Pentingnya Membahas Keuangan Saat Pacaran untuk Masa Depan

Pentingnya Membahas Keuangan Saat Pacaran untuk Masa Depan

Blog

Urbanwomen – Membicarakan soal keuangan saat pacaran sering kali dianggap hal tabu dan membuang buang waktu oleh banyak pasangan kekasih. “Nanti saja ngobrol keuangannya setelah menikah. Kan, belum tentu juga menikahnya sama dia, jadi ya nanti-nanti saja lah.” Pernyataan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, tapi juga bukan hal yang benar. Membahas keuangan saat pacaran termasuk hal yang penting untuk dilakukan karena cukup berpengaruh untuk masa depan kamu bersama pasanganmu.

Meski tak dapat dipungkiri memang, kalau kamu dan pacar kamu sekarang akan lanjut ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Tapi, tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan dan membicarakan hal-hal sederhana tentang keuangan. Sebagai contoh ketika, kalian makan bersama di suatu restoran. Harus ada kesepakatan sebelumnya, metode pembayaran apa yang kalian gunakan. Bayar sendiri-sendiri? Atau, patungan?

Nah, hal semacam ini terkadang bisa menimbulkan benih-benih pertengkaran dalam sebuah hubungan. Oleh karena itu, mulailah membahas soal keuangan saat pacaran, ini alasannya:

Pertama. Membahas tentang keuangan membuat setiap permasalahan tidak berubah menjadi besar. Selesaikan secara perlahan, sedikit demi sedikit.

Kedua. Terbukalah perihal keuangan di antara kalian berdua. Dengan saling terbuka, kalian akan mudah mengungkapkan keinginan masing-masing dalam mengelola finansial termasuk dukungan untuk berinvestasi.Namun, meski adanya keterbukaan mengenai hal finansial bukan berarti privasi kamu hilang. Tidak perlu juga kamu bertukar PIN ATM dan PIN lainnya, kecuali dalam keadaan terdesak dan darurat.

Nah, berikut ini beberapa tips membahas keuangan saat pacaran yang ternyata cukup penting. Mungkin setelah membaca artikel ini, kamu akan mulai belajar mengelola keuangan dengan baik untuk masa depan nanti.

1.Berani memulai, jangan tunggu-tungguan

Inisiatif itu perlu demi kelancaran sebuah hubungan. Baik dari kamu atau pacaran kamu, sebaiknya segera memikirkan untuk memulai terutama dalam hal finansial. Bukan masalah pria atau wanita, tapi seberapa seriusnya kamu dalam menjalani sebuah hubungan yang berhasil. 

Salah satu yang bisa kamu lakukan yaitu memulai untuk membicarakan tentang masalah keuangan di masa depan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tak perlu gengsi, memulai percakapan tentang uang dengan pacar tidak seburuk yang kamu pikirkan. Semuanya akan berjalan dengan lancar bila ada rasa saling mengerti dan menghargai, apalagi keterbukaan untuk berdiskusi. 

Tak hanya itu saja, kamu juga tak perlu menunggu siapa yang lebih dulu berucap dan mulai mengajak berdiskusi. Kalau terus menerus begitu, tidak akan ada yang berani memulainya.

2.Tunjukan komitmen dengan tindakan

Jika dari kalian sudah mengetahui jumlah biaya yang dikeluarkan setiap bulannya, maka inilah saatnya kamu dana pacar kamu mulai berkomitmen untuk merencanakan keuangan dan mengakumulasikan biaya pengeluaran bersama-sama. Selain itu, kamu dan pacar kamu juga harus mulai memikirkan rencana tabungan masa depan demi kebebasan finansial di dalam rumah tangga yang nantinya dijalani berdua.

Percuam saja jika komitmen yang dibuat tersebut tidak menghasilkan tindakan yang menjanjikan. Oleh karena itu, jangan sampai membuat pacar kamu kesal dengan tidak menepati segala rencana yang sudah kalian persiapkan dengan matang.

Kamu hanya akan dianggap tidak bertanggung jawab terhadap hubungan yang sedang kamu jalani selama ini. Karena setiap pasangan pasti memiliki mimpi untuk melangkah ke jenjang hubungan yang lebih maju lagi bukan?

Mulailah dari hal kecil, seperti mencatat setiap biaya yang dikeluarkan saat pacaran, dan juga konsisten menabung sesuai dengan biaya yang telah direncanakan di awal.

3.Atur keuangan bersama-sama

Nah buat kamu yang sedang berada di tahap menuju serius dalam menjalin hubungan, kamu tentu harus belajar mengatur keuangan bersama-sama. Karena pacaran dan menikah itu bukan hanya tentang aku dan kamu, tapi tentang kita berdua.

Kamu bisa ikut mengatur keuangan pasangan kamu, tapi bukan berarti kamu bisa egois dalam memutuskan segala sesuatunya. Ada baiknya kamu saling mengingatkan satu sama lain. Ingatkan pacar pada tujuan awal kalian berdua saat ia sudah kewalahan mengatur keuangan. Berikan motivasi dan dukungan penuh, serta yakini pacar kamu bahwa kalian akan melakukannya bersama-sama.

Jangan lupa tegur bila pengeluaran tidak terkontrol. Yah, sudah menjadi kewajiban kita untuk menegur secara baik-baik ketika biaya pengeluaran mulai melewati batas. Jangan terkesan memerintah dan melarang, cukup tegur dan ingatkan saja.

Baca Juga: Keluar dari Kondisi Keuangan yang Berantakan

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan bersama pasangan. Membahas keuangan bersama pacar bukan lah hal yang tabu dan buang-buang waktu, karena kita bisa belajar dalam mengelola keuangan sebelum menikah. Terkadang persoalan finansial seringkali menjadikan hubungan sebuah rumah tangga kurang harmonis karena kurangnya edukasi diri. Setelah ini, coba deh kamu bahas bersama pacar kamu agar pengelolaan keuangan bisa lebih baik, terutama untuk diri kamu dan masa depan kalian berdua.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu