Notice: fwrite(): write of 571 bytes failed with errno=122 Disk quota exceeded in /home/urbanwom/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 43
Financial Abuse di Sekitar Kita: Sering Tidak Disadari Namun Nyata Adanya – Urban Women
finansial-abuse-yang-tidak-disadari

Financial Abuse di Sekitar Kita: Sering Tidak Disadari Namun Nyata Adanya

Gaya Hidup

Urbanwomen – Jika berbicara tentang kekerasan, kita lebih familiar dengan kekerasan fisik dan seksual padahal ada salah satu jenis kekerasan yang kerap terjadi pada perempuan bahkan persentase korbannya lebih tinggi dibandingkan kekerasan fisik dan seksual yaitu kekerasan ekonomi atau financial abuse

Bagaimana tidak, menurut hasil Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional (SPHPN) tahun 2016, 1 dari 4 atau 24,5% perempuan yang pernah atau sedang menikah mengalami kekerasan ekonomi dari pasangan hidupnya. Jumlah ini lebih besar dibandingkan dengan kekerasan emosional (20,5%), kekerasan fisik (12,3%) maupun kekerasan seksual (10,6%)

Kekerasan ekonomi yang dialami oleh perempuan juga beragam, menurut SPHPN 2016, sebanyak 19,5% mengalami kekerasan ekonomi berupa larangan bekerja oleh pasangan. Sementara itu, ada 5,1% perempuan yang pasangannya menolak memberikan uang belanja padahal ia memiliki uang. Selain itu 3,6% perempuan tabungannya diambil oleh pasangan tanpa persetujuan.  Tingginya angka kekerasan ekonomi di Indonesia membuat kita menyadari bahwa kekerasan ekonomi atau financial abuse bisa saja terjadi di sekitar kita dengan atau tanpa kita sadari keberadaannya. 

Apakah kekerasan ekonomi hanya bisa terjadi pada perempuan yang tidak bekerja? 

Sayangnya, kekerasan ekonomi bisa terjadi pada siapapun. Jika kita mencermati kembali mengenai pengertian financial abuse, hal ini juga dapat berupa meminta pasangan untuk mencukupi segala keperluan hidupnya seperti memanfaatkan atau menguras harta pasangan. 

Baca Juga: Pakai 5 Aplikasi Finansial Ini, Hindari Kebocoran Pengeluaran

Apakah kekerasan ekonomi hanya terjadi dalam pernikahan? 

Kekerasan ekonomi juga bisa terjadi saat pacaran. Meskipun belum ada survei yang menunjukan jumlah korban kekerasan ekonomi di luar pernikahan, namun kita sering menemukan fakta bahwa perilaku kekerasan ini kerap terjadi. 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu