Mulai Bertekad Jalani Pola Hidup Sehat demi Memulihkan Kesehatanku

Mulai Bertekad Jalani Pola Hidup Sehat demi Memulihkan Kesehatanku

Inspirasi Hati

Urbanwomen – Aku seorang wanita 23 tahun, masih berkuliah dan lajang. Dulu, aku berpikir salah satu cara untuk membahagiakan diri sendiri dengan makan makanan apa saja yang aku sukai. Bahkan, sebagian besar gajiku sebagai seorang freelancer lebih banyak digunakan untuk membeli makanan. Terlalu banyak makan, membuat berat badanku naik hingga 80 kg. Aku suka sekali mengonsumsi berbagai jenis makanan cepat saji seperti burger. 

Alhasil, aku mengalami obesitas, sering diare, sering migrain, dan dokter bilang ususku sangat kotor. Sebetulnya, sudah banyak sekali orang yang menyarankan untuk diet sebelum aku sakit. Tapi, dulu aku berpikir kalau aku harus menerima diriku apa adanya. Ternyata, aku salah besar. Bukan ini yang dimaksud menerima diri apa adanya. 

Berat badanku yang semakin hari semakin bertambah, membuatku malas bergerak dari tempat tidur. Ketika weekend, aku gunakan untuk menonton tv dan memesan makanan online. Hingga akhirnya kesehatanku terganggu bahkan sampai infeksi usus. Kemudian, aku memutuskan untuk pergi ke dokter.

Dokter menyarankan aku untuk mengubah semua gaya hidup dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat dan aktif bergerak. Sejak saat itu, aku memutuskan untuk mencari tahu pola makanan yang sehat. Aku mengunjungi salah satu dokter gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Aku disarankan untuk mulai melakukan diet nutrisi seimbang, pola makan yang memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang. Asupan 3-4 porsi karbohidrat, 3-4 porsi sayuran, 2-3 porsi buah-buahan, 2-4 porsi protein, 8 gelas air putih, dan mulai membatasi garam, lemak, dan gula.

Awalnya, sungguh tidak mudah. Baru seminggu menjalaninya, aku sudah tergoda melihat makanan cepat saji. Sampai kurang lebih seminggu, aku masih menunda untuk melakukan kebiasaan sehat yang disarankan dokter. Akhirnya, migrain dan diare kambuh lagi.

Setelah itu, aku bertekad untuk mulai menerapkan pola hidup sehat yang disarankan dokter. Agar lebih mudah, diet nutrisi seimbang aku aplikasikan pada isi piringku. Satu piring ada sepertiga karbohidrat, sepertiga sayuran, dan sepertiganya lagi gabungan antara protein dan juga nasi. 

Perlahan, aku selalu makan dengan porsi seperti itu. Bahkan, aku memiliki piring khusus untuk mengatur porsinya. Karena aku tak begitu menyukai sayur dan buah, menggantinya menjadi jus atau smoothies yang dikonsumsi setiap hari. Tak lupa aku imbangi juga dengan berolahraga seperti jogging dan gym paling tidak seminggu 3 kali.

Dalam waktu kurang lebih 7 bulan, berat badanku menurun drastis menjadi 57 kg. Kesehatanku semakin membaik. Kadar kolesterol dan asam urat juga membaik. Meski berat badanku sudah seimbang, aku tetap menerapkan gaya hidup sehat. Aku merasa lebih sehat dan bahagia sekarang.

Kini, aku menjadi lebih peduli dengan tubuhku. Tetap mengonsumsi makan makanan kesukaanku tapi sewajarnya, tidak berlebihan. Aku juga mulai belajar yoga di rumah.

Baca Juga: Meningkatkan Keseimbangan Kerja dan Kehidupan Pribadi dengan Bijak

Jadi, jangan jadikan kata-kata “menerima diri sendiri apa adanya” sebuah alasan untuk tidak menjaga kesehatan. Justru, dengan menjaga kesehatan dan merawat diri merupakan salah satu cara agar membahagiakan diri sendiri menurutku.

Sumber: Sasa, nama disamarkan, di Jakarta, 23 tahun

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu