Cara Hidup Baru Membutuhkan Pola Pikir Baru

Setelah saya lihat dr perkembangan epidemi covid ini menurut saya epidemi ini tidak akan selesai dalam waktu dekat sehingga cara2 hidup yang kita rubah selama PSBB menurut saya juga tidak akan kembali ke pola lama sebelum epidemi hadir di Indonesia.

Kehidupan selama epidemi ini pastinya akan merubah pola hidup sebelum covid:

1 Mengurangi frekuensi kita keluar rumah karena sekarang setiap kali keluar rumah tetap ada resiko sekalipun kita memakai masker dan sanitizer.

2. Lebih memperhatikan makana2 bergizi untuk imunitas

Lebih memperhatikan keperbsihan terutama anti kuman

3. Lebih memperhatikan interaksi dengan orang lain

4. Lebih banyak menggunakan social media dan alat komunikasi lain disbanding pertemuan langsung.

Lalu dengan perubahan2 ini saya merasa saya juga perlu merubah mind set saya yaitu:

  1. Membiasakan diri belajar berserah. Kenapa? Karena hari hari itu tidak ada kepastian apakah epidemi ini akan berakhir atau tidak dan kapan. Dengar belajar berserah kepada Tuhan saya bisa alih tanggungjawab mental ke Tuhan. Biar Tuhan yang tahu dan atur keadaan ini. Bagian saya hanya percaya semua akan menjadi yang baik.
  2. Membiasakan diri untuk lebih bersandar kepada kegiatan individual dibanding kegiatan social, kalau saya selal berpikir kapan kumpul, melakukan apa2 tunggu2an saya akan down, makan sekarang saya banyak memposisikan pikiran saya bahwa melakukan apa2 bisa nyaman walau sendiri. Mungkin mendengarkan seminar sembari makan buah, olahraga sembari meditasi, dan lebih banyak berkomunikasi dgn Tuhan ketimbang mencari2 orang untuk ngobrol atau beraktivitas
  3. Membiasakan berpikir bahwa apartemen aku adalah tempat yang harus dibuat senyaman mungkin dan setiap ruangan adalah aktivitas yang berbeda supaya didalamnya 24 jam pun berasa enak. Caranya? Ya perhatikan ujung2 mana yang perlu didekorasi, mungkin perlu ada mahluk2 hidup didalamnya, mencek suhu.
  4. Membuat perencaaan2 jangka menengah dan Panjang dan dilakukan SEKARANG. Kalau kita banyak hal yang akan kita tuju maka banyak waktu kita habis memastikan hal2 tersebut tercapai dan tidak banyak waktu untuk berpikir keadaan yang ada saat ini.
  5. Menaikkan performa dalam rumah. Caranya? Mengnkondisikan pikiran bahwa rumah bukan hanya tempat isitirhata. Buat minuman kopi yang enak, makan jangan terlalu banyak supaya badan tidak mudah lemas atau capek, tetap berolahraga regular walau indoor, dan banyak mendengarkan seminar atau materi sosmed tetnang menaikkan semangat dari dalam. Lumayan loh efektif
  6. Mengurus rumah membantu PRT. Kalau kita sendiri sering mengurus rumah otomatis kita lebih peduli dan saying dengan tempat tinggal kita dan otomatis juga kita sadar banyak hal2 yang bsia dikerjakan untuk menjaga tetap asri, tetap awet, dan tetap nyaman.

Nah dengan pola2 pikir saya diatas saya sekarang merasa siap, senang, bahagia menghadapai New Normal. Tidak galau, tidak lemes atau mager, dan juga tidak bosan/nganggur. Saya setiap hari cenderung sibuk, saya juga merasa banyak deh hal2 yang bisa dikerjakan siang dan malam, dan pastinya keadaan2 yang kadang dianggap orang mencemaskan dll sekarang buat saya sudah tidak lagi. Biasa2 saja dan lebih baik saya focus sama yang mau saya kerjakan. Pikiran damai, badan sibuk beraktivtas, dan berapapun lamanya kondisi ini menurut saya sih ya santai santai saja.

Semoga sharing saya juga bisa berguna untuk yang membaca.

 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu