Tips Menghilangkan Pikiran Negatif! Saatnya Ubah Sikap Pesimis yang Menghambat Kesuksesan

Perempuan & Karir

Sebagai manusia sering kali kita bersikap pesimis yang pada akhirnya membentuk pola pikir negatif, hal ini tentu sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup kita. Jika kita memiliki pola pikir negatif, maka disaat bersamaan kita pun telah menutup kemungkinan positif yang sebenarnya bisa saja terjadi bila kita mau berupaya lebih keras. Sering kali kita kerap bermain aman dan menganggap bahwa kita tidak memiliki bakat atau kemampuan seperti orang lain, sehingga menjadi lebih sulit untuk meraih kesuksesan. Padahal, pikiran negatif hanyalah sebuah ketakutan dan prasangka yang belum tentu benar adanya.

Misalnya saja, saat kita melihat seorang entrepreneur muda yang sukses mendapatkan omzat miliaran hanya dengan menjual es kopi secara online, lantas kita menjadi minder sendiri dan berkata dalam hati bahwa kita tidak mungkin bisa seperti dia, sebab kita tidak punya bakat jualan yang baik dan tidak mempunyai modal untuk memulai usaha. Setelah itu kita tetap menjadi pekerja kantoran dengan gaji bulanan yang tak seberapa, dan masih suka mengeluh pula jika melihat seorang teman yang kini sudah naik jabatan. Sebenarnya kita bisa ko perlahan mengubah sikap pesimis itu dengan menerapkan 5 tips menghilangkan pikiran negatif yang dapat menghambat kesukesan, antara lain berikut ini.

Tak harus fokus menghilangkan pikiran negative, tapi fokuslah pada tujuan hidupmu yang sebenarnya

Kamu tak perlu focus untuk menghilangkan pola pikir negatifmu sepanjang waktu, sebab hal itu hanya akan membuang-buang waktumu. Sebaiknya, fokuslah pada tujuan hidupmu. Misalnya, saat kamu ingin mendirikan sebuah usaha, maka fokuslah untuk membuka usaha itu. Foskulah pada cara-cara dan rencana maupun keperluan yang dibutuhkan dalam prosesmu mendirikan usaha. Seiring berjalannya waktu, pikiran negatifmu pasti akan hilang dengan sendirinya dan berganti dengan sikap optimis yang bisa kamu pertahankan.

Memahami gaya pikiranmu

Sebelum kamu berusaha untuk menghilangkan pikiran negatif, ada baiknya kamu kenali terlebih dahulu bagaimana cara berpikir yang sebenarnya. Misalnya saja, apakah kamu benar-benar mudah pesimis, sering berpikir negatif atau merasa takut dan khawatir? Lantas cari tahu, apa yang membuatmu menjadi khawatir dan takut? Biasanya pikiran negatif berasal dari kekhawatiran dan ketakutan tentang sesuatu hal yang ingin dihindari. Nah, jika kamu sudah mengetahui segala penyebab yang membuatmu merasa tidak aman seperti hal nya orang, sebuah kondisi atau peristiwa di masa lalu, maka kamu bisa membuat rencana selanjutnya untuk menghadapi penyebab tersebut. Apabila hal itu muncul lagi dalam benakmu. Ingat, hadapi itu semua bukan malah menghindari.

Cobalah lepas asumsi tak berdasarmu

Setiap manusia pasti mempunyai asumsi dan praduga, atau setidaknya pernah melakukan itu. Akan tetapi, jika kamu terus mempercayai asum tak berdasarmu terhadap sesuatu hal, maka bersiaplah untuk semakin jatuh ke bawah. Maka dari itu, sangat penting untuk kita menilai kembali apakah asumsi kita tentang orang lain itu benar dan terbukti, atau hanya merupakan dugaan kita dari hasil olah pikir yang dikaitkan dengan pengalaman kita sendiri?

Misalnya saja, ketika ada teman yang naik jabatan lantas kita berasumsi bahwa dia menggunakan orang dalam atau menyuap, hanya karena kita pernah melihat teman yang lain melakukan hal itu, lalu kita berpikir bahwa kita tidak bisa seperti dia sebab kita tak punya uang untuk menyuap promosi jabatan, hal itu belum tentu benar. Siapa tahu temanmu yang kali ini naik jabatan memang benar-benar dari usahanya sendiri yang keras.

Belajar mengatasi kritik menjadi peluang kesuksesan

Perlu kamu ketahui terkadang pikiran negative juga tercipta setelah kita mendapatkan kritik dari orang lain. Biasanya ketika kita dikritik, kita langsung berpikir bahwa diri kita itu buruk, rendah dan tidak sebaik orang lain. Lantas, kita malah menjadi malas dan tidak produktif, dan tentu pikiran negatif seperti ini akan membuat diri kita benar-benar jatuh. Padahal, kita bisa lho, mengubah makna kritik menjadi sebuah motivasi yang baru. Nah, belajar mengatasi kritikan dari orang lain sangatlah penting untuk menuju peluang kesuksesan dari pengalaman kegagagalan.

Fokuslah pada kekuatanmu

Bisa dibilang hampir setiap manusia pasti akan lebih fokus pada kelemahan dan kesalahannya, terlebih setelah dikritik. Sebenarnya, kondisi seperti itu wajar saja, sebab manusia lebih sering berfokus pada hal-hal negatif yang ada pada dirinya ketimbang hal positif. Namun bila kamu hanya berfokus pada kelemahan yang kamu punya, hal itu hanya akan membuat waktumu saja. Jadi dari pada stagnan pada kelemahan yang tentu tak berguna apa-apa lebih baik fokuslah pada kekuatanmu saja.

Menghilangkan pola pikir negatif yang sudah menjadi kebiasaan di dalam diri itu memang tidaklah mudah dan butuh waktu. Namun, bila kita berusaha dan selalu berpikir secara rasional hal negatif tersebut sedikit demi sedikit pasti akan terkikis dengan sendirinya. Demikianlah sedikit ulasan bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif yang dapat menghambat kesukesan, semoga hal di atas bisa menjadi solusi permasalahan untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu