Film Kim Ji-Young, Born 1982, Empati Terhadap Wanita yang Seringkali Terlupakan

Film Kim Ji-Young, Born 1982, Empati Terhadap Wanita yang Seringkali Terlupakan

Film/Hiburan

Urbanwomen – Sebagai perempuan, kita harus bisa mengambil beberapa peran. Banyak perempuan yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga dan bekerja. Keduanya harus berjalan dengan seimbang, dan tentu tidaklah mudah. Terkait dengan ini, Urban Women merekomendasikan film berjudul “Kim Ji-Young, Born 1982” yang diperankan oleh aktris Jung Yoo Mi sebagai karakter Kim Ji Young. Di mana karakter tersebut juga menyuarakan beragam batas yang kerap diterima perempuan ketika memasuki dunia kerja.  Film ini diadaptasi dari novel “Kim Ji Ypung, Born 1982”.

Menceritakan tentang seorang perempuan karier yang hidupnya berubah 180 derajat setelah ia menikah dan memiliki anak. Kim Ji Young memutuskan untuk berhenti bekerja demi mengurus keluarganya. Tapi, hal ini justru membuatnya tidak bahagia dan merasa tertekan. Salah satu penyebabnya, di mana ia kehilangan kesempatan untuk berakarier setelah menikah. Meski Ji Young merasa senang menjadi istri dan ibu dari seorang anak, tapi dia juga merasa seolah tak ada jalan keluar dalam hidup yang sekarang. 

Masalah lain yang telah dibahas pada film ini, mengenai pentingnya memberi kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki. Ada salah satu adegan di mana ibu dari Ji Young sangat marah kepada suaminya, Jung Dae Hyun (Gong Yoo) karena dia sempat menyuruh Ji Young tinggal di rumah saja ketika menikah, seolah – olah merendahkan kemampuan Ji Young untuk mendapatkan pekerjaan kembali. 

Dalam film “Kim Ji-Young, Born 1982” kita juga bisa melihat bagaimana Ji Young hampir mendapatkan perlakukan senonoh dari seorang pelajar laki – laki saat di dalam bus ketika sekolah. Kemudian, ia diselamatkan oleh perempuan dewasa karena merasa ada yang tak beres dengan gerak-gerik Ji Young ketika di dalam bus tersebut. Namun, setelah diselamatkan justru ayahnya menyalahkan Ji Young atas peristiwa tersebut. Padahal, ketika sedang dalam situasi tersebut seharusnya ayahnya bisa lebih fokus untuk menenangkan sang anak terlebih dahulu.

Sabar dalam memberikan dukungan pada pasangan juga digambarkan pada film Korea Selatan ini. Sang sumi Dae Hyun (Gong Yoo) setelah mengetahui Kim Ji Yong mengalami masalah mental, akibat tekanan yang ia terima selama ini terus sabar dan memberi dukungan. Walaupun tindakan yang dilakukan Dae Hyung sering kali tak dimengerti Ji Young, tapi ia selalu berusaha mencoba untuk menolong istrinya tanpa membuat perasaannya tersinggung. Dae Hyun rela membagi tugas dengan Ji Hyun dalam mengurus anak. Bahkan, ia sampai cuti kerja agar bisa meluangkan waktu untuk istrinya.

Banyak pesan moral yang bisa Urbanesse ambil dari film “Kim Ji-Young, Born 1982”. Salah satunya terkait dengan komunikasi. Perempuan ingin sepenuhnya menjadi ibu rumah tangga, tapi ada juga yang masih terus ingin berkarier untuk meraih cita-cita. Itulah salah satu alasan penting untuk mendiskusikan hal ini sejak awal dengan pasangan, supaya tidak ada aspirasi yang dikorbankan dalam rumah tangga tersebut. 

Baca Juga: Film Hope, Kisah Gadis Kecil Korban Kekerasan Seksual

Gimana Urbanesse? Apa kalian tertarik untuk menonton film ini? Jangan lupa siapkan tisu ketika menontonnya ya, karena film ini cukup menguras emosi lho!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu