Hal-hal Kecil Sebagai Bentuk Penghargaan Terhadap Diri Sendiri

Hal-hal Kecil Sebagai Bentuk Penghargaan Terhadap Diri Sendiri

Pandangan Pria

Urbanwomen – Hai Urbanesse, kali ini Urban Women berbincang dengan seorang laki-laki 27 tahun, Didit namanya. Urban Women bertanya pada Didit terkait tema bulan ini yakni Menerima, Menghargai Serta Menghormati Diri Sendiri. Kalau biasanya perempuan merawat diri sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap diri sendiri, bagaimanakah dengan laki-laki? Dan menurut pandangan laki – laki seperti apakah cara menghormati diri sendiri itu? Yuk, Urbanesse, kita cari tahu melalui perbincangan berikut ini:

  • Didit, sebagai laki-laki, bagaimana cara kamu menghormati diri sendiri? Contoh, ada sepasang kekasih, tapi si laki-laki lantas mundur karena tiap mereka makan bareng selalu perempuannya yang berinisiatif membayar makanan. Alasan si laki-laki menjauh adalah karena merasa tidak dihargai sebagai laki-laki yang sudah sepantasnya mentraktir. Menurut kamu bagaimana?

DIdit:

Kejadian seperti itu memang sering ya… Laki-laki biasanya ingin dihormati, sebagai sosok pemimpin. Tapi kalau kasusnya seperti itu menurutku itu justru bentuk penghargaan si perempuan bagi pacarnya. Bisa karena si perempuan tidak ingin merepotkan atau merasa tidak enak. Sebagai laki-laki aku sebenarnya kurang nyaman kalau pacarku terus-terusan minta dibayarkan. OK, tidak apa sesekali, tapi tentu tidak begitu terus. Dari pengalamanku waktu sedang PDKT dan beberapa kali aku yang bayar makanan tanpa ada basa-basi dari dia atau niat untuk patungan aku jadi risi. Kupikir, bagaimana nanti, pasti cuma aku yang diandalkan untuk segala hal. Tapi beda ya kalau sudah berumah tangga… menurutku itu memang jadi tanggung jawabku. 

  • Menurut kamu seberapa pentingnya menghormati atau menghargai orang lain?

Didit:

Penting sekali. Kita pasti mau dihormati, dihargai, jadi kita harus bisa menghormati dan menghargai orang lain. Apapun yang kita lakukan terhadap orang lain nantinya akan kembali kepada kita. Misalnya, soal percintaan ya… Aku, sebagai laki-laki yang menghormati perempuan, misalnya tidak pernah berkata-kata kasar, pasti si perempuan pun akan demikian juga. Timbal balik. Dia pasti segan karena aku tidak pernah berkata-kata kasar. Itu, menurutku, adalah salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap orang lain.

  • Nah, kalau soal mencintai diri sendiri, apa yang kamu lakukan? Kalau perempuan, salah satu cara paling mudah mencintai diri sendiri bisa dengan merawat diri, menjaga penampilan bukan demi orang lain melainkan karena memang suka sekali merawat diri karena juga berkaitan dengan kesehatan, misalnya berolahraga. Kalau kamu atau umumnya laki-laki bagaimana?

Didit:

Hmm, iya ya, ternyata kalau perempuan merawat diri bukan berarti biar dibilang cantik ya, tapi itu salah satu cara dalam mencintai atau menghargai dirinya. Secara pribadi, aku lebih memilih untuk tidak merokok. Merokok bisa merusak kesehatan. Kalau kesehatanku bermasalah nanti, bagaimana? Sama saja dengan merusak diri sendiri, kan?

Nah, Urbanesse, dari perbincangan ini dapat kita simpulkan ya bahwa siapa pun perlu menyadari betapa pentingnya mencintai, menghormati, dan menghargai diri sendiri. Mulai saja dari hal yang paling kecil seperti kebiasaan sehari-hari, atau hal-hal kecil dalam suatu hubungan. Seperti Didit yang tidak merokok, itulah salah satu bentuk mencintai diri sendiri baginya. Jadi, sudahkah kita menghargai, mencintai, dan menghormati diri sendiri, Urbanesse? Yuk, lakukan dulu dari hal-hal kecil, untuk menunjukkan cinta dan penghargaan kita pada diri sendiri. (*)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu