Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari Pandemi Covid-19

Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari Pandemi Covid-19

Blog

Urbanwomen – Awal 2020 menjadi sebuah pengalaman hidup yang tidak bisa dilupakan semua orang. Menghadapi pandemi Covid-19 bisa dibilang sebagai ujian besar yang membutuhkan kekuatan mental dan kesabaran jiwa. Tidak ada seorangpun di dunia yang menyangka bahwa kehidupan kita akan berubah begitu cepat karena pandemi corona. Kini, kita harus dihadapkan dengan berbagai masalah mulai dari pembatasan pergerakan dan larangan untuk beribadah hingga sulitnya bertemu orang-orang terkasih.

Meskipun situasi ini tidak menyenangkan, bukan berarti kita hanya bisa mengeluh dan pasrah begitu saja. Tentunya di balik ini semua ada pelajaran hidup yang bisa kita petik dari pandemi Covid-19 ini. Pelajaran yang bisa menjadikan kita lebih kuat dan tegar sehingga dapat menyesuaikan diri dengan kondisi normal. Pelajaran-pelajaran ini bisa menjadi pedoman hidup agar menjadi manusia yang lebih baik.

Baca Juga: Covid Membuat Saya Hidup Sehat

1.Menjaga kesehatan fisik dan mental

Sejak terjadinya pandemi Covid-19 ini, masalah kesehatan menjadi perhatian utama. Sudah lebih dari satu dekade sejak dunia menghadapi pandemi terakhir kali (SARS diidentifikasi pada tahun 2003) dan sekarang lagi-lagi kita tengah menghadapi wabah penyakit. Adanya wabah ini benar-benar mengingatkan kita akan pentingnya jaga kesehatan jasmani dan rohani. Seperti menjaga kebersihan tentu harus dilakukan, bahkan jika tidak ada wabah sekalipun. Selain mencuci tangan dan mandi secara rutin, kita juga harus terbiasa memakai masker pelindung. Mengadaptasi kebiasaan ini memang butuh waktu, jadi mulailah dari hal kecil dan kamu pun akan mulai melihat peningkatan dalam kesehatan energi dan aktivitas sehari-hari.

2.Semakin menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan

Terjebak dalam arus kehidupan sangatlah mudah, apalagi jika kalian begitu sibuk. Meskipun mungkin kita tidak sengaja melakukannya, kita cenderung menganggap remeh hal-hal kecil dalam hidup. Dan pada saat pandemi seperti ini, kita jadi lebih merindukan kegiatan sederhana seperti jogging di taman, pergi beli kopi dan duduk santai di kafe. Bahkan kegiatan rutin pergi ke tempat perbelanjaan dan ke bank pun menjadi sangat berharga setelah pandemi melanda. Rasa terbatas dan kehilangan kebebasan untuk melakukan aktivitas sehari-hari membuat kita menyadari betapa berartinya hal-hal kecil seperti ini. Jadi, kita harus lebih menghargai kesehatan ini sembari menanti saat kita semua dapat menikmati alam bebas tanpa kekhawatiran.

3.Menyimpan kenang-kenangan dari perjalanan

Ketika perjalanan dibatasi selama karantina, larangan perjalanan, dan perintah pergerakan terbatas, kita jadi ingat betapa berharga dan istimewanya keadaan normal ketika kita bisa dengan mudah membuat rencana dan bebas jalan-jalan kemanapun yang kita suka. Rasa khawatir kita hanya telat naik pesawat atau kelupaan membawa paspor. Dengan tertundanya rencana perjalanan naluri petualangan kita pun semakin kuat. Melihat kenang-kenangan perjalanan pun membuat kita bersyukur untuk masa-masa kita bisa bersantai di pantai, mencoba makanan dan budaya yang berbeda, serta melihat pemandangan yang menakjubkan tanpa harus terpapar virus corona.

4.Menjadikan diri siap menerima semua kemungkinan

Kedengarannya memang klise, namun begitulah kenyataan hidup. Di dunia yang penuh dengan perubahan, kita harus selalu siap untuk setiap kejadiaan. Dalam hal ini, Covid-19 jelas telah membuat kia harus menyesuaikan diri dengan kondisi normal yang baru. Mulai dari mencari cara untuk tetap tenang di rumah hingga membatalkan rencana perjalanan, ketidakpastian dalam hidup inilah yang harus kita sadari setiap waktu. Kita memang tidak bisa mengendalikan apa yang akan terjadi dalam hidup, namun kita bisa memilih bagaimana cara kita meresponnya ketika hal itu terjadi. Dengan menerima bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa kita kendalikan, kita bisa tetap positif dan tenang, serta mengendalikan kekuatan doa untuk perlindungan dan kedamaian hati.

Baca Juga: Memperbaiki Pola Hidup Saat WFH

Akan ada banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan dari ujian ini, semua semata-mata untuk memperkuat iman dan keyakinan kita terhadap kekuasan Tuhan. Tidak ada yang mustahil di dunia ini dan kita harus percaya itu semua. Pandemi adalah suatu ujian untuk semua orang agar senantiasa memperbaiki kehidupan yang lebih baik. Pelajaran hidup ini juga tidak berhenti sampai pandemi ini hilang, namun pelajaran hidup ini akan menjadi bekas yang indah dalam naluri kita semua, guna menjadikan kita sebagai makhluk yang pandai bersyukur dan senantiasa peduli terhadap sesamanya.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu