Cara Melatih Mindfulness dengan 5 Indera-mu

Cara Melatih Mindfulness dengan 5 Indera-mu

Blog

Urbanwomen – Mengatur dan mengelola emosi dengan baik adalah cara yang baik untuk melatih mindfulness. Mindfulness merupakan keadaan pikiran yang membawa perhatianmu ke saat ini. Salah satu kunci untuk mempelajari cara mempraktikkan kesadaran dalam kehidupan sehari-harimu adalah melalui Teknik landasan. Kita semua memiliki saat-saat di mana kita merasa kewalahan atau stress. Perasaan ini bisa datang dari berbagai sumber, terkadang penyebab utamanya hanya terjebak di kepala kita sendiri. Latihan mindfulness membawa perhatianmu kembali ke saat ini yang menenangkan dan memusatkan. Melatih mindfulness bisa dilakukan dengan 5 indera, berikut caranya.

  • Indera Penglihatan

Teknik pertama disebut melihat dengan penuh perhatian, yang dibutuhkan hanyalah matamu. Lihatlah ke sekeliling tempat kamu berada, kamu bahkan dapat membuka jendela jika kamu mau. Pilih objek dalam tampilanmu tanpa pelabelan atau penilaian. Berfokuslah pada hal-hal yang terlihat daripada apa adanya atau bagaimana perasaanmu tentang itu. Misalnya, kamu melihat sebuah pintu, tetapi untuk Latihan ini, kamu tidak hanya memikirkan “pintu”. Ada hal lain yang bisa kamu pikirkan seperti benda yang berwarna putih, berbentuk persegi Panjang, tinggi, memiliki kuningan yang berbentuk bulat. Pengamatan ini membuatmu melambat dan benar-benar memperhatikan lingkungan sekitarmu. Hal ini normal dan tidak masalah bagi pikiranmu untuk mengembara saat mencoba Latihan ini. Saat kamu memperhatikan pikiranmu, terimalah, kemudian kembali ke Latihan.

  • Indera Pendengaran

Mendengarkan dengan penuh perhatian dapat dilakukan sendiri, tetapi juga dapat membuatmu menjadi komunikator yang lebih baik bila dilatih dengan baik. Pilih lagu dan tutup matamu untuk menghindari menarik fokusmu. Jangan memikirkan penilaian apa pun yang kamu miliki tentang lagu berdasarkan siapa pemusiknya atau waktu dalam hidupmu saat pertama kali mendengarnya. Sebaliknya, dengarkan benar-benar dan pisahkan setiap halnya. Temukan vokal dalam lagu, bass, gitar, coba beri nama setiap suara yang dimainkan. Dengarkan itu memudar masuk dan keluar, bagaimana itu mengisi keheningan serta jeda yang menyambut kembali keheningan. Latihan ini juga bisa dilakukan tanpa musik dengan mendengarkan suara-suara alam di sekitarmu, lalu lintas, TV di kamar sebelah, udara di ventilasi, dan sekali lagi, jangan lupakan kesunyian.

  • Indera Sentuh

Latihan ini disebut penelusuran jari. Dengan menggunakan ujung jarimu, telusuri garis luar tanganmu dan jalankan jarimu di sepanjang setiap jari tangan yang kamu jiplak. Sensasi ini saja sudah sangat menenangkan, tetapi kamu juga dapat melakukan Latihan ini selangkah lebih maju dengan memasukkan pernapasan yang disengaja. Tarik napas saat jarimu bergerak ke atas dan keluarkan saat bergerak ke bawah. Kamu mengontrol kecepatan saat kamu melacak, tetapi semakin lambat kamu melaju, kemungkinan besar kamu akan merasa lebih tenang. Kamu dapat menggunakan Teknik ini kapan saja dan di mana saja. Setiap penonton akan menganggap ini sebagai kegelisahan biasa. Kamu mungkin tidak akan menarik perhatian melakukan hal ini sejak awal. Ini berbeda dan efektif jika kamu merasa kewalahan sepanjang hari.

  • Indra Penciuman

Penciuman secara sadar dapat dilakukan dengan sesuatu yang berwujud seperti penciuman atau imajinasi. Jenis terbaik untuk mencium adalah sesuatu yang dimasak atau dipanggang sehingga ada beberapa bahan yang berkontribusi pada bau secara keseluruhan. Kemudian pisahkan bahan-bahan tersebut, cobalah untuk mencium seperti bahan. Pejamkan mata untuk meningkatkan fokus pada aroma. Misalnya, kamu punya muffin. Rasa apa? Bisakah kamu mencium aroma blueberry, kayu manis, kacang? Meskipun kamu harus mengamati tanpa menghakimi, memilih sesuatu yang kamu sukai akan membuat pengalaman ini lebih menyenangkan.

  • Indra Perasa

Makan dengan hati-hati bisa menjadi salah satu Latihan yang paling menyenangkan dari Latihan ini, dan bisa dilakukan bahkan dengan permen karet. Pilih sesuatu yang kamu sukai. Tarik napas dalam-dalam sebelum setiap gigitan. Kemudian, saat kamu mengunyah, pikirkan semua bagian dara yang kamu sukai termasuk rasa dan tekstur. Jika kamu tipe orang yang Munyai permen karet, cobalah mencicipi setiap rasa buah seperti stroberi, jeruk, anggur, dll. Jika kamu tipe orang penyuka permen karet mint, pikirkan betapa dingin rasanya di mulutmu dan deteksi kemanisan atau ketajaman. Pikirkan tentang tekstur. Pikirkan tentang bagaimana permen karet menempel dan meregang dengan setiap kunyahan. Bagaimana rasanya meniup gelembung.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Pikiran Negatif! Saatnya Ubah Sikap Pesimis yang Menghambat Kesuksesan

Dengan berhasil mengatur mindfulness, kamu juga akan bisa dengan mudah mengatur dan mengelola emosi dengan baik. Jangan patah semangat ya!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu