SLOW

Buku

Hi Urbanesse! Di resensi kali ini saya ingin mengajak kamu untuk berhenti sejenak dan menikmati hidupmu dengan sungguh – sungguh. Seperti menurut tagline buku ini, “Karena hidup itu berjalan, bukan berlari”.

Buku ini merupakan kumpulan esai dari 20 artis lokal Indonesia yang merupakan hasil wawancara dari situs buatan anak negeri Greatmind.id. Mengusung benang merah yang sama yaitu hidup sederhana dan menghargai alam seisinya, buku ini memperkaya pemikiran saya soal konsumerisme serta mengambil langkah “Slow” untuk menikmati hidup ditengah ketergesa – gesaan atau deadline yang mengejar. 

Sudah bukan rahasia jika kita hidup dengan segudang tuntutan, deadline pekerjaan, hingga target yang harus dipenuhi. Dominique Diyose, model yang beken di era ’90 an yang kini memutuskan untuk pindah hidup di Bali merasakan era glamorous dan hidup yang berlebih – lebihan telah Ia lalui. Menurutnya, sekarang waktu yang tepat bagi dirinya untuk hidup berdampingan dengan alam dan menikmati setiap detik kehidupan kita tanpa harus terlalu ngoyo mengejar materi. 

Lain halnya dengan pasangan Dee Lestari dan Reza Gunawan, yang mengangkat topik Seni Relasi Sehat melalui buku ini. Keduanya sepakat bahwa hubungan antar pasangan yang sehat adalah yang dilandasi rasa saling mengerti dan keinginan untuk saling mendengar. Tentu saja hal tersebut tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan butuh latihan dalam jangka waktu yang lama.  

Adjie Santosoputro, praktisi mindfulness yang juga menulis dalam buku ini menyarankan kita untuk melatih diri menikmati waktu disini kini. Artinya sangat simple, melakukan satu pekerjaan dalam satu waktu hingga selesai dengan sepenuh hati. Alih – alih melakukan segalanya berbarengan (multitasking) tapi kita tidak menikmatinya, lebih baik sadar dengan seluruh proses yang dilalui. 

 Masih banyak lagi selebriti seperti Eva Celia yang memutuskan untuk menjadi vegetarian karena ingin membantu bumi untuk “sembuh” tanpa dilawan oleh kebutuhan manusia yang semakin banyak, sehingga semua makhluk hidup nantinya dapat hidup berdampingan dan saling menyejahterakan.. Bang Andi Noya yang menuliskan kisah inspiratif soal makna berbagi, hingga tulisan editorial dari tim Greatmind sendiri yang wajib untuk dibaca karena menginspirasi. Akhir kata, baca sendiri buku ini untuk menambah pengetahuamu tentang bagaimana sebaiknya kita memaknai hidup, Urbanesse..

 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu