Menghargai Diri Sendiri Demi Self-Esteem

Kamu Harus Menghargai Diri Sendiri Demi Self-Esteem yang Baik

Blog

Urbanwomen. Setiap orang pastinya pernah merasakan rendah diri dan minder karena Self-Esteem atau harga diri yang tidak sehat. Meskipun kondisi tersebut terbilang normal, namun anda tetap perlu mengendalikannya agar tidak menjadi negatif. Menurut ilmu psikolog, Self-Esteem atau harga diri adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan rasa keberhargaan dan nilai personal seseorang, terhadap dirinya sendiri. Self-Esteem sendiri merujuk pada cara individu tersebut menghargai, mengapresiasi, dan menyukai diri sendiri.

Bagaimana cara menghargai diri sendiri agar memiliki Self-Esteem yang baik?

Memiliki Self-Esteem yang sehat, dengan cara menghargai diri sendiri, sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan kondisi harga diri yang sehat anda bisa menjadi lebih percaya diri dalam menjalani hidup. Selain itu, Self-Esteem yang baik juga meningkatkan kualitas hubungan dan membuat anda tidak takut dalam mengekspresikan pendapat. Lantas, bagaimana cara menghargai diri sendiri untuk Self-Esteem yang lebih sehat? Berikut ini tips yang bisa Urbanese lakukan.

Berbicara hal-hal positif terhadap diri sendiri (self-talk)

Jangan remehkan kekuatan dari self-talk. Baik yang positif maupun self-talk negatif, kegiatan ini memiliki pengaruh yang amat besar terhadap cara anda dalam menghargai diri sendiri, yang tentu juga berkorelasi terhadap kesehatan self-esteem. Untuk itu, mulailah dengan mengganti kata-kata negatif yang ada dipikiran anda, dengan kata lain yang derajat negatifnya lebih rendah. Misalnya, mengganti kata “sakit” dengan kata ‘tidak nyaman’.

Selain itu, anda juga bisa merubah pernyataan negatif yang terbesit di benak anda, dengan menambahkan kata tanya di depannya. Sebagai contoh, anda hendak mengatakan pernyataan negatif seperti “aku tidak mungkin diterima di perusahaan tersebut'”  tambahkan menjadi “Apa yang bisa kau persiapkan untuk diterima di perusahaan tersebut”. Hal-hal seperti ini lah yang bisa menjadi inspirasi wanita positif dalam pemikirannya dan sekaligus untuk Self-Esteem yang lebih baik.

Mencari tantangan dan hobi baru

Selain langkah di atas, hobi dan kegiatan positif dapat menjadi cara untuk menghargai diri sendiri, karena memberikan cara pandang baru terhadap diri sendiri. Selain itu, mencari hobi baru juga dapat membantu mengikis stres sehingga juga sangat baik untuk mental. Ada beberapa hobi positif yang bisa Urbanese contek, seperti menari, berkebun, menulis, hingga merawat hewan peliharaan. Anda juga disarankan untuk mendengarkan musik atau memainkan musik.

Menerapkan Self-care

Dalam hal ini self-care bukanlah kegiatan berfoya-foya. Kegiatan ini bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental, fisik dan emosional dengan hal-hal yang positif. Penerapan self-care yang baik dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, serta menjadi kunci untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

Beberapa self-care yang sangat mendasar untuk dilakukan sebagai cara menyayangi dan menghargai diri sendiri, yakni beristirahat dengan cukup, mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi serta berolahraga secara teratur. Anda juga bisa menerapkan kegiatan-kegiatan tambahan lain, yang mungkin terlihat sepele. Kegiatan self-care tersebut, misalnya dengan mandi secara teratur, keramas, bahkan memesan jasa pijat dan meni-pedi.

Menerima bahwa tidak ada yang sempurna

Biasanya impian dan target yang tidak tercapai berpotensi menjatuhkan harga diri atau Self-Esteem. Ada juga beberapa kondisi fisik yang sulit diubah. Misalnya bentuk hidung dan mata. Semua itu merupakan tanda, bahwa tidak ada hal yang sempurna. Menerima dan menyadari bahwa diri anda tidak sempurna dapat mengurangi risiko penurunan Self-Esteem. Sebab, anda menyadari adanya perbedaan target yang realistis dan yang tidak.

Baca Juga: Bersyukur Cara Terbaik, Menerima Kekurangan Dalam Diri

Perlu anda ketahui bahwa Self-Esteem atau cara pandang seseorang terhadap diri sendiri dapat mengalami perubahan. Baik ke arah positif, maupun negatif. Oleh karena itu, anda perlu mengendalikannya agar Self-Esteem senantiasa positif. Nah, langkah – langkah di atas juga bisa menjadi inspirasi wanita positif dalam menghargai diri sendiri untuk Self-Esteem yang lebih sehat. Sehingga hidupmu akan diliputi dengan hal-hal positif.Jika sudah demikian kebahagiaan pun akan selalu mengikuti. 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu