Mengatasi Kecemburuan dalam Lingkungan Keluarga yang Toxic

Mengatasi Kecemburuan dalam Lingkungan Keluarga yang Toxic

Blog

Urbanwomen – Keluarga merupakan hubungan ikatan yang erat hingga membuat kita terikat satu sama lain, namun beda halnya jika sebuah keluarga memiliki orang lain di dalamnya. Tak semua bisa diterima dengan mudah, tetapi semuanya harus dijalani dengan lapang dada. Kesulitan yang kamu hadapi untuk membaur satu sama lain membuang waktu yang percuma, sudah pasti jika kamu memang tak suka di awal akan ada yang mengganjal nantinya.

Perjalanan masih panjang untuk diperjuangkan, meski terkadang ingin menyerah namun harus tetap kuat dengan apapun yang terjadi. Semua belum usai, masih ada impian yang harus diwujudkan agar tak ada kisah kelam yang terulang kembali. Untuk itu jagalah dirimu sendiri dengan kemauanmu untuk berubah, dengan itu kamu akan belajar menerima tanpa harus berkeluh kesah. Adapun untuk mengatasi kecemburuan dalam lingkungan keluarga yang toxic, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini.

1.Membatasi interaksi yang tidak perlu

Kepribadian yang bertolak belakang menjadi salah satu faktor kamu cemburu dengan saudaramu sendiri, banyak sekali perbedaan sudut pandang yang tak bisa ia terima sering kali membuatmu risi. Untuk itu berilah jarak antara kamu dengan dirinya, meski tak harus setiap hari berkomunikasi kamu juga tetap harus menjaga tutur kata yang baik. Bagaimanapun dia adalah saudaramu, tunjukkan bahwa kamu lebih baik darinya lewat karakter dan sikap yang kamu lakukan.

2.Menjalani prinsip dengan kuat

Satu hal lain yang harus kamu lakukan agar mampu bertahan dalam lingkungan toxic adalah menjaga komitmen dalam diri agar tidak terpengaruh dengan apa yang orang lain katakan tentangmu, karena setiap orang pasti akan mencari celah untuk menjatuhkanmu bagaimana pun caranya. Tetapkan tekad mu dengan doa dan usaha yang menjadi jalan utama untuk mengubah dirimu menjadi seseorang yang berbeda, karena dirimu lebih baik dari yang kamu pikirkan.

3.Menghargai diri sendiri

Selanjutnya kamu juga jangan terlena dengan apa yang telah terjadi, dia berbuat baik hanya untuk mencari perhatianmu. Terkadang dia juga perlu bantuan darimu untuk membantunya, meski terlihat sepele jangan berbangga diri agar terlihat lebih percaya diri. Suatu saat dia akan menjadi saingan hidup yang membuatmu berjuang lebih keras lagi untuk membuktikan semua apa yang selama ini dia pendam kepadamu. Karena setiap orang butuh dukungan dengan apa yang ia lakukan, jalan yang kamu pilih saat ini akan menentukan hidupmu nantinya.

4.Quality time bersama teman

Sering kali permasalahan yang saudaramu lakukan membuat kamu penat, tuntutan orang tua juga menjadi salah satu faktor dirimu tak betah tinggal serumah. Jika sudah demikian, carilah waktu untuk mengistirahatkan mental dan tubuhmu, kamu juga butuh refreshing sejenak dalam menjalani pahitnya hidup. karena orang lain hanya dapat berbicara tentang sesuatu yang selalu menuntutmu menjadi yang terbaik di mata mereka, menangislah sejenak tak apa untuk meringankan beban yang ada. Karena perjalananmu butuh dirimu yang lebih kuat untuk menanggung semua beban yang ada.

5.Keluar dari zona nyaman dan mencari tempat yang lebih aman

Selalu tergantikan dan menjadi pelampiasan dalam rumah tangga tentu bukanlah hal yang dapat diremehkan, depresi dan beban mental yang kamu bawa akan mengubah karakter dan kehidupanmu selanjutnya. Jika dirimu tetap begini kemungkinan akan berdampak buruk kedepannya, carilah lingkungan dimana dirimu dapat diterima dan dihargai keberadaanya. Karena hal sepele dapat mengubah hidupmu dengan sesuatu yang tak kamu duga sebelumnya.

Baca Juga: Selamat Tinggal, Toxic Relationship!

Mengendalikan diri dari hal-hal yang tak ingin kamu lewati tentu sangat sulit untuk dijalani, perasaan bercampur aduk dan gelisah akan semuanya telah terjadi hingga dewasa. Biarkan itu semua berlalu, meski dirimu terluka saat ini. Suatu saat nanti kamu akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pada akhirnya keluar dari lingkungan keluarga yang toxic. dan memilih lingkungan baru yang lebih damai adalah keputusan yang tepat. Karena senyum kebahagiaanmu adalah langkah awal menuju hidup yang lebih baik.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu