Lakukan 5 Langkah Ini Ketika Terjebak dalam Lingkungan Toxic

Lakukan 5 Langkah Ini Ketika Terjebak dalam Lingkungan Toxic

Blog

Urbanwomen – Sudah sepatutnya kita menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Bahkan terkadang untuk mencari orang-orang terdekat yang sejalan dengan pemikiran tidaklah mudah. Ada kalanya kamu akan dihadapkan dengan orang-orang yang bisa dibilang toxic dalam lingkungan kerja maupun kuliah. Bisa dibilang hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena, bagaimanapun toxic dalam lingkungan bisa menjadi benalu dalam hidup. 

Meskipun banyak cara untuk menghadapi orang-orang seperti itu agar kamu tidak terus-terusan makan hati. Namun, sebagai pribadi yang bijak kita perlu mengambil keputusan yang tepat. Karena semua hal yang ditakdirkan di dunia ini pasti ada manfaatnya, tak terkecuali lingkungan yang dipenuhi teman toxic.  Lantas bagaimana cara menghadapi masalah ketika terjebak dalam lingkungan toxic.? Berikut ini beberapa langkah yang mungkin bisa kamu lakukan sebagai solusi.

1.Introspeksi diri sendiri

Semua orang pasti setuju bahwa segala hal yang dilakukan di dunia ini pasti ada timbal baliknya. Jika saat ini kamu berada di lingkungan toxic, pasti ada beberapa sesuatu dari dirimu sendiri yang bisa mendorongmu masuk ke hal buruk tersebut. Mungkin saja saat ini sikapmu terlalu buruk di mata orang lain, sehingga karma telah menghukummu.

Maka dari itu, cobalah sesering mungkin untuk intropeksi diri agar kamu bisa lebih baik daripada sebelumnya. Jangan terburu-buru menyalahkan lingkunganmu yang buruk itu, lihatlah ke dalam dirimu sendiri apakah kamu memang benar seseorang yang baik atau tidak. Percayalah bahwa suatu saat kamu akan mengetahui hikmah dari semua ini.

2.Bersikap biasa-biasa saja

Terkadang hidup di dunia ini harus mengikuti arus yang mengalir. Ketika saat ini kamu berada di lingkungan pertemanan yang cukup toxic, bersabarlah sampai kamu benar-benar bisa keluar dari sana. Tahanlah segala ego dan amarah demi tercapainya tujuan hidup meskipun memiliki kolega yang tak sehat.

Suatu saat nanti hal itu pasti akan menjadi pelajaran terbesar di hidupmu dan sangat berguna jika kamu terjebak lagi di dalam hal yang sama. Bersikaplah seperti biasa ketika tak terjadi apa-apa dalam hidupmu. Kamu bisa memakai topengmu agar memudahkan segala urusanmu di sana untuk sementara waktu.

3.Mencari lingkungan baru untuk tempat berkeluh kesah

Di poin pertama telah disebutkan bahwa seorang manusia pasti membutuhkan teman untuk bisa bertahan hidup. Ketika lingkunganmu yang toxic itu tidak bisa diandalkan, cobalah untuk mencari lingkar pertemanan baru agar kamu bisa merasakan bagaimana persahabatan yang sesungguhnya. Ketika mencari circle yang baru, kamu akan merasakan bahwa beban yang selama ini dipendam sendiri bisa hilang seketika. Ingatlah bahwa tempat berbagi keluh kesah terbaik adalah seorang sahabat yang merelakan waktunya untuk mendengarkan serta memberi solusi terhadap semua masalahmu.

4.Jangan dijauhi, suatu saat kamu pasti akan butuh mereka

Meskipun terdengar cukup aneh karena kamu pasti berpikir jika terjebak dalam lingkungan toxic itu harus dihindari. Tetapi cobalah untuk berpikir realistis bahwa suatu saat pasti kamu akan butuh mereka. Dunia ini dipenuhi dengan misteri yang tak seorang pun akan tahu hidup mereka akan berakhir seperti apa. Oleh karena itu cobalah untuk tetap berteman dengan mereka selagi kamu sanggup untuk menerima segala resiko yang akan terjadi. Ingatlah bahwa semua hal yang telah ditakdirkan di dunia ini pasti ada hikmah tersendiri. Jangan dijauhi, cobalah untuk tetap bisa membaur dengan mereka. Percayalah bahwa hidup dengan memiliki banyak musuh itu tidak nyaman.

5.Coba buktikan bahwa kamu lebih baik dari mereka

Kamu harus tahu bahwa lingkungan toxic bukan hanya terdiri dari orang-orang yang berusaha untuk mengusik hidupmu, tetapi juga adalah mereka yang suka meremehkan segala kemampuanmu. Satu-satunya cara balas dendam paling bijak adalah dengan menunjukan bahwa dirimu seribu kali lebih hebat dari mereka.

Lakukan hal itu agar orang-orang yang semula meremehkanmu bisa mengagung-agungkan dirimu untuk dihormati. Lagi pula hal tersebut tidak membuang waktumu secara percuma karena yang kamu perjuangkan itu adalah salah satu dari mimpi-mimpimu.

 

Demikianlah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika terjebak dalam lingkungan toxic. Cobalah untuk melangkah dengan bijak agar tidak mempersulit dirimu di lain waktu. Karena pada hakikatnya itu semua adalah ujian untuk menjadikanmu lebih dewasa dan bijak sebagai manusia. Lingkungan hidup tentu dipenuhi warna-warni masalah, namun itu semua hanya sebuah proses untuk membentuk jati dirimu.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu