Kontrol Pendapatanmu Agar Bisa Menabung untuk Masa Depan

Kontrol Pendapatanmu Agar Bisa Menabung untuk Masa Depan

Inspirasi Hati

Urbanwomen – Saya Niken Putri Hapsari, gaji UMR lokal Bekasi. Dengan penghasilan per bulan sekitar 4 juta, dalam satu tahun saya bisa menabung kurang lebih sebanyak 18 juta. Saya juga bisa membayar kontrakan sekaligus mengirim uang kepada orangtua. Sulit dipercaya ya? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Pertama, belajarlah menyisihkan uang untuk menabung terlebih dulu. Setelah kena pajak dan lain-lain setiap bulan saya sisihkan gaji saya sebanyak 2 juta yang lantas saya masukkan dalam rekening tabungan.

Kedua, berbagi. Setelah menyisihkan uang ke tabungan, saya selalu menyisihkan sedikit untuk orangtua. Jumlahnya tak tentu, berkisar 700 ribu sampai 1 juta. 

Ketiga, keperluan. Setiap bulan saya harus membayar kontrakan dan listrik, waktu itu kurang lebih sebesar 500 ribu. Tapi karena patungan bersama teman saya tidak perlu keluar banyak uang, bayar listrik 20 ribu bisa sampai 2 bulan karena saya tidak punya barang elektronik selain handphone dan kipas angin. 

Keempat, mengenai kebutuhan sehari-hari. Dipakai untuk keperluan-keperluan di atas sisa uang saya tinggal 600 ribu. Cukupkah untuk makan dan kebutuhan lain saat itu? Cukup. Untuk makan setiap harinya anggap saja 10 ribu sekali makan: Sarapan 10 ribu, makan siang di tempat kerja, makan malam 10 ribu. Saya makan hemat di warteg dan masak nasi sendiri. Sehari, untuk makan 20 ribu dikali 30 hari, jadi 600.000

Bagaimana bisa?

Saya tidak suka mengeluarkan uang untuk hal yang tidak begitu penting. Jarang sekali nongkrong apalagi makan di kafe, jarang membeli baju atau sepatu jika saya rasa baju dan sepatu saya masih bagus dan layak. Menurut saya kebutuhan lebih penting daripada keinginan. Dari pengalaman, saya menyarankan untuk dahulukan kebutuhan daripada keinginan.

  1. Sisihkan uang tabungan dulu, barulah bisa memenuhi kebutuhanmu yang lain. Karena dengan begitu kita bisa membagi uang sesuai kebutuhan saja.  
  2. Sebaiknya tidak memenuhi kebutuhan terlebih dulu dan sisanya baru ditabung. Ini sering terjadi dan bisa menjadi salah satu penyebab sulit menabung. Jika tidak dibagi sesuai porsi, uang bakal tidak tersisa. Tanpa terlebih dulu mendata dan merinci kebutuhan bisa saja ini faktor utamanya. Misalnya demi memenuhi keinginan dan kebutuhan uang yang ada menjadi hanya tersisa 200 ribu yang lantas ditabung. 

Baca Juga: Menabung Perlu Dibarengi Pengelolaan Keuangan

Ingat, sisihkanlah uangmu terlebih dulu, sisanya untuk memenuhi keinginan. Yang tidak kalah penting, jangan kebanyakan gengsi hanya untuk memenuhi gaya hidup, rela utang sana-sini. Biasakan mengontrol keinginan agar keuangan lebih terkontrol. (*)

Sumber: Niken Putri Hapsari

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu