Mengelola Keuangan yang Sehat Agar Masa Depan Selamat, Apakah Anda Sudah Siap?

Mengelola Keuangan yang Sehat Agar Masa Depan Selamat, Apakah Anda Sudah Siap?

Blog

Urbanwomen – Jika ada pertanyaan yang mengatakan “Apakah dengan memiliki penghasilan tinggi menjamin seseorang memiliki tabungan untuk keperluan mendatang?” Jawabannya bisa Iya, bisa tidak. Karena pola hidup yang konsumtif menjadi salah satu faktor penyebab seseorang memiliki manajemen keuangan yang buruk. Terkadang orang yang berpenghasilan sedang justru menabung dan dapat membuktikan bahwa dia bisa sukses secara finansial.

Apakah kita perlu berinvestasi?

Banyak faktor yang membuat manajemen keuangan anda buruk, salah satunya karena anda masih menutup mata tentang investasi. Menyisihkan sebagian gaji bulanan meski nominalnya tidak besar, merupakan pilihan yang tepat. Investasi yang dapat anda lakukan dapat berupa uang deposit, emas, asuransi pendidikan atau asuransi kesehatan. Faktor lain yang membuat membuat manajemen keuangan anda buruk adalah malas mengembangkan kemampuan diri, padahal persaingan tenaga kerja begitu ketat. Selain itu, melakukan pekerjaan sambilan sebenarnya dapat menjadi salah satu jawaban atas permasalahan pada manajemen keuangan anda. Dari bisnis sambilan anda bisa mengisi waktu luang, menghasilkan uang dan menambah keterampilan diri.

Bagaimana menyelamatkan masa depan dengan manajemen keuangan yang tepat

Dalam membuat manajemen keuangan yang baik memang diperlukan kedisiplinan dan keuletan karena musuh terbesar anda adalah sikap bermalas-masalan. Jika anda masih merasa bahwa sulit untuk melawan kemalasan dalam manajemen keuangan. Maka coba simak cara-cara berikut ini.

1.Pengelolaan keuangan yang benar

Anda tidak perlu menunggu berpenghasilan besar untuk dapat merasakan kondisi keuangan yang sehat. Cukup diperlukan kesadaran tinggi dalam mengatur keuangan sekaligus meminimalisir gaya hidup konsumtif. Sehingga dalam manajemen keuangan yang tepat, keuangan anda bisa lebih tertata dan dapat menyiapkan masa depan melalui investasi-investasi yang sudah anda persiapkan.

2.Pengelolaan keuangan yang sehat

Ketika anda selalu merasa uang selalu habis saat menerima berapapun, jangan terburu-buru menyalahkan gaji yang anda terima. Coba lakukan analisis, bisa jadi karena manajemen keuangan anda yang kurang sehat. Perhatikan dulu apakah pengeluaran anda selalu pada hal-hal yang kurang tepat? Jika ditemukan pengeluaran yang tidak normal, cobalah untuk memperbaikinya sehingga dapat memulihkan pengelolaan keungan anda.

3.Kenali biaya yang anda keluarkan

Hal ini juga sangat penting untuk anda membuat catatan secara cermat dan rutin untuk membagi penghasilan anda. Dengan membagi penghasilan terkait pengeluaran rutin, maka hal tersebut akan membantu anda untuk mengendalikan pengeluaran untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

4.Hematlah biaya harian anda

Agar manajemen keuangan lebih sehat, perhatikan juga tentang pengeluaran harian anda. Caranya adalah dengan menetapkan nominal tertentu setiap harinya dan pengeluaran anda di hari tersebut tidak boleh melebihi biaya yang anda terapkan.

5.Buat rekening khusus

Khusus untuk anda yang masih kesulitan menyimpan uang tunai di dompet atau di rumah, maka pertimbangan untuk membuka rekening khusus diperlukan. Perlu konsisten dari anda untuk rutin mengisinya dan berkomitmen untuk tidak mengambilnya.

Nah dari beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, hal yang juga mempengaruhi manajemen keuangan yang sehat adalah terkait lingkungan tempat anda tinggal. Lingkungan menjadi salah satu pengaruh yang cukup signifikan, apabila anda lebih banyak berinteraksi dengan orang yang konsumtif, maka mulailah membatasi diri untuk tidak turut menjadi konsumtif.

Baca Juga: Pengelolaan Keuangan: Pentingnya Peran Orangtua

Pengelolaan keuangan yang baik tentu akan berdampak pada masa depan yang baik pula, oleh karena itu perbaiki kebiasaan diri terlebih dahulu. Kemudian buatlah rencana keuangan yang tepat.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu