cara menghargai diri sendiri

Jadilah Lebih Bahagia dengan Cara menghargai Diri Sendiri

Blog

Urbanwomen –¬†Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk membuat hidup lebih bahagia adalah berdamai dengan diri sendiri dan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Percayalah, menerima dan mencintai diri sendiri akan membuat hidup lebih damai dan nyaman. Karena jika melihat apa yang dimiliki orang lain tentu tidak akan ada habisnya, karena setiap orang diciptakan dengan keistimewaan masing-masing. Kamu pasti ingin bahagia kan? Inilah cara simpel yang bisa dilakukan untuk menghargai diri sendiri yang pasti tidak akan rugi jika kamu lakuin.

1.Ketahui batas yang kamu miliki

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengenal lebih dalam dirimu. Dengan mengetahui batas kemampuan yang kamu miliki baik fisik maupun emosi tentu akan membuat kamu lebih mudah dalam menghindarinya. Ketika kamu sudah bisa mengetahui batas kemampuan yang kamu miliki, kamu tidak akan repot-repot untuk memikirkan atau bahkan memberikan respons apa terkait hal yang dilakukan oleh orang lain terhadapmu. Yang terkadang hal-hal tersebut sangat mengganggu dirimu. Bukankah memang seharusnya kamu yang paling mengerti dirimu?

2.Apa masalah yang ada pada dirimu sebenarnya?

Penting banget untuk kita semua dalam memahami masalah apa yang sebenarnya mengganggu dan terjadi di diri kita sendiri. Ketika kita menganggap semua baik-baik saja dan mengabaikan masalah yang benar-benar terjadi pada diri kita hanya akan memberikan ketenangan sesaat. Karena bukan tidak mungkin masalah tersebut akan kembali muncul dan akan sangat mengganggu kita lagi. Hal yang terbaik adalah menyelesaikan masalah yang terjadi dengan cepat. percayalah problem solving tidak akan sia-sia.

3.Tidak baik memaksakan diri menyelesaikan segalanya

Dalam mencintai diri sendiri bukan berarti kamu harus melakukan segalanya sendiri. Sebagai manusia tentu semua memiliki batas kemampuan. Bila kamu merasa memiliki masalah dan tidak sepenuhnya bisa diselesaikan sendiri, jangan segan untuk meminta bantuan kepada orang lain. Sebisa mungkin orang tersebut adalah orang yang kamu percaya.

4.Menerima orang lain tanpa tapi

Poin yang satu ini dimaksudkan agar kamu tidak kehilangan dirimu sendiri dalam segala hubungan. Baik hubungan keluarga, pertemanan, sampai percintaan. kamu harus bisa menerima orang lain dengan apa adanya mereka. Jika memang tidak baik kamu harus menerimanya, walaupun orang tersebut mungkin adalah orang yang sangat kamu cintai. Bukankah hubungan yang sehat adalah ketika kamu tetap bisa mempertahankan bagaimana dirimu?

5.Kamu sangat berarti

Kamu harus tahu bahwa setiap manusia diciptakan dengan kelebihannya masing-masing. Jangan kamu jatuhkan dirimu karena sesuatu yang tidak dapat kamu lakukan dengan baik. Ingat dan apresiasikan kemampuanmu yang luar biasa, belum tentu dimiliki orang lain.

6.Maafkan kesalahan yang telah kamu lakukan

Setiap orang memiliki perjalanan yang berbeda. Tidak terkecuali kamu, jika kamu masih saja resah dan mengungkit kesalahan – kesalahan yang telah kamu lakukan sebelumnya lebih baik mulai sekarang kamu menerimanya. Dan terus berusaha untuk jadi dirimu yang lebih baik di setiap harinya.

7.Lakukan semua untuk dirimu terlebih dahulu

Cobalah untuk mulai sadar, apakah yang selama ini kita lakukan berasal dari diri kita atua bukan. Sebab kebahagiaan yang sesungguhnya adalah ketika kamu sukses melakukan segala hal karena kemauanmu sendiri. Jadi boleh turutin kemauan orang lain, asal keinginanmu tidak terkubur ya.

Baca Juga: Sebetulnya Hidupmu Sudah Bahagia, Bersyukurlah!

Ada banyak hal yang bisa membuatmu bahagia. Yuk lakukan untuk lebih mencintai diri sendiri. Jadilah diri sendiri dan yakin bahwa kamu juga memiliki potensi yang bisa dikembangkan untuk hidupmu yang lebih baik. Semoga hal positif di atas bisa membuatmu lebih bahagia.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu