Peran Penting Komunitas Wanita Positif di Era Millenial

Blog

Urbanwomen –¬†Generasi milenial adalah kalangan anak muda generasi X, atau tepatnya yang terlahir di tahun 1980 hingga 2000-an. Jadi dapat diperkirakan bahwa saat ini generasi millennial memiliki rentan usia 17 hingga 37 tahun. Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 80 juta orang yang berusia antara 17 hingga 37 tahun, bahkan jumlah ini cukup banyak dan signifikan, mengingat populasi generasi millennial sudah mencakup 30 persen dari total penduduk di Indonesia.

Berdasarkan berbagai kajian dan penelitian yang telah dilakukan terhadap generasi milenial, ditemukan banyak perbedaaan antara generasi ini dengan generasi-generasi yang lebih tua, seperti generasi silents, generasi boomer, maupun generasi X. Yah, banyak yang menganggap pula bahwa generasi millennial lebih agresif dan selalu modern. Terutama bagi para kaum wanita yang hidup di era milenial. Kehadiran komunitas wanita positif pun bisa menjadi peranan penting mengingat generasi millennial ini cukup agresif karena terlalu dekat dengan teknologi. Tentu saja banyak hal negatif yang harus dihadapi.

Bagaimana peranan komunitas wanita positif di era milenial?

Sebuah komunitas atau kelompok sosial tentunya memiliki komitmen yang dibangun dengan kesadaran dan tujuan. Berangkat dari kepercayaan inilah kita sebagai wanita Indonesia bisa membentuk komunitas wanita positif guna menyeimbangkan hal negatif di era milenial seperti sekarang ini. Sebagai contoh, banyak perempuan yang menikah di usia muda namun tidak bisa bertahan dalam berumah tangga. Berbagai masalah yang dihadapi para wanita di zaman milenial ini tentu saja menjadi PR penting bagi komunitas wanita positif.

Lalu pertanyaannya siapa yang bisa membangun komunitas wanita positif? Jawabannya adalah diri kita. Setiap orang mempunyai kepedulian, keharusan menolong dan mendukung satu sama lain. Jika hati nurani kita semua bergerak, maka secara tidak langsung mata rantai sebuah komunitas wanita positif akan terbentuk dengan sendirinya.

Misalnya saja ada salah satu teman kamu yang ingin curhat dan membutuhkan dukungan, kemudian kamu memberikan arahan positif dan ia kembali bersemangat karena dukunganmu itulah kemudian ia bercerita pada teman lainnya yang juga membutuhkan dukungan, maka hal ini akan terus berlangsung secara terus menerus dan atmosfer positif pun akan menyebar dengan sendirinya sehingga terbentuklah kelompok sosial dari beberapa individu.

Manfaat komunitas wanita positif di lingkungan milenial

Tentu saja banyak manfaat yang bisa disebarluaskan oleh komunitas wanita positif dan bisa dinikmati semua orang. Karena pada hakikatnya setiap orang membutuhkan dukungan, kepedulian, dan kebahagiaan di lingkungan ia hidup. Nah, beberapa manfaat ini bisa anda temukan di komunitas di antaranya:

1. Mendapatkan hal-hal positif dari orang lain

Tidak mudah mendapatkan hal-hal positif yang bisa menggugah jiwa kita dikala sedang terpuruk atau kurang percaya diri. Nah, dengan adanya komunitas positif, anda yang hidup di masa millennial bisa mendapatkan berbagai hal positif dari orang lain. Anda juga akan merasa menjadi bagian penting dan selalu ingin memberikan dukungan kepada orang lain yang sama seperti anda. Sehingga berbagai hal positif pun akan selalu terjalin kuat dan menjadikan diri anda selalu bersemangat untuk memulai hidup baru di zaman milenial.

2. Kita bisa mengembangkan diri dalam komunitas

Dengan bergabung pada komunitas, kita bisa mengembangkan diri lebih percaya diri. Karena di komunitas kita tidak jalan sendirian, melainkan ada orang-orang yang membantu kita dalam segala kesulitan yang kita temui. Dalam komunitas kita juga akan belajar bagaimana menghadapi setiap orang yang berbeda karakter dengan kita. bagaimana berdiskusi dengan orang-orang yang berbeda pandangan, beda suku, agama, dan pendidikan. Di komunitas lah kita bisa menemukan hal tersebut. Artinya kita bisa mengembangkan diri dan mengembangkan orang lain.

3. Membangun kepribadian diri yang jauh lebih baik

Sifat, karakter, serta latar belakang yang berbeda tiap orang akan membuat kita belajar bagaimana untuk berkomunikasi dan bersikap yang baik, dan itu semua akan membangun kepribadian kita. Hal ini menjadi kesempatan baik untuk kita bergabung di komunitas wanita positif dalam menghadapi era milenial.

Baca Juga: Wanita CERDAS di era Milenial

Nah, sekarang anda sudah tahu kan betapa pentingnya sebuah komunitas positif di lingkungan kita. Melalui komunitas ini kisa bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dan banyak mengenal karakter yang membuat kita bisa saling mendukung dan menghargai satu sama lain. Semoga dengan adanya komunitas yang baik seperti komunitas wanita positif ini kita bisa menjadi manusia yang berkualitas bermanfaat bagi orang lain dan mampu menghadapi terpaan di era milenial.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu