Thrifting

Kalau Bisa Beli Second Kenapa Harus Beli Baru?

Gaya Hidup

Urbanwomen – Belakangan ini marak trend berburu barang-barang bekas pakai atau istilah kerennya thrifthing. Orang-orang pun tidak gengsi lagi memberitahukan bahwa barang-barang yang ia pakai adalah barang bekas. Dari asal kalimatnya yaitu thrift artinya adalah barang bekas dalam kondisi masih layak pakai, sedangkan thrifthing berarti aktivitas untuk mencari dan membeli barang-barang bekas, mulai dari pakaian, sepatu, furniture dan banyak lagi. 

Aktivitas thrifthing semakin banyak peminatnya karena kita bisa mendapatkan barang dengan kualitas yang baik dengan harga yang lebih terjangkau. Belanja jadi lebih hemat deh, sister! Bahkan lebih jauh lagi, aktivitas ini juga bisa membantu mengurangi limbah di bumi. 

Wah bagaimana bisa?

Yes! Karena ketika kita memilih membeli barang bekas dibanding yang baru, kita bisa memperpanjang masa pakai barang tersebut alih-alih dibuang begitu saja. Jika mengaitkannya dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pemanfaatan barang bekas dikategorikan sebagai reuse dan recycle 

Tapi tunggu dulu, jangan sembarangan melakukan membeli barang second, sister! Yuk baca dulu tips and trick dalam melakukan thrifthing

1. Pastikan kita memang membutuhkan barang tersebut

Meski cenderung lebih murah, jangan sampai kita kebablasan belanja barang-barang yang sebetulnya tidak kita butuhkan. 

2. Teliti sebelum membeli

Membeli barang bekas punya tantangan tersendiri yaitu kita harus lebih teliti tentang kondisi barang terutama jika membeli barang secara online. Perhatikan apakah ada kerusakan seperti noda atau robek dan sejauh apa itu bisa diperbaiki. 

Baca Juga: Tindakan Kecil Namun Berharga Yang Kulakukan Untuk Bumi

3. Bandingkan harga

Harga barang bekas bervariasi tergantung dari merek maupun kondisi barangnya. Pastikan bahwa kita sudah membandingkan harga dari satu toko ke toko lain hingga barang yang kita dapatkan memang benar-benar best dealBelanja barang bekas alias thrifthing bisa menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan. Rasanya puas banget ketika berhasil mendapatkan barang yang bagus dengan harga yang terjangkau. Apakah sister pernah melakukan thrifthing?

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu