Jadi, Kapan Waktu yang Tepat untuk Menikah?

Cinta & Relasi

Urbanwomen – 

Oleh: Novi Kosalina, M.Psi., Psikolog.

Psikolog PERHATI

Sisters, menikah di usia muda biasa diasumsikan menghadapi tantangan yang lebih besar dikarenakan finansial yang belum stabil, belum ada kepastian tentang karir masa depan, risiko mendapat tekanan dari keluarga, teman, tempat kerja, atau sekolah, perkembangan otak yang belum berkembang optimal dan kurang berpengalaman dalam menghadapi tantangan hubungan berpasangan. 

Selain itu, wanita di usia muda cenderung belum mampu untuk menghadapi berbagai tanggung jawab baru, proses kehamilan, belum ada pengetahuan tentang kesehatan maternal berisiko mengalami masalah kesehatan fisiologis dan psikologis, yang dapat menyebabkan meningkatkan risiko kesehatan mental, seperti depresi. Lalu kapankah waktu yang tepat untuk menikah?

Usia yang Tepat untuk Menikah

Berdasarkan hasil survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2020, sebanyak 48.59% perempuan Indonesia menikah pertama di usia 19-24 tahun. 

Tidak ada patokan khusus usia yang pas untuk menikah. Namun dari tren statistik menunjukkan risiko bercerai menurun jika menikah di usia yang lebih dewasa. Hal ini disebabkan karena pasangan dewasa biasanya lebih matang secara emosional, memiliki finansial yang lebih stabil, pengenalan diri dan tujuan hidup yang lebih jelas, dan memiliki waktu berhubungan yang cukup untuk mengetahui apa yang diinginkan.

Sedangkan pasangan yang menikah pada usia lebih muda, terutama karena tekanan sosial atau keluarga, atau pandangan bahwa sudah waktunya untuk memegang peran sosial baru berisiko menghadapi tantangan yang lebih besar karena tambahan tanggung jawab membangun keluarga baru. Pasangan ini akan lebih banyak menghadapi tantangan untuk mencapai tujuan pendidikan atau karir, yang menjadi salah satu tugas perkembangan dewasa muda.

Waktu yang tepat untuk menikah bersifat personal untuk setiap pasangan dan kepuasan pernikahan dipengaruhi oleh banyak faktor. Usia hanya satu dari banyak faktor tersebut.

Jangan Buru-buru Memutuskan Menikah

Keputusan untuk menikah seharusnya bersifat reflektif dan tidak buru-buru. Masing-masing pihak perlu mengambil waktu sebanyak mungkin untuk memastikan bahwa mereka siap untuk membuat komitmen jangka panjang.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dimiliki calon pasangan sebelum menikah. Namun ini sebenarnya adalah PR seumur hidup yang tidak perlu dimiliki saat ini juga sebagai syarat menuju pernikahan, tapi terus ditumbuhkan selama pernikahan berlangsung.

  1. Kualitas yang diperlukan untuk dapat hidup bersama dengan saling menghargai, tenang, dan rasa cinta adalah: kesabaran, ketekunan, komitmen, kesetiaan, tanggung jawab, keberanian, kejujuran, pengampunan, dan goodwill
  2. Kemampuan dalam komunikasi secara efektif, seperti bicara dengan respek dan mendengar tanpa reaktif. Selain itu juga perlu memiliki kemampuan untuk bekerja sama dan berpartisipasi aktif, menegosiasikan keinginan pribadi, menentukan batasan, manajemen konflik, dan jujur secara emosional, serta sering mengekspresikan rasa terima kasih dan syukur terhadap pasangan.

Baca Juga: Meski Mendapat Dukungan dari Orang Tua, Menikah Muda Tak Semudah yang Dibayangkan

Beberapa hal yang bisa didiskusikan dengan calon pasangan untuk saling mengetahui pandangan dan value masing-masing:

  1. Anak, misalnya jumlah anak, pengasuhan anak, bagaimana jika tidak dapat memiliki anak.
  2. Keluarga besar, pengaturan berkunjung atau pengasuhan orang tua.
  3. Pekerjaan, misalnya mengejar karir atau pengaturan waktu kerja.
  4. Uang, misalnya pengaturan keuangan atau kontribusi dalam pengeluaran dan tabungan.
  5. Persahabatan, misalnya pandangan tentang pertemanan dengan lawan jenis atau menghabiskan waktu dengan teman.
  6. Seksual, misalnya tentang hasrat yang mungkin berbeda, bagaimana cara mengatasinya atau menyiasatinya.
  7. Waktu bersama dan sendiri
  8. Privacy
  9. Cinta, misalnya mengetahui bahasa cinta masing-masing.

 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu