Dimulai dari Keluarga, Bertahap Hadapi Tatanan Hidup Normal yang Baru

Gaya Hidup, Keluarga

Krisis dan pandemi global mungkin belum usai. Tapi, dalam menjalani kehidupan, menurut saya kita tidak harus selamanya diam mengisolasi diri.

Makanya, saya sudah memantapkan diri untuk mulai membiasakan hidup seperti biasa berdampingan dengan virus corona. Dimulai dari diri sendiri dan keluarga, menerapkan kebiasaan hidup sehat dan bersih, mudah-mudahan bisa menginspirasi orang lain di sekitar kita.

Kehidupan dengan pola kenormalan baru atau the new normal life bagi saya hanya masalah untuk melanjutkan kebiasaan yang selama ini dilakukan selama isolasi di rumah. Kemudian setahap demi setahap menuju ke kehidupan yang lebih luas.

Untuk menjalani hidup aman di masa penerapan the new normal atau pola hidup normal baru ini saya melakukan beberapa perubahan bagi diri sendiri dan keluarga.

Yang pertama, saya mulai membiasakan anak-anak mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Terutama, sehabis dari luar rumah. Seperti pulang sekolah, atau sehabis pulang les dan main.

Saya menaruh seember air yang sudah dimodif dengan kran buka-tutup sederhana. Tak lupa, sebotol sabun cair ukuran mini saya letakkan di samping ember.

Jadi, setiap mau masuk rumah, anak-anak sudah paham apa yang harus dilakukan. Pun begitu ketika ada tamu yang hendak berkunjung ke rumah, kini sudah tidak sungkan lagi atau canggung, mereka langsung mencuci tangan secara spontan karena mulai terbiasa.

Selanjutnya, kebiasaan yang mulai pelan-pelan saya terapkan adalah memakai face shield. Awalnya anak-anak memang menolak karena merasa canggung dan belum terbiasa. Tapi, lama-kelamaan mereka mulai paham, apalagi dari pihak sekolah juga memberlakukan aturan anak-anak harus memakai face shield.

Aspek terakhir yang tak kalah penting dilakukan adalah menghindari tempat keramaian sementara waktu. Saya lebih memilih belanja secara online untuk memenuhi stok barang di rumah. Kalau pun mau belanja sayur atau bahan memasak, saya tidak perlu repot jauh – jauh ke pasar.

Sebab, sudah ada abang tukang sayur bersepeda motor yang nyamperin di depan rumah. Selama ini sudah langganan, jadi harga yang diberikan juga relatif nggak mahal-mahal banget.

Urbanesse mungkin juga punya strategi beda menghadapi new normal? Apa pun strateginya, keselamatan diri dan keluarga sangat penting bagi saya. Urbanese tentu berpikir sama.

Maka itu, yuk mulai sekarang kita lakukan yang terbaik untuk diri sendiri dan keluarga selama masa new normal ini. Dimulai dari diri sendiri dan keluarga kecil kita.

 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu