Wanita serba bisa

Jadi Guru Hingga Pengusaha, Wanita Bisa Semua

Inspirasi Hati

Urbanwomen – Meskipun masih banyak orang yang menerapkan sistem patriarki di masyarakat, namun berkat R.A Kartini yang memulai gerakan emansipasi wanita, kedudukan wanita bisa disejajarkan dengan pria. Sekarang wanita bisa mencapai apapun yang diimpikannya. Seperti salah satu tokoh wanita paling berpengaruh di dunia menurut BBC tahun 2017 Susi Pudjiastuti. Yang juga merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019, dan pengusaha pemilik Susi Air. Ia menyampaikan bahwa wanita bisa menjadi apapun yang diinginkannya selama bekerja keras.

“Bila mau, wanita bisa melakukan dan menjadi apa saja yang dia inginkan. Tentu kerja keras, konsistensi dan integritas menjadi modal utama juga. Wanita bisa,” 

Mulai menjadi guru, jurnalis sampai pengusaha, wanita bisa melakukan semuanya. Seperti Wonder Woman, kamu juga bisa menjadi superhero untuk dirimu sendiri. Yuk tonton rekomendasi film dari minsis, yang siapa tau bisa menginspirasi kamu untuk berkarya dan meraih impianmu.

1. Legally Blonde (2001)

Legally Blonde mengisahkan perjalanan Elle Woods (Reese Witherspoon) yang patah hati karena diputuskan kekasihnya yang merasa Elle kurang serius dan tak akan bisa mengimbangi dirinya yang akan berkuliah di Universitas Harvard demi mengejar karir politik. Namun Elle masih percaya bahwa kekasihnya akan kembali padanya jika ia berhasil masuk ke universitas yang sama. Ia pun belajar keras dan berhasil diterima di Harvard Law School.

Namun, setelah mulai berkuliah, ia justru merasakan ketidaksesuaian dengan lingkungan pergaulan di kampus. Elle yang suka berdandan dan berpakaian mencolok, dianggap terlalu ‘perempuan’ dan menjadi bahan cibiran karena dianggap tak memperlihatkan sosok mahasiswi teladan.

Film ini dianggap sebagai pembawa pesan ketangguhan wanita yang kuat namun dengan gaya yang cerdas dan mudah untuk dipahami. Apalagi bagi kamu yang tengah menempuh pendidikan perguruan tinggi dan mendapatkan stigma dari lingkungan sekitar tentang perempuan, film ini bisa menjadi inspirasi.

2. The Devil Wears Prada (2006)

Film ini menceritakan tentang Andrea “Andy” Sachs yang baru lulus dari Universitas Northwestern dan bercita-cita menjadi jurnalis, namun justru terjebak bekerja di majalah Runaway sebagai asisten junior editor majalah fashion dan mode tersebut yaitu Miranda Priestly.

Andy yang masih minim pengetahuan mengenai dunia fashion kerap dicemooh rekan kerja, belum lagi tekanan berat dari atasannya Miranda yang terkenal killer dan sering memberikan pekerjaan yang mustahil, membuat hubungannya dengan sang kekasih menjadi renggang. Namun dengan kerja keras yang terus dilakukannya, Andy berhasil mendapatkan kesempatan untuk jenjang karir yang lebih tinggi.

Film ini mengajarkan kita untuk tidak menyerah pada keadaan, meski harus berdiri sendiri tanpa dukungan, sang tokoh utama tetap berusaha meraih mimpinya.

3. Sokola Rimba (2013)

Film ini mengisahkan Butet Manurung (Prisia Nasution) yang telah menemukan hidup yang diinginkannya, dengan mengajarkan baca tulis dan menghitung kepada anak-anak masyarakat suku anak dalam, yang dikenal sebagai Orang Rimba, yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas.

Perjuangannya tak hanya sebatas memberikan pendidikan baca tulis pada anak rimba agar melek huruf dan bisa berhitung. Dia juga menyelenggarakan pendidikan yang membuat Orang Rimba bisa “bersuara” dan memberdayakan diri.

Film ini menunjukan perjuangan Butet sebagai seorang wanita yang meninggalkan pekerjaannya di lembaga konservasi demi menjalankan cita-cita mulianya untuk memberikan pendidikan pada orang rimba. 

4. JOY (2015)

Pada tahun 1990, Joy Mangano, seorang agen pemesanan maskapai yang tinggal di Peconic, New York, berjuang untuk memperbaiki keadaan finansial keluarganya yang rumit setelah perceraiannya dengan sang suami.

Dengan dukungan para sahabat, Joy mendesain dan membuat ulang pel yang inovatif. Setelah mendapat sponsor dan membuat iklan di tv, meski sempat mendapat masalah dengan hak paten dan produksi, Joy tetap berhasil menjual habis ribuan produk pel yang dibuatnya. 

5. Girlboss (2017)

Girlboss merupakan serial netflix yang menceritakan perjuangan Sophia Amoruso pendiri Nasty Gal yang sudah mengidap depresi dan Tourette’s syndrome sejak sekolah sehingga ia harus menjalani homeschooling. Perceraian orang tuanya membawa Sophia untuk hidup sendiri dan melakukan pekerjaan apapun demi menyambung hidup juga membayar asuransi kesehatannya. Namun ia kesulitan mencari pekerjaan karena kecanduan mengutil.

Ditengah tekanan tersebut Sophia mendirikan Nasty Gal, ide ini muncul saat ia bekerja di rumah keamanan kampus untuk Akademi Seni Universitas San Francisco. Awalnya, Sophia membuka toko online via eBay dengan nama Nasty Gal Vintage yang menjual baju bekas atau dikenal dengan thrift shop. Sebenarnya, Sophia merupakan seorang introvert. Namun, seiring berkembangnya bisnis yang ia jalankan, ia pun berusaha menyesuaikan diri untuk bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang. Termasuk saat harus tampil berbicara di depan publik.

Baca Juga: 4 Aktivitas Simpel Ini Membuat Kita Makin Mencintai Diri Sendiri

Itu adalah beberapa rekomendasi film mengenai wanita yang berusaha menggapai impiannya urbanesse. Terbukti bahwa apapun impian dan cita-citamu, selama kamu mau bekerja keras, dan konsisten hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu