ketemu jodoh

Ketemu Jodoh di Dating Apps, Emang Bisa?

Cinta & Relasi

Urbanwomen – Di era dengan teknologi yang sangat maju seperti sekarang tidak sulit menemukan semua kebutuhan kita hanya bermodalkan layanan internet dan gadget saja. Termasuk menemukan pasangan atau jodoh saat ini bisa dilakukan melalui aplikasi di smartphone kamu, apalagi pandemi yang menyebabkan berkurangnya interaksi kita dengan dunia nyata justru membuka akses untuk bertemu teman baru bahkan pasangan melalui dunia maya dengan adanya dating apps atau aplikasi kencan.

Sebelum membahas lebih jauh, yuk kenalan dulu sama dating apps. Apa sih dating apps itu?

Dating apps atau aplikasi kencan online adalah platform yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan teman ngobrol, pasangan, atau teman kencan dengan melihat identitas masing-masing dan berkenalan melalui fitur chat. Dengan mengunduhnya ke ponselmu, maka mereka akan menampilkan orang-orang dengan algoritma berdasarkan faktor usia, jenis kelamin pengguna, pasangan yang diinginkan, dan jarak yang akan ditempuh pengguna untuk bertemu satu sama lain. Banyak dating apps yang mengakses informasi dari platform media sosial seperti Facebook dan Instagram. Lebih dari sembilan puluh satu juta orang di seluruh dunia saat ini menggunakan satu atau lebih dating apps.

Terus gimana min cara kerja atau cara main dating apps ini?”

Hal pertama yang kamu perlu lakukan tentu mengunduh aplikasi kencan ke handphonemu, lakukan sign up kemudian lengkapi profil mu, foto, deskripsi diri, usia hingga preferensi kamu apakah kamu mencari pasangan atau hanya teman saja

Profilmu adalah “lab cinta” kamu

Kalau kamu sudah memiliki media sosial, kamu pasti tidak asing dengan persona online. Tapi untuk menggambarkan ‘diri kamu’ yang real dan unik agar bisa menarik calon pasangan akan terasa lebih sulit daripada persona yang biasa kamu tunjukan di Instagram atau Facebook. 

Profil adalah bagian terpenting dari pengalaman kencan online kamu, semacam lab cinta untuk hidup Kamu. Setelah melengkapi profil, kamu bisa mulai bermain dating apps. Biasanya beberapa dating apps menggunakan system swipe right bila tertarik dan swipe left kalau kamu tidak tertarik dengan foto dan profil yang ditunjukan.

“Rekomendasi dong min dating apps yang bisa digunakan kalau lagi cari pasangan atau teman”

Ini nih beberapa aplikasi kencan yang bisa kamu coba sis,

Tinder 

Kecuali jika kamu bersembunyi di dalam gua sejak 2012, kamu mungkin akrab dengan Tinder. Tinder adalah dating apps yang memberi banyak pilihan orang untuk ditemui karena kamu bisa melakukan pengaturan jarak orang yang bisa dijangkau akunmu berdasarkan GPS. Jika kamu menyukai seseorang, kamu dapat menggeser ke kanan untuk menunjukkan ketertarikan kamu. Setelah kamu dinyatakan match, Kamu dapat mulai mengirim pesan bolak-balik. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 430 juta kali sejak pertama kali diluncurkan. Di Indonesia sendiri menurut hasil survei Rakuten Insight pada September 2020 menunjukkan bahwa sebanyak 57,6% responden di Indonesia menggunakan Tinder.

Bumble

Kalau di Tinder, kedua belah pihak bisa mulai saling mengirimi chat setelah match. Berbeda dengan Bumble dimana perempuan harus melakukan langkah pertama atau ‘chat duluan’ setelah match. Mereka memiliki waktu 24 jam untuk mengirim pesan atau permainan akan berakhir. Pada Januari 2021, Bumble memiliki lebih dari 42 juta pengguna aktif bulanan. Aplikasi ini adalah untuk mereka yang percaya diri dan tidak memiliki masalah untuk memulai duluan.

Kalau kamu hanya ingin bertemu orang dan mencari teman baru di sekitar wilayahmu, Bumble juga memiliki opsi BFF. 

Setipe

 Mungkin gak banyak dari urbansis yang pernah mendengar atau mengetahui tentang aplikasi ini. Setipe adalah dating apps buatan lokal yang menawarkan dua layanan, pertama, adalah penjodohan sesuai dengan preferensi, demografi, kepribadian, kecocokan, dan sosio ekonomi. Layanan ini dapat diakses dengan gratis, tanpa dikenakan biaya apapun.

Baca Juga: Sering Kali Di Ghosting, Aku Memilih Berhenti Bermain Aplikasi Dating

Namun, SETIPE pun menghadirkan layanan khusus yaitu Setipe VIP yang bisa membuat kamu tak perlu repot-repot seperti layanan pertama. SETIPE menghadirkan layanan dating consultant, yang membantu seluruh proses matchmaking seperti verifikasi identitas, pematangan kriteria, mencarikan match, hingga penetapan waktu dan tempat untuk kencan. Jadi kamu tinggal hadir saja untuk kencan. Namun layanan ini berbayar.

Aplikasi apapun yang kamu gunakan, kamu tetap perlu berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak berakhir bertemu dengan orang yang tidak baik.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu