Kegiatan Sederhana yang Wajib Dilakukan Meski #DiRumahAja

Blog

Urbanwomen. Apa yang sering Urbanese lakukan saat waktu luang lebih banyak di rumah? Mungkin dulu hanya saat hari libur saja beraktivitas di rumah. Namun, kini demi mengurangi penyebaran pandemi virus corona atau covid-19 kita dianjurkan untuk tetap #dirumahaja. Bosan? Sudah pasti, tapi hal ini demi diri kita dan orang lain. Mungkin saat ini anda hanya di kamar saja seharian, tetapi bukan berarti bisa bermalas-malasan dan membiarkan suasana rumah berantakan. Tapi sebaliknya, anda harus tetap melakukan rutinitas-rutinitas ini setiap hari. Selain memberikan inspirasi positif pada pikiran, berbagai aktivitas ini juga turut mendukung kesehatan anda.

 

 Baca Juga: Tetap Fokus dan Produktif! Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat  Work From Home

 

 

1.Lakukan meditasi ringan di rumah

Lakukan meditasi ringan di rumah

Rutinitas sederhana ini penting banget untuk Urbanese yang selalu cemas. Yah, setelah bangun di pagi hari cobalah untuk bermeditasi sejenak. Anda bisa melakukannya di tempat tidur atau di beranda rumah. Tak perlu lama-lama jika anda tidak terbiasa, 5 – 10 menit saja sudah cukup. Coba tenangkan pikiran dan hirup napas dalam dalam berulang kali. Jika anda rutin melakukan aktivitas ini tentu saja pikiran akan lebih tenang dan sehingga energi positif pun senantiasa mengikuti.

 

2.Merapikan kamar  tidur

Merapikan kamar  tidur

Rutinitas sederhana berikutnya adalah merapikan tempat tidur, meski sederhana namun aktivitas ini dapat mempengaruhi kebahagiaan anda. Hal ini merupakan kebiasaan yang menjadi kunci untuk kebiasaan lainnya. Bahkan berdasarkan penelitian, kebiasaan ini akan membantu kebiasaan lain untuk berkembang dan menciptakan struktur kebiasaan sehari-hari yang positif. Seberapa sering Urbanese merapikan tempat tidur? Mulai sekarang lebih rutin yah.

 

3.Mandi pagi

Mandi pagi

Jika di rumah saja rasanya memang malas untuk mandi di pagi hari. Toh, juga tidak ke mana mana, begitulah pikiran kita. Namun, menurut studi, mandi di pagi hari dapat menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stress dan bisa membuat tubuh serta pikiran menjadi lebih segar dalam seketika. Jadi, tentu saja hal ini akan mendukung anda dalam memulai aktivitas, misalnya bekerja dari rumah, mengajarkan anak, memasak, atau aktivitas lainnya.

 

4.Membuat daftar hal-hal yang harus dikerjakan

Membuat daftar hal-hal yang harus dikerjakan

Meski hanya di rumah bukan berarti harus bermalas malasan. Sebaliknya anda bisa lebih rajin beraktivitas dengan cara membuat to-do-list apa saja yang akan dikerjakan hari itu. Meski mungkin hanya mencuci pakaian, memasak, menelepon pacar, atau memasak. Ini untuk menjaga hidup anda tetap tar arah dan tidak tergoda untuk melakukan hal lain seperti rebahan seharian atau  menonton serial favorit.

 

5.Membersihkan dapur

Membersihkan dapur

Sering kali lelah setelah memasak membuat kita jadi malas untuk membersihkan dapur. Padahal tanpa disadari tumpukan piring kotor dan berantakan dapat memicu rasa tak nyaman, bahkan stress. Oleh sebab itu, meski anda tidak suka melakukannya, buatlah jadwal rutin untuk membersihkan dapur, misalnya di pagi dan sore hari. Lebih baik lagi jika anda langsung membersihkan dapur setelah selesai memasak. Sambil membersihkan dapur, putar lagu favorit anda agar pekerjaan ini tak terasa lama.

 

Baca Juga: Memperbaiki Pola Hidup Sehat Saat WFH

 

Banyak sekali rutinitas-rutinitas sederhana yang bisa kita lakukan di rumah. Namun, semua itu bukan semata-mata membuatmu harus bekerja keras yah. Urbanese juga harus memperhatikan kondisi tubuh, jika dirasa sudah lelah dan butuh istirahat sebaiknya beranjak istirahat. Jadi, cobalah imbangi rutinitas ini dengan hal positif agar senantiasa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Nah, selain aktivitas sederhana di atas, kira-kira apa lagi yah aktivitas yang simpel yang dapat dilakukan di rumah? Jangan lupa share di kolom komentar yah Urbanese.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu