Saran Ahli, Lakukan Hal ini Agar Tetap Sehat Selama Perayaan Idulfitri

Saran Ahli, Lakukan Hal ini Agar Tetap Sehat Selama Perayaan Idulfitri

Blog

Urbanwomen – Lebaran di tengah pandemi membuat momen Idulfitri sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Selain harus membatasi aktivitas dengan tetap di rumah saja, kita juga harus ekstra keras menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima selama lebaran nanti. Yah, selain saling bermaaf-maafan dan bersilaturahmi, lebaran biasanya dipenuhi dengan berbagai makanan yang menggiurkan. Tak jarang hal itu membuat orang jadi makan berlebihan dan tidak memperhatikan apa yang dimakannya, sehingga berpengaruh pada kondisi kesehatan. Itu sebabnya kita harus menjaga kesehatan saat lebaran di tengah pandemi Covid-19. Nah, dari tim Doctor NDTV dari sebuah website kesehatan memberitahukan delapan cara yang bisa dilakukan agar anda tetap sehat selama perayaan lebaran.

1.Hindari gula secara berlebihan

Setelah puasa, makan terlalu banyak gula dapat membuat anda merasa mual dan sakit karena kadar gula darah yang tinggi. Jadi, tahan diri agar tidak makan satu toples kue sekaligus yah. Selain kue, minuman bersoda dan sirup juga seringkali memicu kelebihan gula jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, minum secukupnya saja yah.

2.Makan sayur

Konsumsi makanan sayur dapat memberikan tubuh vitamin dan mineral penting yang asupannya kurang selama anda berpuasa di bulan Ramadhan. Jika biasanya anda menyantap hidangan ketupat saat lebaran, jangan lupa untuk melengkapi sayur-mayur sebagai hidangan. Kemudian sediakan juga aneka buah untuk melancarkan pencernaan.

3.Sarapan sehat

Jangan mentang-mentang banyak kue dan masih ada sisa opor atau rendang, anda memutuskan untuk menjadikannya sebagai sarapan. Sebaiknya pilih menu sarapan yang sehat agar pencernaan anda tidak kaget setelah sebulan berpuasa. Mulailah pola hidup sehat pasca puasa dengan rutin mengkonsumsi sarapan sehat.

4.Makanan makanan seimbang

Usahakan untuk mendapatkan cukup protein, serat, karbohidrat, dan lemak sehat melalui makanan yang anda makan sepanjang hari. Itulah pentingnya anda tetap makan sayur, meski banyak makanan enak saat perayaan lebaran.

5.Makan porsi kecil

Masalah gastrointestinal, seperti kembung, dapat dihindari jika anda makan dalam porsi kecil. Jangan sepelekan perut kembung karena bisa mengganggu aktivitas saat merayakan lebaran.

6.Makanan probiotik

Jangan lupa sertakan makanan probiotik seperti keju, yogurt, dan bawang dalam makanan karena dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus anda.

7.Jangan lupa minum air putih

Sebulan berpuasa tentu akan mengurangi cairan dalam tubuh, sehingga anda harus minum banyak air putih sepanjang hari untuk mengembalikan tingkat dehidrasi.

Baca Juga: Pandemi Bukan Penghalang untuk Bersilaturahmi di hari Idul Fitri

Demikian beberapa langkah sehat yang harus dilakukan selama perayaan Idulfitri. Selain tips kesehatan di atas, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan menjaga jarak untuk menghindari penyebaran virus Corona. Yuk mulai jaga pola hidup sehat dari sekarang!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu