Memilh-teman-curhat

Jangan Sembarangan Curhat : Tips Memilih Tempat Curhat yang Tepat

Cinta & Relasi

Urbanwomen – Sister, biasanya saat ada masalah yang mengganjal kita pasti membutuhkan sosok untuk mencurahkan isi hati atau biasa disebut curhat. Tapi jangan sampai sembarangan pilih teman curhat loh, karena usai curhat bukannya beban di hati menjadi berkurang atau hilang, justru membuat permasalahan yang ada menjadi semakin runyam. 

Seperti yang disampaikan psikolog dari TigaGenerasi, Saskhya Aulia Prima, yang mengingatkan agar para wanita yang sedang merasa cemas jangan sampai salah pilih tempat untuk mencurahkan hati. Salah-salah malah bisa membuat lebih cemas dan panik.

“Temukan support group. Cari yang tepat dan bisa membantu, bukan yang malah bikin pusing,”

Untuk itu, minsis punya beberapa tips memilih teman curhat yang tepat untuk berbagi cerita,

1. Kenali Siapa yang Bisa Dipercaya dan Cocok

Pilihlah teman curhat yang bisa kamu percaya dan menghormati privasi kamu. Kamu mungkin punya banyak teman dekat, tapi ternyata gak semua teman dekat bisa jadi tempat curhat yang memiliki kemampuan mendengarkan. Karena itu, kenali dulu siapa di antara mereka yang bisa kamu percaya untuk menumpahkan isi hati dan pikiran agar saat curhat kamu ngerasa nyaman dan aman.

Menurut psikolog dari TigaGenerasi, Saskhya Aulia Prima. Mencari teman curhat atau group support yang tepat itu lebih kepada mencari yang cocok dan membuat nyaman. Misalnya, ada orang yang memang suka dengan gaya curhat yang dramatis. Jika salah pilih tempat curhat ke orang yang terlalu realistis, bisa-bisa malah bikin baper atau bahkan terpuruk.

2. Pendengar yang Baik

Saat hendak mencurahkan isi hati, sebaiknya pilih tempat curhat yang bisa mendengarkan dengan baik. Karena terkadang saat bercerita bukan berarti kita ingin mendengar pendapat orang lain, atau justru dibanding-bandingan dengan masalah yang dimilikinya. Yang berujung jadi adu nasib, alias berlomba-lomba siapa yang punya masalah paling berat.

Untuk memberikan pendapat atau saran, kita perlu melihat situasi dan kondisi terlebih dulu. Ada kalanya perlu berbicara, ada kalanya hanya mendengarkan. Karena itu kita perlu memilih teman curhat yang mau mendengarkan dengan baik.

3. Seseorang yang Pernah Mengalami Hal yang Sama

Akan lebih baik lagi jika mencurahkan isi hati kepada orang yang sudah mengalami masalah yang sama atau orang-orang yang sudah diketahui pasti kompetensinya. Misalnya, untuk curhat masalah hubungan dengan pasangan, maka tentukan satu nama yang dianggap tepat untuk memberikan masukan tentang masalah hubungan asmara. Jika memiliki kekhawatiran tentang karir atau pekerjaan, maka bisa tentukan satu nama yang dianggap bisa memberi informasi paling tepat mengenai karir.

4. Tidak Suka Menghakimi dan Menjadi Provokator

Hindari untuk memilih teman curhat yang suka menghakimi, provokatif dan emosional. Teman yang seperti itu tak bisa jadi teman curhat yang baik. Karena bukannya mendengarkan cerita kamu , dia bisa jadi malah memprovokasi dan memberikan solusi yang emosional. Belum lagi orang yang suka menghakimi bisa saja membuat kondisi mentalmu memburuk karena pendapatnya yang menghakimi ceritamu, yang bahkan mungkin belum selesai diceritakan.

5. Menggunakan Jasa Profesional Jika Dibutuhkan/b>

Jika kamu merasa tidak bisa menceritakan masalahmu pada orang terdekat karena khawatir tidak mendapat solusi yang tepat, kamu bisa memilih jasa profesional seperti psikolog sebagai tempat curhat jika dibutuhkan. Jangan melakukan self diagnosis, karena saat ini sudah terdapat banyak konsultasi dengan psikolog secara online mulai dari yang berbayar hingga tanpa biaya atau gratis. 

Untuk konseling psikolog secara online dan gratis kamu bisa kunjungi instagram @_bebrbagicerita.id mereka mengadakan konseling psikolog gratis 2 kali perbulan, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu dan memilih tanggal konselingnya. 

Baca Juga: Mengenali Potensi Perilaku Kasar di Dekat Kita

Atau kamu juga bisa mendatangi Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat untuk mendapat layanan konseling psikolog atau psikiater, dan layanan kesehatan mental tersebut bisa di cover dengan BPJS kesehatan loh. Untuk mengetahui daftar Puskesmas atau Rumah Sakit yang menyediakan layanan kesehatan mental kamu bisa kunjungi link berikut ya, 

https://www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri/daftar-penyedia-layanan-kesehatan-mental/

Jadi itu adalah beberapa tips dari minsis untuk memilih tempat curhat yang tepat agar rahasiamu aman dan perasaanmu membaik. Kriteria yang sudah disebutkan tidak harus berasal dari satu orang saja kok sister, kamu bisa memilih tempat curhat sesuai masalah yang sedang kamu hadapi atau solusi yang kamu inginkan termasuk menggunakan jasa profesional psikolog atau psikiater.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu