Hidup Lebih Mapan dengan Menerapkan Diet Keuangan

Hidup Lebih Mapan dengan Menerapkan Diet Keuangan

Blog

Urbanwomen – Pada saat momen awal tahun sebagian besar orang biasanya akan memiliki berbagai macam rencana keuangan. Namun pada kenyataannya, resolusi yang tidak tepat justru kerap kali tidak membawa perubahan apa-apa di dalam keuangan itu sendiri. Yah merencanakan banyak hal tentu akan begitu mudah untuk dilakukan oleh siapa saja, namun tidak demikian untuk merealisasikannya, bukan? Tentu saja penting untuk melakukan perubahan secara bertahap agar segala sesuatunya dapat disesuaikan dengan kenyataan yang selama ini terjadi. Hal yang sama juga bisa anda terapkan di dalam keuangan.

Jika ternyata rencana keuangan yang telah anda susun sejak awal tahun tidak berjalan lancar, ada baiknya segera lakukan diet keuangan. Melalui diet keuangan ini, anda bisa memperbaiki berbagai tindakan dalam keuangan, sehingga porsi antara pemasukan dan pengeluaran seimbang. Selain itu di dalam diet keuangan, sejumlah dana yang konsumtif akan dialihkan ke pos yang lebih berguna dan bersifat produktif, seperti tabungan, investasi, atau bahkan hal lainnya yang memberi dampak positif di dalam keuangan dan kehidupan anda. 

Layaknya diet makanan untuk tubuh sehat, diet keuangan bertujuan agar keuangan membaik meskipun tidak mudah dilakukan semua orang. Lantas bagaimana cara melakukan diet keuangan ini? Nah, berikut ini tips yang bisa anda ikuti.

Memiliki motivasi yang kuat dan disiplin

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai diet keuangan adalah menyiapkan diri untuk benar-benar disiplin dan memiliki motivasi yang kuat untuk menjalaninya. Sebab, melakukan diet keuangan tentu akan sulit bila tidak memiliki motivasi sejak awal. Sebagaimana diet pada umumnya, diet keuangan juga akan memberikan manfaat maksimal jika dijalankan secara konsisten dalam waktu yang cukup lama. 

Diet yang singkat kerap tidak membawa dampak besar bagi kesehatan, begitu juga dengan diet keuangan. Maka dari itu pastikan anda memiliki motivasi yang kuat dalam melakukan kegiatan ini, sehingga berbagai tantangan selama menjalankan diet keuangan bisa dihadapi dengan baik.

1.Kurangi pengeluaran yang bersifat konsumtif

Untuk memulai diet keuangan anda bisa mulai melakukan evaluasi terhadap pos pengeluaran di dalam keuangan. Kurangi berbagai macam pengeluaran yang tidak terlalu penting dan bersifat konsumtif, sehingga tidak berdampak buruk bagi kebutuhan pokok. Kemudian sisihkan dana ini secara terpisah dan jangan satukan dengan lainnya di dalam keuangan, agar tidak terpakai untuk alasan apapun yang tidak perlu.

Kebanyakan orang akan mengalami kesulitan menahan keinginan belanja atau keperluan lainnya, jika memegang sejumlah uang yang bebas di dalam tabungan atau dompetnya. Hindari hal ini dengan cara yang tepat, yaitu dengan memisahkan uang yang anda pangkas dari berbagai kebutuhan konsumtif seperti nongkrong di cafe, nonton bioskop, kebiasan ngemil dan sebagainya. Meskipun tidak mudah dalam menghilangkan berbagai kebiasaan di tas secara langsung, namun anda bisa menguranginya dan tetap bisa menikmati sesekali.

2.Lakukan pelunasan terhadap utang yang tidak produktif

Utang merupakan hal yang kelak akan mengganggu keuangan bila porsinya tidak ideal, terutama jika utang ini tidak bersifat produktif. Upayakan untuk selalu menghindari hutang yang tidak produktif ini dalam keuangan anda. Selain tidak memberikan manfaat yang menghasilkan, utang seperti ini juga bisa saja membebani keuangan dalam waktu yang panjang. Jika ternyata selama ini anda sudah memiliki jenis utang seperti itu, maka segera lakukan pelunasan. Bila anda tidak mampu melakukan pelunasan sekaligus, lakukan secara bertahap dan disiplin.

3.Perbesar porsi tabungan

Di dalam diet keuangan, sebaiknya anda harus berupaya untuk memperkecil pengeluaran dan memperbesar porsi tabungan bulanan. Hal seperti ini sudah jelas akan membawa dampak positif di dalam keuangan anda. Selalu upayakan untuk menabung lebih banyak uang, daripada membelanjakannya untuk berbagai kebutuhan yang tidak perlu. Jika selama ini anda menyisihkan 10% saja dari penghasilan untuk dana tabungan, maka dari sekarang mulailah menyisihkan 15-20% atau bahkan lebih setiap bulannya.

4.Alokasikan dana untuk investasi

Diet keuangan yang anda jalankan akan memungkinkan anda melakukan kegiatan investasi, bahkan jika selama ini anda belum pernah melakukannya. Untuk dana investasi ini, anda bisa mengambilnya dari sejumlah dana tabungan atau bahkan dana yang anda hemat dari berbagai pos pengeluaran yang konsumtif.

Sama halnya dengan kegiatan menabung, kegiatan investasi ini juga akan sangat tepat jika anda melakukan di awal gajian, sebelum digunakan untuk hal yang dibutuhkan. Jika anda sulit untuk mengeluarkan dana cukup besar sekaligus, bisa anda sisihkan secara bertahap dalam rekening terpisah terlebih dahulu.

5.Perdalam kemampuan dalam mengelola keuangan

Agar diet keuangan anda berjalan dengan baik dan maksimal, anda wajib memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan secara keseluruhan. Pastikan anda selalu memperdalam ilmu keuangan dengan beragam informasi terkini dalam mengelola keuangan. Ada banyak sumber informasi yang bisa anda kunjungi dengan mudah, baik itu berupa artikel keuangan di berbagai situs internet maupun buku-buku yang mengulas tentang keuangan berkualitas.

Baca Juga: Pasanganmu adalah Partner Mengatur Keuangan Terbaik

Saatnya Melakukan Diet Keuangan agar Hidup Makin Mapan. Mengelola keuangan seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang, terutama bagi yang tidak bisa mengelolanya dengan tepat. Jika anda benar-benar ingin memperbaiki keuangan di masa depan, maka kuncinya adalah perbaiki keuangan anda dari sekarang dengan mencoba diet keuangan. Semoga berhasil.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu