Harus punya hobi

Kenapa Sih Kita Harus Punya Hobi ?

Inspirasi Hati

Urbanwomen – Sist bekerja, sekolah, keluarga, beribadah, dan melakukan kewajiban masyarakat lainnya yang sangat banyak, membuat kita hanya memiliki sedikit ruang untuk melakukan hal-hal yang kita sukai. Karena itu hobi adalah salah satu hal yang perlu kita miliki.

Hobi bisa membawa kita keluar dari kebiasaan sehari-hari dan memberi kita kesempatan untuk melakukan sesuatu yang kita sukai. Terlibat dalam hobi bisa menjadi salah satu pelarian stress, meningkatkan Kesehatan fisik, membantu kita mengasah keterampilan, dan bahkan memberikan kesempatan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Hobi adalah cara yang baik untuk melepaskan diri dari rutinitas harian yang monoton dan membosankan. 

Apa aja sih kelebihan dari memiliki hobi min ? yuk kita bahas!

  • Meningkatkan Percaya Diri

Rasanya menyenangkan untuk menjadi terampil dan pandai dalam sesuatu, bukan? Dan inilah yang membuat kamu percaya diri ketika memiliki hobi. Mungkin perlu beberapa waktu untuk mengembangkan hobimu sehingga Kamu dapat mengatakan bahwa kamu terampil. Tapi, perjalanan mendalami hobi kamu sendiri akan sangat bermanfaat. Apapun berbagai jenis aktivitas kamu akhir-akhir ini, tidak masalah aktivitas yang mana. Jika hobi kamu memberi kamu tujuan atau sebuah goals, maka kamu akan lebih percaya diri untuk menantang diri sendiri dan membantu kamu mempersiapkan diri untuk mempelajari hal-hal baru di tempat kerja.

  • Membantu Release Stress

Hobi memungkinkan kamu untuk mendorong kemampuan diri sambil tetap produktif secara mental. Memiliki hobi bisa meningkatkan kesehatan menjadi lebih baik dan dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Berdasarkan sebuah riset yang dipublikasikan dalam Annals of Behavioral Medicine yang meneliti 100 orang dewasa dengan kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan. Dalam tiga hari periset menemukan bahwa 34% orang yang melakukan kegiatan yang disukai, tidak merasa stres .Jadi menikmati beberapa jam dari hobi kamu dalam seminggu dapat mengurangi risiko depresi dan demensia. Hobi bisa memfokuskan kembali pikiranmu pada sesuatu yang kamu sukai. Hobi yang mencakup aktivitas fisik menciptakan perubahan dalam tubuh kamu yang membantu mengurangi stres. Meski tidak melibatkan aktivitas fisik, kamu tetap bisa mendapat manfaat dari memiliki hobi. 

  • Membantu Kamu Bersosialisasi

Hobi dapat memberikan kesempatan bagi kamu untuk bersosialisasi dengan orang lain dan itu bisa menjadi manfaat tambahan untuk kehidupan kamu secara keseluruhan. Kamu dapat terhubung dengan orang-orang yang memiliki hobi sama denganmu. Kamu dapat bertemu orang baru, mendiskusikan hobi kamu, dan terhubung ke circle yang lebih besar yang bahkan dapat membantumu mengubah hobi menjadi profesi. Dan kamu gak harus mencari komunitas offline, karena internet dan social media menyediakan banyak grup dan forum untuk terhubung dengan orang-orang yang senang melakukan hal yang sama sepertimu.

  • Meningkatkan Kreativitas 

Beberapa hobi membutuhkan kreativitas dan jika kamu mengembangkan kreativitas melalui hobi tersebut, itu bisa membawa manfaat. Kreativitas dapat membantumu mengalami hal-hal baru, karena keterampilan menjadi kreatif sangat penting di dunia saat ini. Hobi dapat membawa dampak positif pada kehidupan pribadi maupun profesional kamu. 

Baca Juga: Hobi Menabung Tanpa Sengaja

Lalu min bagaimana sih cara menemukan hobi baru yang bisa membawa dampak positif?

Cara terbaik untuk memiliki hobi baru adalah dengan mencoba sesuatu yang baru. Kita semua unik, dan inilah alasan mengapa hobi dan minat kita berbeda. Setelah kamu menemukan aktivitas yang kami sukai, kamu dapat mendalami aktivitas tersebut lebih lanjut. Saat kamu ketagihan, kamu akan menyadari bahwa hobi tersebut sudah menjadi bagian penting dalam hidupmu. 

Apa pun hobi yang kamu pilih sist, manfaatnya akan membawa pengaruh besar bagi hidupmu.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu