Keputusan Terbesar dalam Hidupku

Keputusan Terbesar dalam Hidupku

Inspirasi Hati

Belum lama ini aku menjalani pendekatan pada seseorang yang dijodohkan, pilihan sepupuku. Selama masa pendekatan orangnya cukup positif. Tampan, punya gelar, pekerjaan mapan, royal banget, pembicaraan cukup nyambung, dan mungkin dia tipikal laki-laki idaman. Selama masa pendekatan, dia seringkali membuka topik menarik yakni mengenai perencanaan. 

Kami saling menumpahkan pikiran dan kata hati masing-masing. Ya, aku suka membahas sesuatu yang penting untuk dijadikan pelajaran, tepatnya pemikirannya yang lebih dewasa.  Tak lama setelah kami berbincang cukup lama, dia meminta izin untuk meminangku. Aku  tidak terkejut saat itu, karena sebelumnya sepupuku sudah memperingatkan bahwa dia benar-benar membutuhkan teman hidup secepatnya. 

Aku pun memikirkannya matang-matang. Bukan atas tuntutan siapapun, karena pernikahan adalah salah satu hal terbesar dalam hidup yang mesti dipikirkan baik-baik, terutama soal kesiapan mental dan finansial. Cukup lama aku menyiapkan jawabannya, dan dianggapnya amat mengecewakan. Aku menolaknya. Aku masih ingin punya perjalanan panjang untuk mengeksplorasi banyak hal,  aku belum punya banyak persiapan tentang pernikahan, dan  aku belum siap menjadi mama muda. Keluargaku sebetulnya sangat mendukung, tapi tetap aku mau menjalani segala sesuatu atas dasar keinginan sendiri. Meski demikian, aku juga tetap membutuhkan masukan dari keluarga. Kubicarakan hal ini semua terlebih dahulu bersama keluarga besarku. Mereka tak masalah menghadapi keputusanku.  

Bagi perempuan lain dipinang barangkali urusan yang romantis. Tapi aku masih sangat muda, umurku baru saja masuk kepala 2. Aku juga punya banyak rencana yang harus kuwujudkan. Bagiku menikah itu bukan soal “hahahihi” bersama suami. Menikah butuh mental dan fisik yang kuat. Mentalku belum siap.  

Kini laki-laki itu sudah menemukan tambatan hatinya. Aku sangat senang mendengarnya. Pernikahan harus didasari oleh diri sendiri, bukan tuntutan siapapun.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu