Kenali Diri Sendiri Sebelum Mengembangkan Diri

Kenali Diri Sendiri Sebelum Mengembangkan Diri

Blog

Urbanwomen – Jika bicara tentang pengembangan diri,  beberapa orang masih merasakan kebingungan tentang apa yang harus dilakukan. Hal itu bisa terjadi salah satunya karena kita belum mengenal diri sendiri. Idealnya, perjalanan mengenali diri dan menemukan potensi dimulai sejak dini, Urbanesse. Namun tidak ada kata terlambat, buat kamu yang masih bingung mengenal diri sendiri agar bisa menemukan potensimu, beberapa cara ini bisa kamu lakukan:

1. Menulis jurnal harian

Kedengarannya memang sepele tapi ternyata menulis jurnal bisa membuat kita lebih mengenal diri sendiri, lho Urbanesse. Kamu bisa menulis secara rutin di pagi hari sebelum memulai hari atau di malam hari saat akan tidur. Tuliskanlah apa yang kamu rasakan saat itu, pemikiranmu hingga impian yang ingin kamu capai dalam hidup. Ketika kamu membaca catatan tersebut di kemudian hari, kamu akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai dirimu sendiri. 

>2. Tanyakan kepada orang sekitar<

Terkadang kita kesulitan untuk menilai diri sendiri sehingga butuh bantuan orang lain agar dapat melihat secara lebih obyektif. Cobalah tanyakan pendapat orang-orang di sekelilingmu mengenai persepsi mereka tentangmu. Adakalanya kita akan menemukan hal-hal menarik yang tidak terlihat oleh diri sendiri

3. Mencoba hal-hal baru

Ada yang bilang bahwa “kita tidak akan pernah tahu jika tidak pernah mencoba”. Seringkali kita justru bisa mengenal diri sendiri ketika kita sedang mencoba hal-hal baru dalam hidup. Saat mencobanya kita bisa mengetahui apakah kita benar-benar menyukai hal tersebut. Ketika mendapatkan tantangan dan hambatan, kita mendapatkan gambaran tentang kemampuan diri yang sebenarnya .

Baca Juga: Berbicara dengan Diri Sendiri Akan Membantumu Mengontrol Emosi

4. Temukan tujuan hidupmu

Menemukan tujuan hidup memang bukan hal mudah yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Bisa saja butuh bertahun-tahun untuk  menemukan sebuah tujuan hidup. Diagram yang dipopulerkan oleh blogger Marc Winn, diambil dari buku Andres Zuzunaga (2011) dan konsep Ikigai, saat ini banyak digunakan untuk merumuskan tujuan hidup. 

  • Apa yang kamu cinta untuk lakukan?
  • Apa yang dibutuhkan oleh dunia?
  • Apa bidang yang kamu kuasai?
  • Apa keterampilan yang membuatmu bisa dibayar?

Irisan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut mungkin mampu membantumu merumuskan tujuan hidupmu sekaligus mengenali dirimu. Selamat mencoba, Urbanesse!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu