Ini 6 Cara untuk Berhenti Memikirkan Mantan dan Sembuhkan Hatimu

Ini 6 Cara untuk Berhenti Memikirkan Mantan dan Sembuhkan Hatimu

Blog

Urbanwomen – Apakah kamu kesulitan berhenti memikirkan mantanmu dan sulit untuk berdamai dengan masa lalu? Bagaimana bisa kamu menyembuhkan sakit hatimu, ketika yang kamu pikirkan bagaimana dia yang selalu baik dan mengapa dia pergi? Salah satu aspek paling menyakitkan dari perpisahan apapun adalah ketakutan bahwa kamu melakukan sesuatu yang membuatnya menjauh. Jangan putus asa! Ada cara untuk keluar dari rasa sakitmu. Kamu tidak perlu merasa patah hati selamanya. Faktanya, cinta yang lebih baik sedang menunggumu di sisi lain dari perjalanan penyembuhannya. Berikut 6 cara untuk berhenti memikirkan mantanmu dan menyembuhkan hatimu.

1. Kurangi sumber rasa sakitmu

Langkah pertama adalah kurangi rasa sakitmu dengan berhenti memeriksa media sosialnya atau menguntit ke rumahnya untuk melihat apa yang dia lakukan. Mungkin dia mengirim pesan atau menelepon untuk mengetahui kabarmu, tapi dia tidak ingin kembali bersama. Rasanya tidak mungkin sih tidak menanggapi saat dia sedang menghubungimu. Namun, semua hal tersebut membuat luka di hatimu tidak akan sembuh, membuatmu tidak dapat fokus pada hal lain. Waktu tidurmu, pekerjaanmu, serta kesehatan fisik dan mental mulai terganggu. Putuskan semua kontak. Blokir dia di semua media sosial untuk mencegah keinginanmu mengeceknya. Tetapkan batasan dengan memberitahu dia untuk menghentikan semua kontak denganmu. Hatimu akan membuka luka lagi dan kontak apa pun hanya membuat luka itu tetap basah dan sulit untuk sembuh.

2. Perjelas mengapa kamu terobsesi padanya

Salah satu mitos terbesar tentang cinta romantis adalah bahwa hanya ada satu orang untukmu, dan tugasmu adalah menemukan dan menjaganya. Jika tidak berhasil, kamu gagal dan ada yang salah dengan dirimu. Kamu bahkan mungkin mulai percaya bahwa cinta abadi tidak dimaksudkan untukmu. Keterikatan yang kamu miliki padanya sebenarnya bukan tentang dia, itu hanya keterikatan pada perasaan yang kamu percaya hanya dia yang mampu memberimu. Obsesi kamu padanya adalah obsesi untuk mendapatkan perasaan itu kembali, yang merupakan tugas yang mustahil. Sebenarnya, perasaan ini tidak ada hubungannya dengannya. Ketertarikanmu padanya didasarkan pada keyakinan bawah sadar yang kamu miliki tentangnya Luka ini berasal dari masa kecilmu dan tercipta dari keluarga asalmu. Ketertarikanmu kepadanya berasal dari bagian dirimu untuk mencarinya dan membuktikan diri sendiri bahwa kamu menyenangkan. Sembuhkan hatimu yang hancur dengan mengalihkan fokus darinya dan menuju penyembuhan luka masa kecilmu.

3. Pahami bahwa kamu tidak melakukan kesalahan apa pun

Bagian dari obsesimu padanya adalah keyakinan bahwa kamu melakukan kesalahan  untuk mendorong menjauh. Mungkin kamu tidak mampu memenuhi kebutuhannya. Mungkin kamu mengatakan atau melakukan sesuatu yang membuat hubunganmu dengannya harus berakhir. Mungkin dia meninggalkanmu untuk orang lain dan kamu mendapati dirimu yang terus bertanya-tanya mengapa dia lebih memilih orang tersebut daripada dirimu. Pikiran-pikiran seperti ini membuatmu terjebak. Soulmate-mu akan mencintaimu terlepas dari konflik apa pun yang muncul dan apa pun yang mungkin kamu katakan dan lakukan. Jika tidak berhasil karena sesuatu yang kamu katakan atau lakukan, dia bukanlah orang yang tepat untukmu.

4. Biarkan dia pergi

Harapan bahwa dia akan berubah pikiran dan kembali kepadamu bisa memabukkan. Harapan ini adalah bagian terakhir yang membuat hatimu merindukannya. Kamu harus membunuh harapan bahwa dia akan kembali, ini sebagai kunci dari kesembuhanmu. Biarkan dia pergi. Lepaskan semua harapan yang tersisa dan biarkan dirimu berduka atas kehilangan hal tersebut. Pilih untuk merasakan semua perasaanmu, kesedihan, sakit hati, kemarahan, atau bahkan rasa bersalah tentang apa yang terjadi. Dengan membiarkan dia pergi, kamu pasti akan mendapatkan yang lebih baik darinya.

5. Temukan kunci untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik

Meskipun hubungannya tidak berhasil, dia muncul dalam hidupmu karena suatu alasan. Menemukan alasan mengapa dia muncul akan memberimu apa yang kamu butuhkan untuk menciptakan hubungan yang lebih baik dengan seseorang yang baru. Bayangkan hidup itu seperti permainan yang terus menantang untukmu dan membuatmu menjadi versi yang lebih baik lagi. Orang-orang yang muncul dalam hidupmu merupakan sebuah pelajaran untukmu. Ada orang yang akan mengajarimu sesuatu yang positif, ada pula yang negatif tapi semua bisa diubah dengan menghadirkan pikiran bahwa semua yang hadir di setiap hidupmu adalah pengalaman yang berharga.

6. Perjelas apa yang kamu inginkan

Sekarang setelah kamu melepaskannya dan bersyukur atas apa yang diajarkan padamu, kamu dapat memulai menciptakan sebuah standar untuk pasangan masa depanmu. Perjelas apa yang kamu inginkan. Ciptakan hubungan idealmu dengan mencari standar yang kamu inginkan. Percayalah bahwa kamu bisa mencintai orang lain lagi. Ya, memang patah hati itu menyakitkan, tapi ketika hatimu hancur, itu terbuka untuk menyimpan lebih banyak cerita. Banyak dari cinta yang hadir dalam hidupmu dimaksudkan untuk kamu lebih mencintai dan menerima diri sendiri.

Baca Juga: Apakah Tetap Memfollow Mantan di Media Sosial Itu Sehat?

Berhenti memikirkan mantanmu merupakan cara terbaik untuk berdamai dengan masa lalu dan melanjutkan hidup, makanya yuk bangkit kamu pasti bisa!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu