Jurus Ampuh Agar Pengeluaran untuk Persiapan Lebaran Tidak Membengkak

Blog

Urbanwomen – Lebaran pastinya akan disambut dengan sukacita oleh semua yang merayakan. Dengan berbagai persiapan yang dilakukan mulai dari membeli baju baru, membuat kue khas lebaran hingga mendekorasi rumah agar terlihat lebih cantik, meski hal ini akan menguras kantong. Namun, bukan berarti anda benar-benar membatasi pengeluaran yang semestinya harus dikeluarkan yah. Nah, beberapa cara di bawah ini bisa anda lakukan agar pengeluaran untuk persiapan lebaran tidak membengkak dan justru membuat anda kesulitan ekonomi setelah hari raya berlalu. Pastinya anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Yuk simak apa saja langkah-langkah yang harus diperhatikan.

1. Jangan berlebihan saat belanja pakaian dan waspada diskon

Jangan berlebihan saat belanja pakaian dan waspada diskon

Meski pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah selama lebaran, namun urusan baju baru untuk lebaran selama ini dianggap sebagai kebutuhan dasar yang wajib ada ketika lebaran. Sehingga banyak orang yang cenderung berbelanja secara royal meski sebenarnya tidak terlalu membutuhkan. Jadi, saat belanja pakaian sebaiknya pastikan yang anda beli akan dipakai, bukan hanya karena lapar mata. Kemudian, waspada dengan diskon, baik di online shop atau pun di mal-mal. Sering kali diskon dapat memicu keinginan untuk membeli yang tidak anda butuhkan, yang membuat anda mengeluarkan uang berlebihan hanya karena murah.

2. Bijak saat belanja bahan makanan dan kue

Bijak saat belanja bahan makanan dan kue

Hindari belanja saat sudah dekat lebaran karena harga bahan-bahan makanan akan meningkat. Satu dua minggu sebelum lebaran adalah waktu yang tepat untuk berbelanja, kecuali untuk bahan-bahan yang mudah busuk. Untuk kue pastikan anda membeli dengan waktu kedarluawanya tidak terlalu dekat agar masih bisa dinikmati dalam waktu lama, Jika punya waktu, tidak salahnya anda membuat kue lebaran sendiri di rumah.

3. Dekorasi rumah hanya yang perlu

Dekorasi rumah hanya yang perlu

Rumah merupakan bagian terpenting ketika lebaran tiba, namun bukan berarti kita harus mendekorasinya secara berlebihan. Coba pikir ulang, apakah anda memang sudah perlu mengecat ulang rumah karena warnanya sudah pudar atau hanya ingin? Nah, terapkan pola pikir tersebut sebelum anda kebablasan melakukan hal yang tidak perlu saat mendekorasi rumah agar pengeluaran untuk persiapan lebaran tidak semakin membengkak.

Baca Juga: Jangan Lupa Pulihkan Dompet Pasca Lebaran

Nah, itulah beberapa jurus ampuh dalam mempersiapkan pengeluaran untuk lebaran. Jangan sampai salah perhitungan, yang bisa mengakibatkan anda harus mengambil jatah tabungan dan THR, bisa-bisa anda akan kesulitan keuangan setelah lebaran nanti. Pastikan semua sudah diperhitungkan sehingga semua kebutuhan bisa dibeli dan dinikmati secara bijak.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu