Jangan Lupa Pulihkan Dompet Pasca Lebaran

Blog

Urbanwomen – Menjelang Ramadan dan lebaran akan ada pengeluaran ekstra. Termasuk biaya membeli baju baru, kue kering, parcel hingga angpau. Tapi kamu tak perlu takut dengan pengeluaran ekstra tersebut, setiap orang pasti melewatinya kok. Hal yang perlu kamu lakukan sekarang adalah memikirkan bagaimana cara memulihkan keuangan setelah lebaran usai. Jika kamu menyusun strategi keuangannya mulai dari sekarang, maka nantinya kamu akan lebih tenang ketika mengeluarkan banyak biaya saat dibutuhkan, Setelah lebaran, kamu akan kembali menjalani hidup seperti sedia kala. Arus keuangan pun harus segera dibenahi agar kondisi keuangan kamu bisa kembali sehat. Bagaimana caranya? Yuk simak tipsnya berikut ini.

1. Evaluasi keuangan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan keuangan pasca lebaran adalah mengevaluasi catatan keuangan. Oleh karena itu, penting sekali untuk mencatat biaya pengeluaran yang dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan saat puasa dan juga lebaran. Tujuannya agar memudahkan kamu ketika akan melakukan evaluasi seperti ini, dengan evaluasi pula kamu akan mengetahui berapa biaya yang kamu keluarkan, termasuk biaya konsumtif yang tidak kamu sadari. Serta, berapa jumlah biaya atas kartu kredit yang kamu keluarkan.

2. Mencari dana tambahan

Saat kamu menyadari bahwa ada banyak utang karena pengeluaran ekstra pada bulan Ramadan hingga lebaran, dan kamu harus bersiap-siap untuk melunasinya pasca lebaran. Maka usahakan untuk selalu mencatat, dengan siapa kamu berhutang dan berapa jumlah hutangnya. Satu-satunya solusi adalah mencari dana tambahan untuk menutupi hutang tersebut, yakni dengan cara mencari pekerjaan sampingan atau menjual barang-barang preloved milikmu.

3. Fokus melunasi hutang

Sekali lagi, untuk memulihkan keuangan pasca lebaran, tetaplah fokus untuk melunasi hutang terlebih dahulu. Kamu tidak perlu memikirkan keborosan lainnya selain melunasi hutang. semakin fokus membayar hutang, maka semakin cepat hutang terlunasi dengan baik. Dengan begitu, semakin cepat pula kamu beralih untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Idealnya, lunasi dahulu utang yang memiliki bunga paling besar, baru kemudian melunasi sisa hutang lainnya satu persatu secara perlahan. Tapi, apabila kamu memiliki utang lebih dari 3 kartu kredit, lebih baik pembayarannya difokuskan pada saldo utang terkecil.

4. Nabung lebih banyak

Tips terakhir untuk memulihkan keuangan pasca lebaran yaitu dengan menabung. Klise memang, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa menabung bisa membuat uang kamu bertambah banyak, Tanpa disadari kegiatan menabung yang rutin dilakukan akan berdampak pada kondisi keuangan seseorang. Yah, untuk mengembalikan keadaan keuangan seperti semula, menabung adalah salah satu solusi terbaik yang bisa kamu lakukan. Hasil tabungan yang kamu kumpulkan bisa kamu gunakan untuk memenuhi keperluan yang sempat tertunda, tapi bukan berarti kamu harus kembali bersikap konsumtif yah.

Baca Juga: Tetap Bahagia Meski Tidak Bisa Mudik di hari Libur Lebaran

Yuk, pulihkan keuangan kamu pasca lebaran nanti dengan cara yang tepat seperti di atas. Siapkan mulai dari sekarang agar keuangan tidak berantakan. Jangan lupa untuk selalu perhitungkan matang-matang kebutuhan yang akan kamu keluarkan di hari menjelang lebaran. Semoga informasi ini bermanfaat yah urbanese.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu