Hidup Sederhana untuk Simpanan di Masa Depan

Hidup Sederhana untuk Simpanan di Masa Depan

Keluarga

Urbanwomen – Nama saya Diana, S1 Ekonomi jurusan Manajemen (2020). Saya ingin berbagi cerita terkait tentang seberapa pentingnya pandai mengelola keuangan berdasarkan pengalaman mama saya. Mama saya seorang ibu rumah tangga yang sederhana tapi pintar mengelola keuangan.  Ayah adalah seorang PNS tahun 1998 dan menikah 1994. Waktu saya lahir, ayah sedang ujian PNS dan tidak sempat menemani mama lahiran. 

Dari zaman gaji masih 80.000 sekarang sudah sekitar 3 jutaan ibu saya selalu pandai mengelola keuangan rumah tangga. Mama saya punya 3 anak, masing-masing dari anak 1 sampai 3 jaraknya beda 4 tahun. Ketika ayah mendapatkan uang gaji, kalau semenjak zamannya pak Ahok memang ada tunjangan lebih untuk ayah saja. Asalkan masuk setiap hari. Ayah orang yang pekerja keras.

Ketika ayah gajian, dari dulu mama tiap menerima gaji pokok selalu mencoba investasi atau nabung di bank.  Mama tidak pernah hidup berfoya – foya, jalan – jalan. Karena ayah saya sibuk engga mau dia bolos kerja. Saya hingga sudah kuliah gini perbulan dikasih 300 – 400 ribu untuk sebulan. Ayah tidak pernah dikasih uang banyak sama mama, bukannya pelit, tapi mama bilang, ayah kalau dikasih uang banyak nanti habis. Jadi dikasih 50.000 untuk dua hari. Tapi, ayah pun sangat mengerti dan engga pernah complain sama mamah. Jika ada sisa uang belaja, meski uang logam selalu dikumpulin dicelengan.

Berkat mama saya yang menggunakan uang secukupnya, dan menginvestasikan sebagian uang, kita akhirnya punya rumah di salah satu kota. Awalnya hanya 1 rumah, karena masih terus menabung akhirnya ke beli rumah 1 lagi. Uangnya juga digunakan untuk investasi jangka panjang. Mama selalu bilang, jadi kalau ayah sudah pensiun kita ada tabungan. Mama akan membeli barang yang benar- benar dibutuhkan bukan keinginannya saja. Walau kita hidup sederhana, keluargaku memiliki simpanan untuk masa depan. Dan yang paling penting, aku bisa menerapkan kebiasaan mama dalam mengelola uang ini untuk nanti ketika berumah tangga. 

Baca Juga: Cara Mulai Menabung Jika Kamu Ingin Membeli Rumah dalam 5 Tahun Ke Depan

Bukan soal besarnya angka gaji, namun bagaimana kepribadian kamu sebagai perempuan bisa dipercaya oleh suami dalam segala hal termasuk dalam mengelola keuangan. 

Sumber: Diana

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu