebih memungkinkan dalam memberi stimulus yang cukup. Pastinya kamu juga sangat membutuhkan ketenangan untuk bisa memproses ide itu sampai menjadi karya nyata.

6.Membuat emosi lebih stabil

Sudah pasti suasana yang berisik akan menaikkan tingkat stresmu. Apalagi jika memang kamu sedang ada masalah. Kamu akan semakin merasa sumpek. Mendengarkan suara orang di sekitarmu marah-marah, kamu terpancing ikut marah. Ada pasangan yang sedang bertengkar sampai salah satu menangis, bisa saja membuat perasaanmu menjadi tidak karuan dan tak bisa tidur.

Bahkan sekalipun kamu menyukai anak-anak, suara mereka bermain di sepanjang hari penuh bisa membuatmu mengelus dada. Namun ini tak akan terjadi bila lingkungan tempat tinggalmu lebih tenang dan beranjak cukup dengan tetangga sekitar.

Baca Juga: Bertahan di Lingkungan Kerja yang Meracuni

Itulah beberapa alasan tinggal dalam lingkungan yang tenang begitu berfaedah. Bila saat ini kamu sudah tinggal di lingkungan yang seperti itu tentunya sangat beruntung dan bersyukur. Selain diliputi pikiran positif setiap hari, kamu juga bisa berkembang dan lebih dewasa karena bisa berbaur dengan orang-orang bijak, ramah dan baik yang sangat peduli dengan ketenangan lingkungan. 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu