Custom Link Hubungan-Harmonis-Gak-Cukup-Modal-Cinta-

Hubungan Harmonis Gak Cukup Modal Cinta

Cinta & Relasi

Urbanwomen – Dalam sebuah hubungan cinta diibaratkan bunga yang harus kamu rawat secara rutin agar dia tetap mekar dan tumbuh. Namun menjalin sebuah hubungan asmara tidak cukup hanya berdasar pada cinta semata loh urbanesse. Karena secara realistis, ada beberapa hal lain yang sangat penting untuk dibangun dalam suatu hubungan selain cinta. Cinta hanya salah satu pondasi hubungan saja, untuk membangun hubungan yang harmonis diperlukan pondasi lain sebagai pendukung. Pondasi tersebut akan membantu hubunganmu dan pasangan menjadi lebih kuat dan bertahan lama.

Yuk pahami hal-hal berikut dan mulai bangun hubungan yang sehat dan harmonis

1. Menjaga Komunikasi

Seberapa lama pun kamu telah menjalin hubungan dengan pasangan, jangan pernah lupa untuk menjaga komunikasi yang baik. Hal ini diperlukan untuk mempertahankan rasa cinta, sekaligus untuk mengurangi salah paham di antara pasangan.

Maka, kita bisa menjaga komunikasi dengan pasangan melalui beberapa cara. Di antaranya, dengan rutin berkomunikasi dengan pasangan. Tidak perlu setiap detik setiap waktu, cukup once in a while sebagai pengingat bahwa 

Ah, aku punya pacar. Aku punya dia yang mencintaiku di bagian lain dari kota/pulau/negara/benua sana.”

Selalu sempatkan untuk memberi kabar walaupun hanya sekadar “Night honey, aku baru sampe rumah. Sumpah capek banget tadi. Salah satu anak team ku bikin masalah dan akhirnya mood boss buruk ke semua anggota team. Aku langsung mandi dan istirahat aja ya. Love you *hug*.” di jam 11 malam.

Setiap orang tentu memiliki cara tersendiri untuk menyampaikan pikiran dan perasaannya pada pasangan dengan nyaman. Bila ada hal yang tidak kita sukai atau sesuatu yang diinginkan dalam suatu hubungan, lebih baik untuk mengkomunikasikannya sejelas mungkin pada pasangan, daripada membuat kode-kode tertentu yang bisa membuat masalah menumpuk dan berlarut-larut.

2. Rasa Hormat dan Kepercayaan

Hormati pasangan seutuhnya. Artinya, kamu menghormati pilihan hidupnya, karakter dan kepribadiannya, dan segala hal tentang dirinya. Karena sebagai individu kamu pasti memiliki banyak perbedaan dengan pasanganmu termasuk hobi dan cara menikmati hidup. Perbedaan tersebut akan membuat pasangan membutuhkan ruang sendiri, namun hal tersebut bukanlah masalah. 

Seperti dikatakan oleh Frank Kermit, dating expert asal California, AS, tak masalah bila kamu dan pasangan memberikan ruang kepada satu sama lain. Kamu perlu menghargai hal tersebut dan memberikan kepercayaan pada pasangan untuk menikmati ruangnya sendiri. Tanpa respek, hubungan yang awalnya penuh cinta akan berubah jadi hubungan abusive.

3. Quality time

Semua orang ingin kebahagiaan dalam hubungannya. Tetapi, dalam hidup, kamu dan pasangan tidak akan selalu menemukan kebahagiaan. Ada kalanya kalian akan melalui masa-masa sulit yang menguji ketahanan hubungan. Nikmatilah hal-hal kecil bersama, selalu temukan alasan untuk berbahagia bersama pasangan seperti menikmati waktu berdua dengan menonton film bersama dirumah, atau piknik bersama di halaman depan rumah dan saling bercerita. Secara rutin, katakan pada pasangan mengapa kamu bahagia bersamanya.

4. Self Love

Hal yang tak kalah penting adalah untuk tidak lupa mencintai diri sendiri. Saat mencintai orang lain, kita mungkin ingin memberikan segalanya kepada mereka. Namun, jangan sampai hal ini membuat kita lupa melakukan hal yang sama kepada diri sendiri.

Margaret Paul, PhD, seorang relationship expert sekaligus penulis buku dari Amerika Serikat mengatakan, seseorang harus mencintai dirinya sendiri, baru membagikan rasa itu kepada orang lain. Paul mengibaratkannya dengan mencintai seorang anak kecil.

Baca Juga: Rela Menunda Impianku Sendiri Demi Menjaga Harga Dirinya

Jika Anda mengabaikan perasaan seorang anak, dia akan merasa tidak dicintai. Mengabaikan perasaan Anda juga bisa menghasilkan dampak yang sama, anak-anak dalam diri Anda akan merasa ditolak, diabaikan, dan tidak dicintai,”.

Selain cinta, itulah beberapa pondasi dalam hubungan yang perlu dijaga demi hubungan yang harmonis dan bertahan lama.

 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu