New Normal Mengajarkan Kita Arti Kedisiplinan yang Hakiki

Blog

Urbanwomen –¬†Perlu kita sadari bahwa inti dari pada new normal adalah bagaimana seseorang bisa disiplin guna mengatasi penyebaran Covid-19. Yah, kedisiplinan masyarakat merupakan kunci sukses dalam menjalani new normal. Dalam hal ini kedisiplinan yang harus diterapkan adalah seperti menggunakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak dan menjaga kebersihan. Mudah dan simpel, tapi apakah kita sadar bahwa hal ini sebenarnya sudah bisa kita lakukan dari dulu, jauh sebelum pandemi ini datang? Mungkin sebagian masyarakat sudah melakukannya, tapi bagaimana orang-orang yang masih belum bisa disiplin? Itulah sebabnya kita harus tetap bersyukur karena pandemi Covid-19 dan penetapan new normal membuat kita sadar akan pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan.

Menjaga kebersihan menjadi rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja

Mungkin selama ini kita sering menyepelekan kebersihan seperti mencuci tangan atau mengganti pakaian sehabis pergi beraktivitas di luar. Meskipun sederhana tanpa kita sadari ternyata hal tersebut sangat penting, dan patut diterapkan setiap hari. Bayangkan jika hal ini bisa dilakukan setiap hari, mungkin anda tidak hanya bersih tapi juga selalu tampil rapi karena harus mengganti pakaian setiap saat.

Kedisiplinan lainnya adalah mencuci tangan dan kaki setiap akan beranjak tidur. Mungkin selama ini kita hanya menggosok gigi, itupun jika kita ingat saja. Tapi, coba anda bayangkan jika ritual sebelum tidur dilengkapi dengan mandi atau mencuci tangan dan kaki, tentu saja kedisiplinan ini akan terasa indah, dan hal ini semua mulai terjadi di masa pandemi.

Memakai masker ketika menggunakan transportasi umum

Di Indonesia umumnya masih banyak orang yang bergantung dengan moda transportasi umum untuk menunjang segala aktivitas sehari-hari. Berkumpul dalam satu kerumunan dengan orang lain terkadang membuat kita tidak sadar akan bahaya terkontaminasi penyakit menular. Hal ini tentu saja dapat diminimalisir jika kita rutin memakai masker dan senantiasa melakukan rutinitas seperti poin pertama, yakni mencuci tangan dan mengganti pakaian. Penggunaan masker di tempat umum bukanlah hal baru, sayangnya kita tidak menyadari betapa pentingnya masker saat itu. Baru di era new normal ini kita sadar betapa pentingnya kedisiplinan dalam mengenakan masker di tempat umum termasuk saat di dalam kendaraan transportasi umum.

Disiplin dalam hal menjaga pola makan

New normal bukan langkah awal untuk kita menjaga pola makan dengan baik. Tapi, new normal merupakan sumber semangat agar kita lebih rajin menjaga kesehatan tubuh dengan makanan-makanan bergizi. Rasa kedisiplinan ini akan terus mengalir jika kita selalu berpatokan pada kesehatan hari ini dan untuk hari tua nanti. Bukan karena takut terinfeksi virus Corona. Karena kita tidak tahu kesehatan tubuh kita sampai kapan, hanya Tuhan yang tahu.

Baca Juga: Wajarkah Bila Merasa Cemas Menghadapi New Normal?

Sejak kecil hingga dewasa, dimanapun dan kapanpun kedisiplinan harus terus dipupuk dalam diri kita. Karena dengan disiplin hidup akan lebih terarah. Apa pun yang kita lakukan akan berhasil dan sukses berkat kedisiplinan tersebut, begitu juga dengan new normal ini yang mengajarkan kedisiplinan dalam diri kita.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu