hargai diri sendiri

Hargai Diri Sendiri dengan Stop Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Blog

Urbanwomen. Salah satu bentuk menghargai diri sendiri adalah dengan stop membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Semua orang pasti mengalami hari-hari buruk, apalagi saat kita begitu terpaku dengan media sosial. Kita begitu memperhatikan bagaimana orang lain selalu bahagia di media sosial dan menumbuhkan rasa insecure dalam diri sendiri tentang hidup kita yang kurang bahagia. Membandingkan dirimu dengan orang lain adalah cara paling buruk untuk merasa tidak berguna. Agar kamu lebih menghargai diri sendiri, di bawah ini ada 4 tips untuk membuatmu berhenti membandingkan diri sendiri dan lebih mencintai diri sendiri.

1.      Ketahui betapa bahayanya hal tersebut

Satu hal yang paling harus dihentikan oleh semua wanita adalah dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hal ini mungkin salah satu hal yang paling menyakitkan dan kejam yang sering kita lakukan pada diri sendiri. Semua orang melakukan pembandingan diri ini, bahkan orang yang paling percaya diri dan sukses di sekitarmu akan membandingkan dirinya dengan orang-orang di sekitarnya. Sebaiknya kamu hentikan kebiasaan ini karena akan berbahaya pada diri sendiri. Kamu akan selalu merasa kurang bersyukur dan membenci dirimu sendiri. Padahal, kalau bukan kita yang mencintai diri sendiri, lalu siapa? Daripada membandingkan dirimu dengan orang lain dan menimbulkan kecemburuan, cobalah untuk berusaha menjadi inspirasi atau motivasi untuk orang sekitarmu.

2.      Ubahlah pola pikir yang ada di pikiranmu

Kamu adalah orang yang dapat mengendalikan pikiranmu dan pikiranmu hanyalah sebuah pikiran. Tapi semakin kamu pikiran, tentunya hal tersebut semakin kuat. Kapan pun kamu memiliki pikiran negatif tentang diri sendiri, cobalah untuk tetap menyimpulkan semua hal baik yang sudah kamu lakukan dalam hidupmu, semua pencapaian yang telah berhasil kamu raih, dan semua perjalanan hidup yang telah kamu jalani. Berpikirlah positif untuk hidup yang lebih positif! Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara menghentikan membandingkan diri dengan orang lain, jawabannya adalah mengubah pola pikirmu. Hal ini adalah salah satu cara untuk menghargai dirimu sendiri.

3.      Berdamailah dengan diri sendiri

Salah satu hal yang sulit dilakukan oleh kebanyakan orang adalah berdamai dengan masa lalumu dan menerima masa kini dengan baik. Namun, hal ini sangat perlu dilakukan. Kamu tidak akan pernah bisa sepenuhnya puas jika kamu masih memiliki perasaan negatif dari masa lalu yang masih ada di sekitarmu. Jika kamu berhasil berdamai dengan masa lalu dan berhasil merangkul masa kini, perjalananmu menuju tujuan hidupmu akan lebih memuaskan dan damai.

4.      Fokuslah pada kemajuan tentang dirimu

Kalau kamu berfokus untuk “melakukan segalanya dengan sempurna”, tentunya hal ini akan membuat hari-harimu terasa sulit, apalagi jika segala sesuatu yang kamu lakukan tidak berjalan sesuai dengan rencana. Kita semua pasti menginginkan kesuksesan dan kesempurnaan dan ketika hal tersebut tidak terjadi, kita kadang merasa tidak berharga. Hal inilah yang menyebabkan kita membenci diri sendiri. Cobalah untuk fokus pada kemajuan dirimu daripada mengharapkan kesempurnaan dalam hidup. Karena sesungguhnya, tidak ada yang sempurna dalam hidup ini, yang adalah hanyalah orang-orang yang selalu berusaha untuk menjadi lebih baik lagi setiap harinya.

Sebaiknya kamu mencintai dirimu agar perjalanan karirmu semakin sukses. Tentunya dengan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah bentuk kamu menghargai diri sendiri dan menjadi lebih baik lagi. Semangat!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu