Sederhana! Tapi 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Lebih Bahagia Menurut Penelitian

Inspirasi Hati

Semua orang pasti ingin bahagia dalam hidupnya dan kebahagiaan itu sendiri bisa datang kapan dan dimana saja menurut penelitian.  Sebagai wanita karir yang sibuk dengan pekerjaan, tentu saja kebahagiaan adalah hal yang patut di cari agar tidak stress dengan pekerjaan. Itu sebabnya kebahagiaan adalah sebuah impian bagi semua orang. Setiap orang tentunya ingin menikmati rutinitas yang menyenangkan. Oleh sebab itu biasanya kebahagiaan datang dari diri kita sendiri dan bagaimana kita menciptakan itu tergantung bagaimana kita bersikap. Nah, menurut penelitian ada beberapa hal sederhana yang ternyata bisa membuatmu lebih bahagia. Apa saja sih hal tersebut? Mari simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1. Membiasakan diri untuk selalu bersyukur setiap hari

Yah, menurut penelitian mengekspresikan rasa bersyukur setiap hari terbukti dapat memperbaiki suasana hati. Banyak orang yang merasakan hal positif tentang hari mereka yang lebih sehat, bersemangat dan tidak terlalu stress, karena selalu bersyukur setiap harinya. Jadi, kuncinya adalah jadikan rasa bersyukur sebagai kebiasaan yang harus kamu lakukan dengan niat. Misalnya, setiap pagi kamu bisa menikmati udara segar dan berolahraga, hingga menjelang siang kamu dapat beraktivitas di kantor hingga malam tiba dan berlanjut menikmati tidur malammu. Hal kecil tersebut bisa kita nikmati dengan rasa bahagia jika di dasari rasa bersyukur. Mulailah terapkan dari sekarang agar kamu lebih bahagia.

1. Kelilingi dirimu bersama orang-orang positif

Menurut penelitian dari Nicholes Christakis dan James Fowler yang melakukan penelitian di Harvard dan The University of San Diego mengatakan bahwa kebahagiaan itu menular. Jika kita dikelilingi oleh teman yang berpikiran positif maka dapat meningkatkan kebahagiaan kita hingga 9 persen. Bila kamu merasa sedih, hubungi teman atau keluarga yang umumnya memiliki sikap yang lebih positif. Karena otak kita memiliki cermin neuron yang secara harfiah akan meniru apa yang diungkapkan orang lain. Sehingga, ketika kamu membutuhkan sedikit hal positif, maka dekatilah orang-orang yang berpikir positif maka bahagia akan menular kepadamu.

3. Lakukan kebaikan secara natural

Penelitian juga menunjukan bahwa membelanjakan uang untuk orang lain membuat kita lebih bahagia dari pada membelanjakan uang untuk diri kita sendiri. Yah, melakukan tindakan kebahagiaan kecil dapat meningkatkan kepuasan hidup kita. Jadi, tahan pintu untuk orang-orang di belakangmu dan ucapkan terima kasih jika suda ditolong, dan membantu teman yang sedang kesusahan akan membuatmu jadi lebih bahagia. Kesimpulannya adalah untuk menjadi lebih bahagia, kamu harus membuat orang lain bahagia.

4. Habiskan waktu lebih banyak bersama keluarga dan teman

Perlu kamu ketahui bahwa memiliki teman dapat menyelamatkan hidupmu ladies. Interaksi sosial yang rendah bisa sama buruknya dengan kamu merokok 15 batang dalam sehari, dan dua kali lebih buruk bagi kesehatanmu dari pada obesitas. Bahkan jika kamu sibuk, kamu bisa menemukan cara untuk terhubung dengan orang lain yang kamu sayangi. Gunakan waktu istirahat untuk menelepon teman, atau jalan-jalan keluar dengan rekan kerja. Jika kamu sangat sibuk selama seminggu, kamu bisa undang temanmu ke rumah untuk berbagi cerita.

5. Gunakan tabunganmu untuk berbagai hal positif, bukan yang negatif

Selain itu penelitian juga menujukan kesederhanaan lain yang bisa membuat seseorang bahagia. Yakni, seseorang akan merasa lebih bahagia ketika mereka menghabiskan uang mereka untuk pengalaman dari pada belanja sesuatu. Yah, pengalaman jauh lebih berharga ketimbang belanja, karena pengalaman akan memberikan pelajaran penting dalam diri kita. Jadi, alih-alih membeli celana baru, cobalah pertimbangkan kembali untuk mencoba kelas yoga baru atau pergi ke gunung bersama teman-teman. Hal sederhana tersebut jauh lebih bermanfaat dan bisa membuatmu lebih bahagia.

Bagaimana, masih mau bahagia sepanjang hari? Lakukan kebiasaan sederhana di atas dan nikmati hidupmu dengan penuh kebahagiaan sejati. Karena kebahagiaan yang sebenarnya berasal dari diri kita, bagaimana kita melakukan hal yang positif dan bagaimana kita mensyukuri nikmati hidup.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu