Memupuk Kepercayaan Diri agar Lebih Berkembang

Memupuk Kepercayaan Diri agar Lebih Berkembang

Inspirasi Hati

Urbanwomen – Umurku 23 tahun, pekerja kantor sebagai content writer. Aku lulusan SMK, sehingga banyak temanku berkomentar agak menyindir, bagaimana bisa aku jadi orang kantoran. Jarang orang bertanya tentang proses yang sudah kulalui sampai bisa menjadi penulis konten. 

Banyak sekali rintangan yang sudah kuhadapi, apalagi aku pernah minder melihat teman-teman yang sudah lulus kuliah. Pertama kali aku bekerja umurku 18 tahun. Ketika itu aku tidak melihat gaji, tempatku bekerja kuanggap sebagai kampus untuk belajar. Tentunya aku merasa kesulitan sekali dalam menulis. Sering juga kena teguran senior. Hal yang paling kuingat adalah kata-kata seniorku, “Lo pernah belajar bahasa Indonesia engga sih? Kenapa tulisan lo berantakan banget, yang harusnya dipisah kok digabung!” 

Apakah aku lantas resign? Tidak. Pertama, aku memperbaiki kesalahan. Aku terus berusaha menerima semua masukan dari senior, termasuk berkali-kali revisi, bahkan pernah hampir semua tulisanku dicoret. Sempat terpikir untuk mundur saja, siapa tahu aku memang tidak pantas bekerja di kantorku ini. Tapi aku sadar, ini adalah bagian dari proses untuk melangkah lebih maju. Aku terus berlatih. Sewaktu di rumah pun aku masih membuka e-mail untuk melihat hasil revisi tulisanku. Butuh sekitar setahun lebih agar aku bisa menulis dengan baik. Aku juga menyempatkan waktu untuk menulis buku harian tentang kegiatan-kegiatanku. 

Lama-kelamaan aku dipercaya menulis artikel untuk beberapa brand. Aku mulai belajar banyak hal, melihat contoh artikel yang dibuat oleh senior. Pendapatanku juga bertambah. Sampai akhirnya kuberanikan diri mencari kesempatan menjadi penulis parowaktu, meski honor yang kuterima sangat kecil. Kuanggap juga itu sebagai kesempatan latihan menulis. Sepulang kerja, kukerjakan pekerjaan sampingan itu. Tak jarang aku sampai bergadang, tidur malam hanya beberapa jam saja. 

Aku punya kebiasaan yang menurutku sangat membantu untuk mengasah kemampuan menulisku. Tiap pagi kubaca beberapa artikel tulisan seniorku dan aku selalu memberanikan diri untuk bertanya jika ada kesulitan. Soal pendapatan, benar apa kata orang:  Uang akan mengikuti jika kita bersungguh-sungguh mau menjadi pribadi yang lebih baik. Gajiku terus naik, begitu juga dengan pekerjaan sampinganku. Aku mendapat tawaran dengan gaji lebih besar di tempat freelance yang lain, yang menjadi tempat kerjaku sekarang.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Wanita Tidak Boleh Berhenti Mengembangkan Diri

Pengalaman itu sangat berharga bagiku. Andai saja ketika itu aku mundur, mungkin aku tidak bisa sampai di sini. Memang, terkadang kita harus memaksakan diri agar menjadi lebih baik. Aku setuju apa kata orang,  bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. Butuh proses yang tidak sebentar untuk mencapai sukses. 

Sumber: Ghea, nama disamarkan, 23 tahun, di Jakarta

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu