Notice: fwrite(): write of 571 bytes failed with errno=122 Disk quota exceeded in /home/urbanwom/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 43
Ruginya Jika Kamu Terlalu Open Minded. Saatnya Mulai Batasi – Urban Women

Ruginya Jika Kamu Terlalu Open Minded. Saatnya Mulai Batasi

Blog

Open Minded. Merupakan salah satu hal yang harus dikuasai para generasi millennial saat ini. Open minded bahkan dianggap sebagai cara mudah menuju kesuksesan, tak jarang jika semakin diminati dan dicari atau banyak orang. Sayangnya, terkadang kita lupa menempatkan diri secara sewajarnya pada berbagai hal dan suka sekali bertindak berlebihan. Termasuk berlebihan dalam hal open minded ini. Yah, berlebihan dalam bersikap open minded justru akan merugikan dirimu sendiri jika tidak tepat dalam menempatkannya. Seperti yang disebutkan dalam poin-poin berikut ini.

 

Apa itu open minded?

Open minded atau pikiran terbuka adalah ketika kamu tahu bahwa kamu benar, namun kamu juga tahu bisa saja salah dan mau mendengarkan opini atau sudut pandang dari orang lain yang berbeda maupun yang tidak sesuai dengan pemikiran kamu. Jadi sebenarnya hal ini sangat baik jika kita bijak menyikapinya.

 

1.Jadi mudah dipengaruhi akan sesuatu isu

Jadi mudah dipengaruhi akan sesuatu isu

Berpikir terbuka terhadap berbagai hal tentu perlu dilakukan. Namun, Jika sudah masuk ke ranah yang berlebihan, kita jadi mudah sekali dipengaruhi oleh sesuatu isu, sekalipun isu tersebut masih belum dikonfirmasi kebenarannya. Kalau sudah terjebak dalam isu yang seperti ini, kita akan sulit mengubah pola pikir untuk menjadi netral dan tidak menyalahkan pihak manapun.

 

2.Identitas dirimu jadi tidak jelas karena kamu melihat segalanya dari pandangan orang lain

Identitas dirimu jadi tidak jelas karena kamu melihat segalanya dari pandangan orang lain

Berpikir terlalu terbuka hanya akan membuat kita cenderung mendengarkan tentang segala hal dari sudut pandang orang lain. Akibat terlalu sering merecoki otak kita dengan masukan dari luar, kita pun lupa bahwa sebenarnya kita pun punya identitas diri dan kemampuan untuk melihat segalanya dari sudut pandang kita sendiri.

 

3.Mudah dimanfaatkan dan gampang ditipu

Mudah dimanfaatkan dan gampang ditipu

Bukan tidak mungkin seseorang yang terlalu open minded akan mudah termakan omongan orang lain. Bahkan berbagai kebohongan orang yang dilakukan orang lain pun mudah terserap ke dalam benak kita dan jadi boomerang bagi diri kita sendiri. Alhasil kita jadi mudah dimanfaatkan serta ditipu orang lain.

 

4.Kamu bisa kehilangan kepercayaan terhadap diri sendiri

Kamu bisa kehilangan kepercayaan terhadap diri sendiri

Kerugian lain terhadap open minded adalah kehilangan  kepercayaan diri. Yah, ketika kamu jarang mengutarakan pendapat sendiri dan lebih suka mengungkapkan sesuatu dari sudut pandang orang lain, kamu bisa kehilangan kepercayaan diri. Hal ini tentu saja tidak baik untuk perkembangan dirimu ke depan nya. Harusnya, kamu dapat mengatasi sikap open minded yang kamu miliki dan tidak serta merta menelan semua ucapan orang lain.

 

5.kamu tidak fokus dan peka terhadap hal-hal yang ada di dekatmu

kamu tidak fokus dan peka terhadap hal-hal yang ada di dekatmu

Sering membahas isu atau masalah yang sedang berkembang di dunia, bisa membuat seseorang lupa dengan apa yang betul-betul terjadi di sekitarnya. Alhasil, orang semacam ini jadi tidak peka dengan lingkungannya karena terlalu sibuk menguras apa yang terjadi jauh dari dirinya. Kamu tidak mau kan jadi orang yang begini?

 BACA JUGA : Komunitas Wanita Positif! Wadah Inspirasi Bagi Kaum Perempuan Masa kini

Jika kamu tidak ingin dirugikan karena sikap open mindedmu, sebaiknya mulai dari sekarang kurangi sesuatu yang kamu rasa sudah masuk kategori berlebihan. Meksi bisa dikatakan hal ini adalah kebiasaan yang baik, namun bisa jadi boomerang yang tidak disangka jika kamu terlalu menekuninya secara berlebihan. Semoga informasi ini bisa membuatmu lebih bijak dalam menempatkan sikap open minded.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu