Pengelolaan Keuangan: Pentingnya Peran Orangtua

Pengelolaan Keuangan: Pentingnya Peran Orangtua

Kisah Utama

Urbanwomen – Saya Mariana, ibu rumah tangga dengan 3 anak. Saya keturunan Tionghoa sedangkan suami asli daerah Indonesia. Karena perbedaan inilah kami berbeda konsep pendidikan pengelolaan uang bagi anak-anak. Menurut kami anak juga perlu tahu sejak dini soal pengelolaan uang demi masa depan mereka.

Suami berlatar belakang keluarga PNS, ekonominya lebih stabil dengan tambahan tunjangan ini-itu. Urusan masuk sekolah negeri lebih mudah karena relasi yang terjalin dengan baik.  Suami saya menyadari hidupnya sungguh nyaman dan tak pernah mengalami kesulitan keuangan, tak pernah ada tagihan dari debt colector.

Berbeda dengan saya, yang terlahir dari keluarga pedagang. Bagi keluarga saya hanya dengan berdagang pendapatan untuk keluarga bisa diperoleh. Orangtua saya dulu tidak pernah berkesempatan bekerja di perusahaan swasta karena latar belakang pendidikan yang minim. Sejak  SD saya sudah dididik untuk mandiri. Pulang sekolah saya berjualan keliling es lilin. Kalau dagangan saya tidak habis terjual kami akan rugi. Saya mencari cara agar es lilin laku terjual hanya dalam dalam 2 jam dengan belajar menerapkan cara beli 2 gratis 1. Sepulang jualan es lilin saya membantu berdagang di toko, dan menghitung hasil penjualan. 

Seluruh pengalaman serta latar belakang pendidikan keluarga bermanfaat positif ketika saya menikah. Anak-anak kami ajari bagaimana mengatur uang saku. Salah satu anak kami, si Kakak,  mulai menerapkannya sejak dini. Kakak lebih banyak saya ajari mengelola uang, seperti ketika saya masih kecil. Dia juga berlatih berjualan. Karena rajin berjualan sepulang sekolah dengan menjual puding untuk teman-temannya setiap hari uang Kakak bertambah, dan dia selalu menghitung untung-ruginya. Karena bisa dibilang jago berhitung, Kakak juga menjadi lebih perhitungan, sulit berbagi, bahkan ke adiknya saja dicatat sebagai utang. Dia menjadi anak yang teliti dan disiplin mengelola keuangan.

Baca Juga: Menabung Perlu Dibarengi Pengelolaan Keuangan

Kami sebagai orangtua berusaha mempertahankan sisi positif anak dalam mengelola keuangan. Kenapa perlu diajarkan sejak dini? Karena hal yang diajarkan sejak kecil akan menjadi kebiasaan hingga mereka besar nanti. Termasuk soal menabung, juga investasi. Dengan begitu, ketika dewasa dia juga akan mampu membuat  target untuk barang apa saja yang bisa dibeli dan sangat bermanfaat untuk masa depannya. (*)

Sumber: D Mariana

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu