Ramadan di Tengah Pandemi Membuat Kita Rajin Bersyukur dan Menghargai Waktu

Ramadan di Tengah Pandemi Membuat Kita Rajin Bersyukur dan Menghargai Waktu

Blog

Urbanwomen – Saat ini umat muslim di seluruh dunia tengah mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadan, meski pandemi Covid-19 belum mereda. Bukan tidak mungkin jika Ramadan 2020 akan terasa asing tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Ibadah lima rukun yang didirikan dari fajar hingga senja selama bulan Ramadan adalah salah satu dari lima rukun islam. Dalam masyarakat muslim, bulan ini senantiasa menjadi waktu untuk merayakan kebersamaan dengan keluarga dan orang-orang terkasih. Namun, menurut imbauan dari pemerintah, dimana masyarakat harus menerapkan social distancing dan physical distancing selama pandemi virus Corona ini memungkinkan masyarakat tidak lagi bisa berkumpul untuk merayakan buka bersama.

Baca Juga: Ramadhan Tahun Ini Bikin Lebih Dekat Bersama Keluarga dan Teman

Meski demikian ada banyak hal yang tetap bisa kita lakukan selama menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan. Seperti dilansir dari Daily Sabah, bahwa kesedihan akibat pandemi tidak seharusnya menghilangkan suka cita kita menyambut dan menjalankan ibadah selama Ramadan. Sebab meski harus menjaga jarak sosial atau bahkan sedang dalam masa karantina, banyak hal yang bisa kita maknai terkait Ramadan di tahun ini. Seperti memaknai beberapa hal berikut ini yang mungkin belum sempat dilakukan.

Merangkul kenyataan yang ada

Sepanjang hari hanya mengeluh tentang realitas suram pandemi Covid-19 tidak akan mengubah keadaan. Banyak orang menghabiskan waktu untuk merenungi tentang bagaimana beberapa Negara berhasil mengendalikan virus tersebut, hingga hari ini mungkin banyak dari kita yang terus mengkhawatirkan peningkatan orang-orang yang telah terinfeksi dan meninggal di seluruh dunia. Bukan berarti berhenti mengeluh. Yah, mengeluh adalah merupakan sifat manusia tetapi realism adalah jalan yang harus ditempuh. Virus ini tidak terlihat oleh mata dan kita harus terus tinggal di rumah sampai waktu yang belum bisa dipastikan untuk membantu memutus mata rantai penyebarannya. Tahun ini mungkin kita tidak bisa menunaikan ibadah di masjid atau pergi buka bersama teman-teman, tapi hal ini justru membuat kamu mendapatkan banyak waktu untuk istirahat serta beberapa peluang positif lainnya yang tidak kalah penting.

Menghidupkan kembali tradisi

Tidak ada yang menyangka jika pandemi ini menghantui dunia, hal yang harus kamu syukuri adalah kemajuan teknologi yang memberikan banyak kemudahan. Salah satunya memesan makanan secara online, berbelanja online dan berbagai kebutuhan bisa kita dapatkan hanya dengan satu kali klik. Lalu apakah kamu pernah terpikir tentang Ramadan online juga? Saat Ramadan terakhir, beberapa dari kita mungkin lupa dengan beberapa saudara kita atau mungkin beberapa dari kita lupa atau secara tidak sadar pernah mengundang orang tua untuk berbuka puasa bersama. Maka Ramadan ini bisa menjadi waktu untuk merefleksi diri dan lebih menghargai orang yang dicintai.

Baca Juga: Tips Menjaga Keuangan Agar Tetap Aman saat Pandemik Covid-19

Kecanggihan teknologi seperti Zoom, Google Duo, WhatsApp, Facebook Messenger dan masih banyak lagi dapat melakukan semuanya, dan kamu bisa dengan mudah melakukan konferensi video dengan anggota keluarga dan orang-orang terdekat dalam waktu singkat. Cobalah lakukan hal ini dengan pengaturan yang sederhana, seperti meletakkan tripod dan ponsel kamu untuk menghadap ke meja saat berbuka puasa dengan begitu kamu tetap bisa merasakan makan bersama orang yang kamu cintai meski jarak memisahkan. Kamu juga bisa membuat tayangan video di instagram untuk keluarga dan teman-teman yang berkaitan dengan resep makanan berbuka atau sahur misalnya. Langkah positif ini membuat kita semakin bersemangat menjalani aktivitas di tengah pandemi.

Memanfaatkan hidup bersama

Meski sholat tarawih bersifat perorangan bagi mereka yang tinggal sendiri, keluarga atau teman serumah yang tinggal di bawah satu atap tetap bisa melakukan sholat tarawih bersama. Seperti di masjid, bedanya tarawih kali ini dilakukan di rumah. Dengan minimal dua orang kamu tetap bisa melakukan ibadah sholat tarawih, dan tetap bisa merasakan sukacita kebersamaan selama bulan Ramadan ini.

Bersyukur atas segala keberuntungan

Bukan hanya saat Ramadan saja, namun setiap saat kita selalu bersyukur kepada sang pencipta bahwa kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati bulan Ramadan. Meskipun akan berbeda dengan momen Ramadan tahun kemarin, bukan berarti kita lupa akan segala nikmat yang tuhan berikan seperti kesehatan, kebahagiaan, kecukupan dan hal keberuntungan lainnya. Kita tidak pernah tahu kapan wabah ini akan berakhir, namun dengan rasa syukur kita bisa menjalani hidup dengan penuh kebahagiaan.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk diri kita dan orang lain selama Ramadan, meski harus berjuang menghadapi pandemi yang tidak pernah tahu ujung akhirnya. Pandai bersyukur dan selalu menghargai waktu merupakan satu cara agar kita selalu menjadi pribadi yang baik dan juga tegar dalam menghadapi ujian. Percayalah bahwa suka cita kamu selama menjalani karantina hingga social distancing akan berbuah manis di bulan suci ini. Mari jaga silaturahmi selama masa pandemi agar keharmonisan yang hakiki senantiasa terjalin.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu